Tunda Penuaan Dengan Cara Sederhana

Tunda Penuaan Dengan Cara Sederhana

Jadi tua adalah suatu hal yg pasti. Namun bagaimana Anda menikmati masa tua adalah pilihan yg Anda tentukan sendiri. Anda bisa jadi orang tua yg sakit- sakitan dan bergantung pada orang lain, atau Anda bisa jadi orang tua dengan tubuh yg sehat serta memiliki jiwa dan semangat seperti seorang anak muda.

Selain itu ada beberapa cara yg bisa Anda lakukan bila Anda ingin memperlambat penuaan. Usia Anda mungkin bisa menua, tapi Anda bisa membuat jiwa dan fisik Anda tetap muda, bukan?

Peduli Pada Orang Lain

Sebuah peneltian menemukan fakta bahwa orang- orang yg menunjukkan rasa peduli pada orang lain terutama orang yg mereka cintai, akan memiliki usia yg lebih panjang. Baik pria atau pun wanita yg merawat pasangan mereka sepenuh hati disebutkan bisa memotong resiko kematian hingga 36 persen dalam kurun waktu tujuh tahun.

Selain itu, orang yg memiliki sifat optimis atau memiliki harapan yg bagus juga diyakini  bisa berumur lebih panjang ketimbang yg tidak. Penelitian yg melibatkan 100.000 orang wanita menemukan fakta bahwa wanita yg optimis mengurangi resiko kematian dini hingga 14 persen dibandingkan yg pesimis dalam kurun waktu delapan tahun.

Memiliki Tujuan Hidup

Sangat penting untuk memiliki tujuan hidup. Baik cita- cita untuk melakukan sesuatu yg besar bagi diri dan orang sektiar, atau sekedar keinginan untuk berlibur atau keliling dunia. Bahkan saat Anda menetapkan tujuan kecil seperti menamatkan buku tertentu, Anda bisa hidup lebih lama ketimbang mereka yg tak memiliki keinginan.

Perbanyaklah Vitamin D dan Sinar Matahari

Tingkat vitamin D di dalam tubuh seseorang sangat berpengaruh pada berbagai macam hal. Bila kadar vitamin D di dalam rendah Anda terlalu rendah, maka Anda bisa mengalami osteoporosis, diabetes, hipertensi dan juga kanker. Menurut penelitian, mereka yg tak cukup banyak mendapatkan vitamin matahari ini 26 persen lebih mungkin meninggal lebih awal.

Seperti yg sudah disebut di atas, dampak vitamin D terhadap kesehatan memang sangat luas dan besar. Karena itu sebaiknya usahakan mendapatkan sinar matahari 10 hingga 15 menit beberapa hari dalam seminggu. Di samping cahaya matahari Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D untuk manfaat anti penuaan.

Sayangi DNA Anda

Menjalani gaya hidup sehat bisa membantu Anda memperbaiki DNA Anda. Dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga rutin dan berusaha mengurangi stres, maka Anda bisa memperbaiki DNA Anda.

Orang yg menjalani gaya hidup sehat biasanya akan mengalami penurunan kolesterol LDL dalam darah, begitu juga dengan tingkat stress yg mereka rasakan. Mereka juga akan mengalami peningkatan telomerase sebanyak 29 persen. Enzim ini diketahui memperbaiki dan memperpanjang telomere, yaitu protein kompleks di ujung kromosom yg memiliki peran untuk kesehatan dan umur panjang pada seseorang.

Jaga Jantung Tetap Aktif

Untuk tetap awet muda dan sehat  Anda perlu melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki. Bila Anda berjalan kaki secara rutin maka Anda akan memperoleh sangat banyak manfaat kesehatan. Selain tubuh menjadi lebih bugar, pikiran pun akan jauh lebih jernih dan sehat.

Selain itu tetaplah bergaul dan hindari kesepian. Memiliki teman adalah salah satu alasan kenapa Anda tetap hidup. Sedangkan menyimpan rasa kesepian akan membuat Anda kehilangan gairah untuk bertahan hidup lebih lama.

Kurangi Konsumsi Daging Merah

Orang yg mengkonsumsi setidaknya empat ons daging setiap hari, maka memiliki kemungkinan meninggal lebih awal lebih besar sebesar 30 persen ketimbang mereka yg mengkonsumsi kurang dari jumlah tersebut. Sebelumnya juga ada peneltian yg menemukan hubungan antara konsumsi dagin merah dnegan resiko penyakit jantung dan juga kanker usus.

Bergeraklah Lebih Banyak

Percaya atau tidak, orang yg beraktifitas lebih banyak akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan ketimbang mereka yg tidak. Bahkan bergerak secara aktif membuat Anda merasa lebih bahagia. Karena itu bergerak aktif bisa membuat hidup Anda lebih lama. Ingatlah bahwa olahraga dan aktivitas fisik bukan selalu tentang menurunkan berat badan, namun agar mencapai hidup yg lebih berkualitas.