Waspadai Hal Ini Bila Tubuh Memar Tanpa Sebab

Waspadai Hal Ini Bila Tubuh Memar Tanpa Sebab

Memar adalah hal yg sangat biasa dan wajar terjadi. Kegiatan dan aktivitas sehari- hari yg kita lakukan sehari- hari terkadang bisa membuat beberapa bagian tubuh memar. Mulai dari terbentur ke sudut meja, tanpa sengaja terjatuh hingga memar kena pukulan atau cubitan. Bila penyebabnya diketahui dengan jelas, maka memar bukanlah hal yg menakutkan.

Menangani memar pun terbilang sangat mudah. Cukup dengan mengompresnya dengan handuk hangat atau es. Beberapa jenis obat memar pun bisa ditemukan dengan mudah di pasaran dan bisa digunakan dengan bebas. Bahkan walau tak dilakukan penanganan khusus pun, memar akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi bagaimana bila memar muncul di tubuh Anda tanpa sebab?

Beberapa orang mengeluhkan bahwa di tubuh mereka muncul memar tanpa sebab yg jelas. Namun memar ini tak terasa sakit saat disentuh dan juga tak terasa mengganggu. Walau begitu, tentu saja memar yg muncul tiba- tiba ini memunculkan tanda tanya bagi banyak orang.

Memar terjadi lantaran penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah. Penggumpalan ini terjadi karena kondisi pembuluh darah, jumlah dan kondisi sel darah trombosit hingga mekanisme pembekuan darah yg harus baik. Bila tiga mekanisme ini terganggu maka saat pembuluh darah pecah, maka darah akan keluar dari pembuluhnya ke jaringan dan kemudian menggumpal dan berakhir jadi memar atau biru.

Sebenarnya kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, namun pakar mengatakan bahwa kondisi memar secara tiba- tiba ini lebih sering dialami oleh wanita ketimbang pria. Akan tetapi memar yg muncul secara tiba- tiba dan tanpa sebab yg jelas ini bisa jadi pertanda ada sesuatu yg salah pada tubuh Anda. Berikut adalah beberapa alasan kenapa memar bisa memar muncul tiba- tiba di tubuh Anda.

Penyakit

Beberapa penyakit tertentu memang diketahui bisa menyebabkan munculnya memar secara tiba- tiba di tubuh seseorang. Diabetes adalah salah satu penyakit yg menunjukkan gejala seperti ini. Kondisi ini terjadi lantaran pembuluh darah yg melemah dan menyebabkan pendarahan kapiler internal.

Terkadang memar juga dialami oleh para penderita kelainan darah atau hermofilia. Di samping itu memar juga jadi salah satu penanda dari purpura demartosis atau terjadnya kesalahan pada kondisi kulit dan mengakibatkan darah keluar dari kapiler. Pada penyakit yg satu ini biasanya akan turut timbul rasa gatal pada bagian kulit yg mengalami memar.

Faktor Fisik

Saat seseorang sudah mencapai usia 60 tahun atau bahkan lebih, produksi kolagen dan lapisan lemak yg melindung kulit pun akan jadi turun. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami memar. Memar yg disebabkan oleh faktor fisik juga bisa ditimbulkan oleh terlalu beratnya aktivitas olahraga yg dilakukan hingga pembuluh darah pecah lantaran otot terlalu tegang. Beberapa orang yg baru memulai olahraga juga tak jarang mengeluhkan bahwa di tubuh mereka muncul memar secara tiba- tiba.

Karena Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Ada beberapa jenis obat yg diketahui bisa memicu munculnya memar pada tubuh seseorang. Obat- obatan seperti aspirin, beberapa obat kontrasepsi dan steroid diketahui bisa menimbulkan memar secara tiba- tiba di tubuh seseorang.

Kelahan Dan Kurang Vitamin C

Hal ini juga bisa terjadi lantaran seseorang terlalu lelah dan stress. Begitu juga saat seseorang kekurangan vitamin C. Karena itu sebaiknya istirahatlah dengan cukup dan hindari stress. Konsumsilah suplemen untuk menjaga kebutuhan vitamin C di tubuh tetap tercukupi.