Mulai Sekarang Perhatikan Setiap Coretan Anak Anda

Mulai Sekarang Perhatikan Setiap Coretan Anak Anda

Pada dasarnya setiap anak suka menggambar walau hanya sekedar coretan- coretan abstrak. Anda bisa pergi ke kumpulan anak- anak, dan hampir dipastikan mereka semua tak akan menolak saat diberikan kertas dan alat tulis.

Pernahkah Anda memperhatikan coretan- coretan yg dibuat oleh para buah hati Anda? Kebanyakan orang tua mungkin akan menjawab tidak lantaran menurut mereka coretan yg dibuat anak hanyalah sekedar gambar- gambar tak beraturan yg tak ada artinya.

Akan tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada alasan ilmiah yg menunjukkan apakah anak Anda memiliki bakat menjadi orang sukses lewat apa yg ia gambarkan lewat coretan- coretan yg ia gambarkan tersebut.

Pada tahun 2016 lalu, sebuah studi dilakukan pada anaka yg berusia antara 7 hinngga 9 tahun menemukan fakta bahwa anak yg berbakat umumnya menyertakan detail- detail khusus saat ia menggambar sosok manusia. Nah, bila anak Anda ternyata menggambarkan detail- detail ini maka bisa jadi ia memiliki bakat jenius.

Para peneliti yg melakukan analisa gambar- gambar yg dibuat oleh 120 orang anak mengidentifikasi 30 detail kunci yg bisa jadi pertanda bakat lahir yg dimiliki oleh anak. Dari total 47 orang anak berbakat yg dilibatklan dalam study tersebut ternyata 43 persen di antaranya menggambarkan hal- hal khusus pada coretan mereka.

Hal- hal tersebut antara lain adalah riasan mata, ingus, kerutan kulit, janggut tipis, kawat gigi, dasi, badge, bulu- bulu di tangan, sarung tangan, cincin atau dompet berantai. Selain detail tersebut, peneliti juga mencatat bahwa anak yg berbakat menggunakan pendekata berbeda saat menggambar orang. Tidak seperti pose yg umum, mereka menggambar dengan pose yg cenderung unik. Misalnya saja orang dengan tangan dimasukkan dalam kantong atau tangan di belakang.

Bakat Lebih Besar Daripada Kecerdasan

Walau begitu, jangan keliru dengan menganggap hal ini sebagai ukuran kecerdasan anak. Penelitian ini tidak mengukur IQ, akan tetapi hanya melihat tanda- tanda bakat yg dimiliki oleh anak. Menurut para peneliti ini apa yg dianggap bakat ini lebih besar dari pada kecerdasan.

IQ atau tingkat kecerdasan umumnya hanya menguji apakah jawaban seseorang salah atau benar. Akan tetapi bakat diukur lewat banyak hal, salah satu indikator yg biasa digunakan adalah kreativitas. Sangat penting juga untuk mengingat bahwa tak semua anak berbakat akan membuat gambar- gambar khusus seperti itu. Detil pada gambar yg ditunjukkan oleh anak ini hanyalah salah satu indikator bahwa anak memiliki pengamatan secara detail dan lebih kreatif dalam menggambarkannya.

Namun apabila Anda mendapati tanda- tanda khusus seperti di atas pada gambaran buah hati Anda, maka sebaiknya Anda berbahagia karena barangkali si kecil memiliki bakat untuk menjadi orang sukses. Tentu Anda harus melakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui kepastiannya. Bila anak Anda memang berbakat, pastikan Anda membantunya untuk mengembangkan bakatnya.