Saya Indonesia Saya Pancasila

Saya Indonesia Saya Pancasila merupakan slogan yang menjadi hits saat menjelang peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Mei 2017. Berbagai acara dibuat dari apel bersama hingga festival maupun memposting foto dengan tema “Saya Indonesia Saya Pancasila” di berbagai sosial media.

Dengan berkembangnya isi SARA akhir-akhir ini membuat para netizen dan masyarakat melakukan postingan foto serupa. Mulai dari Presiden, Gubernur dan bahkan kalangan artis maupun rakyat biasa secara spontan melakukannya demi mendapatkan Indonesia yang damai dan tentram.

Saya Indonesia Saya Pancasila

Apa itu Pancasila ?

Pancasila merupakan dua kata yang terlihat sederhana namun selalu dijadikan mata pelajaran utama di setiap sekolah. Saat ini belum tentu setiap masyarakat yang ditanyakan apa isi dari Pancasila yang merupakan lima sila sebagai pedoman ideologi bangsa Indonesia. Rumusan dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara untuk seluruh rakyat Indonesia.

Bagi anda yang belum tau dan mengerti apa itu Pancasila ada baiknya anda melihat butir-butir Pancasila berikut.

Pancasila :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaran / perwakilan

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pancasila oleh mantan presiden RI pertama Soekarno dalam pidatonya sendiri mengemukakan dasar berbangsa dan berperi-kemanusiaan, mufakat serta demokrasi, ketuhanan dan kesejahteraan sosial.

Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa – namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

Partisipasi Artis Saya Indonesia Saya Pancasila

Beberapa artis Indonesia ikut serta dalam merayakan hari kelahiran Pancasila dan ikut memposting seruan senada Saya Indonesia Saya Pancasila pada sosial media pribadi mereka.

Sophia Latjuba

Sophia Latjuba - Saya Indonesia Saya Pancasila

Artis yang merupakan blasteran memilih melakukan postingan dengan pakaian tradisional berhiaskan wayang kulit di depannya mempost gambar tersebut di account twitter yang dimilikinya.

Saya kelahiran dari ayah berdarah  Bugis-Banyuwangi-Arab dan ibu kelahiran Jerman Austria Hongaria Yugoslavia dan Hongaria dan belahan dunia lainnya yang tidak saya ketahui tetapi saya bangga menyebut diri saya orang Indonesia. Indonesia memiliki ideologi Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dona Agnesia

Donna Agnesia - Saya Indonesia Saya Pancasila

Donna Agnesia presenter acara bola memilih menggunakan pakaian merah putih menunjukkan semangat cinta tanah air dengan memberikan hastag #sayaindonesia #sayapancasila

Tata Janeeta

Tata Janeeta Saya Indonesia Saya Pancasila

Tata Janeeta menggunakan baju hitam dengan style harajuku juga mempost hal serupa dengan hastag #sayaindonesia #sayapancasila.

Luna Maya

Luna Maya Saya Indonesia Saya Pancasila

Luna Maya tampak anggun menggunakan kebaya hijau dengan sanggul. Ungkapan yang diucapkan juga cukup frontal.

Udah ga jama lagi ngomongin SARA karena #sayaindonesia #sayapancasila #pekanpancasila.

Rossa

Rossa - Saya Indonesia Saya Pancasila

Rossa menggunakan blouse batik sederhana menampilkan kecantikan alaminya menyebutkan dirinya bangga lahir di Indonesia.

Bersyukur dilahirkan di negara tercinta ini. Negeri kaya akan cinta dan budaya. Mari kita jaga selalu negeri kita dari perpecahan teman-teman. Indahnya perdamaian… Love you all… #spreadlove #pesonaindonesia #sayaindonesia #sayapancasila #pekanpancasila.

Sandra Dewi

Sandra Dewi - Saya Indonesia Saya Pancasila

Sandra Dewi artis berusia 33 tahun juga ikut meramaikan event hari kelahiran Pancasila. Pesan singkat dan padat sesuai dengan hastag yang mereka lakukan.

Saya Sandra Dewi, Saya Indonesia.. Saya Pancasila. #pancasila #indonesia #sayapancasila #sayaindonesiasayapancasila #pekanpancasila #indonesiasatu #kamiindonesia#kamipancasila

Andienaisyah

Andienaisyah - Saya Indonesia Saya Pancasila

Andienaisyah menjadi pilihan terbaik redaksi Indrawan.net dimana terlihat Andien berfoto dengan penduduk setempat. Berbagai jenis dan kalangan yang berbeda status ekonomi terlihat di gambar tersebut menunjukkan betapa hebatnya Indonesia dan memperlihatkan kita apa arti sebenarnya dari kesatuan dan sikap toleransi yang baik.

Salah satu yang membuat saya senang sekali pergi berkeliling Indonesia adalah karena pertemuan saya dengan saudara-saudara setanah air. Kami bisa berbagi cerita, berbagi bahagia dan berbagi pengalaman.

Ahmad Dhani Sindir Netizen Soal Saya Indonesia Saya Pancasila

Seperti biasa, artis satu ini selalu melakukan hal kontroversial dibanding yang lainnya.Dia memiliki pendapat sendiri mengenai hari pancasila.

Mereka yang memposing foto Saya Indonesia Saya Pancasila adalah orang-orang baru yang mendalami Pancasila. Saya bahkan sudah ngetweet kalo jiwa Pancasilamu kurang mendalam. Maka dari itu bikinlah profil picture-nya, saya Pancasila.

Orang yang berjiwa Pancasila tidak perlu menunjukkan foto tersebut. Baginya, seorang yang memiliki jiwa Pancasila cukup menunjukkan dari sikap dan perbuatannya. Dhani mengakui sudah sejak lama menganggap Pancasila sebagai pedoman hidupnya.

Tapi saya bukan mualaf soal Pancasila, saya sudah dari dahulu Pancasila, dan Indonesia tidak pernah ada masalah dengan Pancasila.

Djarot Pekikan “Saya Indonesia, Saya Pancasila”

Djarot Saiful Hidayat menjadi Inspektur Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila di lapangan silang Monas Selatan. Djarot yang ditugaskan membacakan pidato Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa takdir dan kodrat bangsa Indonesia merupakan keberagaman. Berbagai etnis, adat istiadat, agama dan kepercayaan serta golongan.

Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan benegara.

Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

Jokowi menghimbau seluruh tokoh masyarakat untuk menjaga Pancasila dan mengharapkan pemahaman dan mengamalkan Pancasila dalam hidup harus lebih ditingkatkan.

Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata internasional

Joko Widodo pun menutup pidato dengan menyerukan kalimat penyemangat dalam pengamalan Pancasila.

Author: Fen

Indeprndent Blogger