Waspadai Kebiasaan Yang Bisa Merusak Ginjal

Waspadai Kebiasaan Yang Bisa Merusak Ginjal

Gagal ginjal dan cuci darah adalah dua kata yg terdengar sangat menakutkan. Namun sayangnya, beberapa tahun terakhir, penderita gagal ginjal di Indonesia terbilang cukup banyak. Bahkan penyakit yg mengharuskan pederitanya untuk selalu rutin cuci darah ini menimpa banyak orang yg berusia relatif masih sangat muda.

Ginjal adalah organ yg sangat penting dalam membersihkan cairah tubuh dan berfungsi untuk mengeluarkan zat beracun di tubuh melalui urine. Karena itu Anda harus menjaga ginjal dan mencegah kerusakannya sehingga ginjal tetap bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Saat seseorang mengalami kerusakan pada ginjalnya maka ia akan merasakan beberapa perubahan pada tubuh, seperti perubahan pola kemih, sering merasa lelah, bau mulut, kulit kering, kulit terasa gatal, kerap merasa mual dan pusing hingga berkeringa dingin. Karena itu bila menemukan tanda- tanda seperti ini sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih menyeluruh.

Meningkatnya jumlah penderita gagal ginjal dalam beberapa tahun terakhir tampaknya berkaitan erat dengan perubahan gaya hidup masyarakat modern. Terutama pola makan yg sembarangan yg membuat kerja ginal menjadi berat dan merusak ginjal pada akhirnya. Ada beberapa kebiasaan tidak sehat yg memamng berpotensi merusak ginjal seseorang.

Mengkonsumi Sodium

Saat kita mengkonsumsi natrium dalam jumlah yg berlebihan, maka tekanan darah akan melonjak drasti dan bisa berakibat pada kerusakan ginjal. Diat kaya sodium juga diketahui bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan masalah kencing serta rasa mual pada penderitanya. Kebiasaan inilah yg bisa merusak ginjal seseorang. Karena itu sebisa mungkin sebaiknya Anda menghindarinya.

Mengkonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Terkadang obat penghilang rasa sakit memang bisa jadi penyelamat bagi seseorang. Akan tetapi faktanya bila Anda mengkonsumsi obat penghilang rasa sakti non steroid yg berkepanjang maka akan berdampak buruk pada ginjal. Bahkan hal ini bisa menyebabkan kegagalan total hingga mematikan organ yg satu ini. Oleh karena itu sebaiknya batasi penggunaan obat penghilang rasa sakit dan gunakan seperlunya.

Terlalu Sering Makan Daging

Daging memang sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan dan bisa memberikan banyak dampak bagi bagi tubuh. Akan tetapi saat seseoarng memiliki kebiasaan mengkonsumsi daging secara teratur dan terus menerus maka ia bisa merusak ginjalnya sendiri. Kenapa? Karena daging sangat kaya akan protein dan bisa membuat pembentukan asam berlebih di dalam sistem. Hal ini diketahu dapat menyebabkan asidosis, di mana ginjal tak akan bisa mengolah asam pada tingkat normal. Mungkin terdengar tak bahaya, namun ternyata konsumsi daging adalah kebiasaan yg paling sering merusak ginjal.

Meminum Soda

Sudah banyak studi yg membuktikan bahwa ada korelasi langsung antara konsumsi soda dan masalah ginjal. Orang yg meminum minuman bersoda lebih dari 2 porsi sehari, 30 % lebih rentan terkena penyakit ginjal. Fakta ini tak terlalu mengejutkan, lantaran minuman bersoda memang diketahui tak baik bagi kesehatan. Tak hanya bisa merusak ginjal, minuman yg menyegarkan ini juga bisa jadi cikal bakal diabetes lantaran mengandung terlalu banyak gula di dalamnya

Kurang Minum Air

Saat seseorang kurang minum air putih, bukan hanya metoblisme tubuhnya saja yg tidak lancar. Akan tetapi kebiasaan kurang minum air putih ini juga bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Karena itu, cukupkanlah asupan air putih harian Anda. Dengan 8 gelas sehari, Anda bisa membantu ginjal untuk bekerja lebih baik dan membantu ginjal dalam mendetoksigikai racun.