Penyebab Penyakit Polip dan Cara Mengatasinya

Penyebab penyakit polip hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Penyakit polip merupakan hasil dari inflamasi pada jaringan saluran hidung atau sinus. Oleh karena itu, peradangan inilah yang menyebabkan terkumpulnya sel-sel berisi cairan yang terdapat pada dinding saluran pernapasan hingga akhirnya terbentuk polip. Tetapi penyebab terjadinya inflamasi ini pun masih belum jelas. Biasanya peradangan ini disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri , virus , atau pun jamur.

Kelainan dalam sistem kekebalan tubuh yang lantas menyerang jaringan hidung juga dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan. Selain itu , faktor keturunan pun memiliki pengaruh atas munculnya polip di hidung. Seseorang akan beresiko tinggi terkena polip apabila ada riwayat keluarga yang terkena penyakit tersebut. Ketika orang tua terkena polip maka anak pun lebih berisiko terkena penyakit tersebut. Selain faktor keturunan, inflamasi di hidung juga dapat terjadi karena gangguan pada saraf hidung juga mengganggu cairan untuk mengalir keluar.

Polip hidung dapat terjadi pada rentang usia manapun, tetapi penderitanya lebih sering ditemukan direntang usia remaja hingga dewasa. Area polip yang paling sering terjadi ada di sekitar mata , hidung dan tulang pipi. Berikut ini beberapa faktor atau penyebab polip hidung.

Penyebab Penyakit Polip

Penyebab Penyakit Polip, Alergi Rhinitis

Alergi rhinitis gejalanya tak beda jauh dengan pilek biasa. Biasanya alergi ini terjadi karena debu dan bulu binatang.

Penyebab Penyakit Polip, Asma

Asma juga bisa menyebabkan terjadinya inflamasi dan penyempitan pada saluran udara.

Penyebab Penyakit Polip, Alergi Jamur

Partikel jamur yang ada diudara dan terhirup melalui hidung dapat menjadi alergi yang berujung pada polip.

Penyebab Penyakit Polip, Intoleransi Aspirin

Kondisi ini biasanya terkait dengan pertumbuhan polip di hidung. Orang yang memiliki alergi terhadap aspirin memiliki kecenderungan terhadap obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) serupa.

Penyebab Penyakit Polip, Fibrosis Kistik

Fibrosis kistik merupakan kelainan genetika dimana tubuh menghasilkan cairan yang cukup kental dan berlebihan pada sistem pernapasan dan pencernaan, termasuk ingus yang cukup kental dari hidung dan juga selaput sinus.

Penyebab Penyakit Polip, Sindrom Churg Strauss

Kondisi ini memungkinkan terjadinya peradangan pada pembuluh darah. pendertinya umumnya akan mengalami alergi rhinitis atau pun asma.

Pengobatan Polip

Pengobatan Penyakit Polip menggunakan Anthistamin

Antihistamin biasanya diresepkan dokter untuk membantu mengatasi alergi yang sedang terjadi. Resep berupa antibiotik bisa diberikan kepada penderita untuk mengatasi infeksi pada polip hidung. Pemberian obat akan dilakukan sebelum pasien mulai mengkonsumsi kortikosteroid.

Pengobatan Penyakit Polip menggunakan Kortikosteroid

Kortikosteroid memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan serta dapat mengecilkan polip yang ada. Biasanya dokter juga memberikan obat ini. Terdapat beberapa jenis kortikosteroid yang dapat diberikan kepada pasien yang menderita polip, antara lain obat tetes, semprot , oral maupun suntik.

Pengobatan Penyakit Polip dengan Operasi Pengangkatan Polip Hidung

Apabila polip sudah tumbuh menjadi sangat besar dan cukup menggangu. Pada kondisi seperti ini, obat kostikosteroid kurang cukup membantu. Prosedur dalam operasi endokopik mungkin perlu untuk dilakukan sehingga dapat mengangkat polip yang muncul. Prosedur ini juga kerap digunakan untuk mengatasi permasalahan sinus yang bisa juga menyebabkan inflamasi. Untuk kasus polip, dokter akan menggunakan alat kecil untuk mengangkat polip atau pun mengeluarkan cairan di sinus sekitar wajah. Pasca operasi pasien perlu beristirahat dan untuk sementara menghindari keramaian.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab penyakit polip dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dapat menambah wawasan tentang penyakit polip.