Tanda- Tanda Tubuh Kelebihan Gula

Tanda- Tanda Tubuh Kelebihan Gula

Apa yg Anda pikirkan saat mendengar kata gula? Kebanyakan akan membayangkan makanan manis yg lezat. Namun beberapa orang lainnya kemungkinan juga akan membayangkan bahayanya, termasuk diabetes hingga obesitas.

Sebenarnya gula tak berbahaya bagi kesehatan. Namun tentu saja bila konsumsinya tidak melebihi batas yg dianjurkan. Berdasarkan rekomendasi Kementrian Kesehatan RI berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 atau Riskesdas, sebaiknya seseorang mengkonsumsi gula tidak lebih dari 50 gram per hari, atau sekitar 4 sendok makan.

Tentu tak sulit bila Anda bila Anda benar- benar hanya mendapatkan asupan gula 4 sendok makan per hari. Namun sayangnya kebanyakan makanan yg kita konsumsi, juga mengandung cukup banyak gula di dalamnya. Sebut saja roti, kue, dan berbagai macam cemilan lainnya, terutama yg memiliki rasa manis.

Hal ini sebenarnya bisa Anda atasi dengan membaca terlebih dahulu pada label gizi makanan yg akan Anda konsumsi. Tapi masalah datang, saat tak ada lebel gizi atau keterangan sejenis pada makanan, hingga Anda tak tau apakah sudah mengkonsumsi terlalu banyak gula dalam satu hari. Berikut adalah beberapa tanda yg akan Anda alami saat telah mengkonsumsi terlalu banyak gula.

Timbulnya Jerawat

Saat seseorang terlalu banyak mengkonsumsi gula, maka hal tersebut bisa jadi malapetaka bagi kulitnya. Berdasakan sebuah studi ditemukan fakta bahwa asupan gula yg tinggi bisa memicu timbulnya jerawat. Walau tak semua jerawat ditimbulkan oleh kelebihan gula, saat jerawat timbul sebaiknya tingkatkan kewaspadaan Anda terhadap gula.

Merasa Lapar Terus Menerus

Tingginya gula darah dalam tubuh, mencegah glukosa memasuki sel- sel. Karena itu tubuh tidak mendapatkan cukup energi dan rasa lapar pun akan terus terasa. Nah bila Anda merasa sudah makan dengan cukup, akan tetapi masih saja merasa lapar, sebaiknya mulai kurangi asupan gula harian Anda.

Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Bila Anda terlalu banyak mengkonsumsi gula pada pagi hari, misalnya saja mengoleskan terlalu banyak selai pada roti atau meminum teh yg terlalu manis, maka Anda akan terjebak dengan rasa lelah pada tengah hari. Karena itu bila Anda merasa lelah tanpa sebab sepanjang hari, bisa jadi Anda terlalu banyak mengkonsumsi gula.

Gigi Berlubang

Saat bakteri di dalam mulut mencerna gula, mereka menghasilkan asam yg dikombinasikan dengan air liur dan membentuk plak. Pada akhirnya plak ini membuat gigi berlubang. Karena itu, bila Anda terlalu banyak makan manis, gigi akan berlubang.  Hal ini membuktikan benarnya anjuran orang tua pada para anak- anak untuk tidak terlalu banyak makan permen.

Menumpuknya Lemak Di Pinggang

Beberapa orang memiliki kebiasaan meminum soda di siang hari untuk melepaskan dahaga mereka. Padahal minuman bersoda mengandugn sangat banyak gula. Hal ini pun biasanya akan membuat seseorang memiliki tumpukan lemak di sekitar lingkar pinggangnya. Ukurlah lingkar pinggang Anda untuk mengetahui apakah Anda kelebihan gula atau tidak.

Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol dalam darah juga bisa jadi pertanda bahwa Anda terlalu banyak mengkonsumsi gula. Asupan gula yg melimpah bisa meningkatkan kolesterol jahat LDL dan menurunkan kolesterol baik HDL dalam tubuh. Bila hal ini terjadi, sebaiknya segera kurangi konsumsi gula harian Anda agar tak menjadi masalah besar di kemudian hari.

 

Perlu diingat bahwa tubuh pun membutuhkan gula. Karena itu Anda tak bisa membuang gula begitu saja dalam asupah harian Anda. Kurangnya gula dalam tubuh juga memiliki resiko sendiri bagi kesehatan seseorang. Karena itu, jangan mengkonsumsi gula secara berlebihan atau pun menghilangkannya dari menu harian Anda sama sekali.