Pria Juga Perlu dan Harus Merawat Kulit

Dulu pria dikenal sebagai kaum yang cenderung cuek dan tak terlalu pada penampilan. Namun zaman berubah. Begitu juga dengan stereotype di atas. Pria zaman sekarang nyatanya makin peduli pada penampilan mereka. Mulai dari pakaian hingga kesehatan kulit. Tentu saja, wajah menjadi fokus utama mereka.

Pada dasarnya masalah kulit yg sering dialami oleh pria tak jauh berbeda dengan para wanita. Selain jerawat, masalah kulit yg kerap mereka alami adalah kurang lembab dan kotor. Karena itu penampilan pun menjadi tampak kusam dan tak segar.

Belakangan produk perawatan kulit untuk pria pun sudah mudah ditemui di pasaran. Produk- produk ini pun tak kalah variatif dari produk perawatan wanita, yang menawarkan berbagai manfaat dan kelebihan.  Mulai dari pelembab hingga sabun cuci muka dengan berbagai jenis dan varian bisa jadi pilihan bagi para pria untuk merawat kondisi kulit dan wajah mereka.

Namun pria memang tak setelaten wanita mengenai masalah ini. Kebanyakan pria malas melakukan perawatan dan cenderung mengabaikan kebutuhan kulit mereka. Umumnya kesalahan terbesar mereka adalah tidak menggunakan pelembab kulit pada wajah. Padahal sebenarnya kulit membutuhkan pelembab dan perlindungan dari matahari.

Menggunakan pelembab pada wajah bisa mencetah serta mengatasi kulit kering. Akan tetapi perlu juga diperhatikan kapan sebaiknya pelembab harus digunakan. Terutama pada bagian wajah.  Sayangnya banyak pria yg masih malas bahkan malu menggunakan produk perawatan kulit dan wajah lantaran dianggap tak lazim atau biasa.

Sebaiknya pelembab wajah digunakan setelah mencuci wajah. Soalnya, setiap kita membasuh wajah, pelembab yg digunakan sebelumnya tentu hilang atau laru bersama air. Karena itu, sebaiknya gunakan lagi setelah membasuh wajah.

Namun berbeda kondisinya bila keadaan kulit sangat kering. Bila mengalami kondisi seperti itu, tak masalah bila mengaplikasikan pelembab lebih sering. Selain itu, gunakan pelembab setiap waktu, dan bukan hanya pada saat akan keluar rumah saja.  Setidaknya gunakan pelembab dua kali sehari agar menjaga kulit tetap lembab.

Memilih pelembab yang tepat juga tak kalah pentingnya. Untuk ini, Anda harus mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Apakah kering, berminyak atau sensitif. Sebaiknya sesuaikan pelembab yg akan Anda gunakan dengan kondisi kulit.

Untuk kulit cederung lembab, sebaiknya gunakan pelembab berbentuk krim. Soalnya krim lebih tahan lama ketimbang lotion. Karena itu efeknya akan lebih bagus. Sesuaikan kandungannya dengan kebutuhan kulit Anda.

Menggunakan Pelembab Dan Mencuci Wajah Langkah Dasar Perawata Kulit

Selain menggunakan pelembab yg tepat, untuk menghindari jerawat dan membuat kulit cerah dan sehat, rutin mencuci muka juga adalah hal yg wajib untuk dilakukan oleh kaum Pria.

Pada dasarnya, jerawat tak hanya timbul pada fase remaja, namun juga dialami oleh pria dewasa. Bila saat remaja jerawat lebih disebabkan faktor hormonal, para pria dewasa mengalami jerawat lantaran kebiasaan buruk atau kurang terawatnya wajah.

Paparan polusi, makas cuci muka dan menggunakan produk perawatan yg tidak tepat bisa jadi pemicu timbulnya jerawat pada pria.

Bagian kulit pria yg rentan berjerawat adalah dagu dan juga pipi bagian bawah. Karena itu sebaiknya jangan terlalu menekan bagian kulit tersebut saat tengah bercukur agar tidak memperburuk kondisi kulit.

Namun mencuci muka dengan teratur tampaknya terbukti sebagia tindakan perawan yg paling praktis dan efektif. Sebaiknya cucu muka dua kali sehari. Namun jangan mencuci muka terlalu sering. Karena ternyata terlalu sering mencuci muka dengan sabun cuci muka bisa memicu masalah lainnya. Diantaranya adalah membuat kulit menjadi kering dan sensitif.