Puasa Ramadhan 2017 Muhammadiyah

Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya. Biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan selama satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan. Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya. Hal ini sering ditemukan dalam diri seorang pertapa. Inti dari tujuan puasa adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan.

Dalam hadits juga dijelaskan bahwa Islam dibina dalam lima, pondasi antara lain :

  1. Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad SAW adalah utusan Allah
  2. Mengerjakan Shalat
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Melaksanakan haji
  5. Berpuasa pada bulan Ramadhan

Jadwal Puasa 2017

Sejarah Puasa

Puasa berasal dari bahasa Arab yaitu Shaum (dalam bahasa jamak Shiyam) yang berarti Al-Amsak (menahan), yang berarti menahan makan dan minum. Adapun menurut Ulama Syekh Wahbah az-Zuhaili mendefinisikan puasa sebagai menahan diri dari keinginan untuk makan dan minum dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Puasa dalam Islam

Dalam Islam, puasa wajib dijalankan pada saat bulan Ramadhan selama sebulan penuh dan setelah selesai puasa ditutup dengan perayaan Hari Raya Lebaran. Kita harus dapat menahan godaan duniawi, menahan lapar untuk tidak makan minum dan berbagai perbuatan perbuatan yang dilarang dimana berakibat membatalkan puasa yang kita jalankan mulai dari saat matahari terbit sampai matahari terbenam dengan niat penuh sesuai ajaran dalam kitab suci Al Quran. Puasa juga dapat melatih kesabaran, mengajarkan sikap yang baik dan itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan setelahnya dan bukan hanya hanya dijalankan saat bulan puasa.

Puasa untuk Kesehatan

Puasa menurut penelitian sangat menyehatkan tubuh. Makanan yang kita makan berkaitan dengan proses pencernaan maupun metabolisme. Karenanya, dalam pemeriksaan ilmu medis yang berkaitan dengan tahap metabolisme, seperti pemeriksaan kadar glukosa darah tubuh, pasien rumah sakit seringkali diharuskan untuk berpuasa lebih dahulu. Dengan berpuasa kita tidak bisa mencari dan menikmati beberapa tempat hangout yang baru.

Puasa dapat menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan menggantinya kerusakan tersebut dengan sel-sel yang baru. Puasa juga mampu meningkatkan kembali hormon pertumbuhan kita hingga mencapai 2000% pada pria dan 1300% pada wanita. Hormon pertumbuhan ini yang akan membantu membakar cadangan lemak tubuh selama kita menjalankan puasa dan juga diketahui bermanfaat melawan penuaan dini.

Pada saat kita mulai melakukan puasa, tubuh mulai mengalami perubahan. Oleh karena itu, jika kita tidak tahan dan hendak mengakhiri puasa yang kita lakukan, maka kita harus melakukannya secara perlahan. Misalnya, pada menit pertama biasanya kita hanya memakan sebutir kurma saja.

Hukum Puasa Ramadhan

Dalam melakukan puasa, kita wajib tahu hukum puasa ramadhan sehingga mengerti apakah puasa tersebut diwajibkan atau tidak. Sama dengan pengertian puasa ramadhan yang memiliki hukum wajib. Jika kita berhalangan untuk berpuasa, maka kita harus membayarnya setelah halangan tersebut selesai. Definisi hukum puasa ramadhan ini wajib dan harus dilaksanakan umat islam.

Kelebihan berpuasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa di Bulan Ramadhan memberikan manfaat yang sangat banyak sekali kepada kita, antara lain mendapat balasan dari Allah SWT yang antara lain adalah permohonan kita akan dikabulkan dan kita juga bukan hanya akan dipelihara oleh Allah SWT, tapi juga kita akan mendapat surga dari Allah SWT.

Justru karena itulah kita wajib menjalani puasa, karena kita akan mendapat syafaat-Nya.

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Syarat wajib dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan adalah :

  1. Beragama Islam
  2. Baligh dan berakal
  3. Tidak Haid dan Nifas
  4. Mampu ( ada kekuatan )

Syarat dalam berpuasa sendiri harus mengikuti ketentuan yang telah dibuat agar dalam pelaksanaannya dianggap sah dimana ketentuan tersebut adalah :

  • Beragama Islam
  • Dapat membedakan mana yang baik dan buruk
  • Tidak haid dan nifas
  • Tidak dilaksanakan pada hari-hari yang dilarang, yaitu diluar bulan ramadhan.

Tips Sehat Berpuasa

  1. Konsumsi makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayur. Diharuskan juga minum 2 liter air (8 gelas air) saat sahur dan berbuka puasa
  2. Kurangi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, dikarenakan garam merupakan zat yang menarik cairan dalam jumlah yang besar.
  3. Hindari olahraga yang berat seperti angkat beban, karena akan menggerus otot sehingga cadangan makanan akan habis. Waktu terbaik untuk olahraga adalah sebelum sahur.
  4. Hindari tidur setelah sahur, karena akan membuat proses pencernaan makanan habis. Butuh waktu 2-3 jam untuk mengoptimalkan peredaran nutrisi ke seluruh tubuh.

Manfaat Puasa pada Organ tubuh

  1. Otak akan meningkatkan autofagi saraf, mengurangi resiko stroke, depresi, dan Alzheimer.
  2. Lambung, puasa menjadi waktu istirahat yang paling baik untu pencernaan terutama lambung, sehingga racun yang berada dalam tubuh akan terdektosinasi optimal.
  3.  Jantung, dengan kondisi darah normal jantung lebih optimal menyuplai darah ke seluruh tubuh.
  4. Ginjal, satu-satunya cara memaksimalkan fungsi ginjal adalah dengan meningkatkan osmosis urine.
  5. Paru-paru, puasa menjadi metode umum mengeluarkan racun pada paru-paru yang rusak akibat rokok.
  6. Sel Darah, aktivitas puasa membuat sel darah putih meningkat begitu cepat.

Budaya Ramadhan pada Beberapa Negara

  • Festival lentera merupakan ikon khas pada saat dimulainya Puasa pada bulan Ramadhan di Mesir. Bentuk penghormatan masyarakat pada seorang khalifahnyang bernama Al-Hakim Bi-Amr Allah.
  • Organisasi Dewan Muslim di Jerman memberi izin pada pesepakbola profesional Jerman agar tidak mewajibkan pemainnya untuk puasa pada saat musim pertandingan, tapi menggantinya di kemudian hari.
  • Masyarakat Turki memiliki tradisi berbuka puasa dengan 3 tahap yaitu; berbuka puasa dengan makanan yang berat seperti; roti, nasi, kebab dan lain sebagainya. Tahap kedua setelah tarawih menikmati teh bersama dan tahap ketiga memakan aneka buah.
  • Setiap anak-anak di Qatar saat Puasa memakai pakaian kuno sambil menyanyikan lagu Garanggaou gargaa’ou. Setelah selesai bernyanyi anak-anak akan mengetuk pintu rumah satu-satu sambil meminta permen.

Author: Fen

Indeprndent Blogger