Menjaga Minuman Saat Diet

Menjaga Minuman Saat Diet

Mengontrol pola makan dengan benar adalah salah satu rahasia sukses menurunkan berat badan di samping olahraga intens dan benar.  Namun banyak orang yg hanya memperhatikan apa yg ada di dalam piring mereka saja dan melupakan apa isi gelas mereka.

Justru terkadang, minumanlah yg membuat diet yg sudah Anda upayakan dengan susah payah tersebut kemudian menjadi gagal. Kita memang tak cukup hanya memperhatikan makanan saja, namun juga sangat memperhatikan minuman yg Anda konsumsi.

Minuman ringan, jus buah, dan minuman berenergi pada umumnya mengandung gula dan tinggi kalori hingga membuat upaya Anda menurunkan berat badan jadi gagal total.  Kebiasaan mengkonsumsi minuman manis, termasuk kopi dengan tambahan gula, susu atau krim, ternyata bisa menggagalkan diet Anda dan bahkan bisa menyebabkan kegemukan. Apalagi aktivitas masyarakat modern sangat rendah sehingga kalori yg masuk dan keluar tak seimbang.

Untuk menjaga dan memastikan  agar asupan kalori Anda tetap terkontrol, maka sebaiknya pahamilah jenis minuman yg sebaiknya  Anda hindari dan minuman yg bisa Anda andalkan untuk program penurunan berat badan.

Air Putih

Sedang berusaha menurunkan berat badan atau tidak, minum air putih adalah suatu keharusan dan kewajiban. Setiap orang membutuhkan air agar metabolisme tubuhnya berjalan dengan baik. Manusia membutuhkan air putih setidaknya 8 gelas sehari. Tentu saja air putih akan jadi pilihan paling baik sebagai isi gelas Anda pada saat tengah berupaya menurunkan berat badan.

Akan tetapi bila Anda bosan hanya meminum air putih saja, maka Anda bisa menambahkan irisan lemon ke dalam gelas Anda. Selain lemon, Anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis, timun atau tomat untuk memberikan rasa pada minuman Anda tanpa menambah kalorinya.

Jus Sayuran

Jus sayuran kemasan yg Anda dapatkan di pasaran cukup bermanfaat untuk membantu program diet. Namun alangkah baiknya bila Anda membuatnya sendiri sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat optimal dari jus sayuran. Pada dasarnya jus sayuran memang adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dan serat yg dibutuhkan oleh tubuh. Minuman ini juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Teh Hijau Tanpa Tambahan Gula

Teh hijau memang telah terbukti bisa meningkatkan metabolisme dan mempercepat penurunan berat badan. Tak masalah mengkonsumsinya dalam keadaan hangat atau dingin, selama tak menambahkan gula ke dalamnya. Namun bila ingin mendapatkan sedikit rasa manis, Anda bisa menambahkan sedikit madu.

Selain teh hijau, teh hitam juga diketahui memiliki manfaat yg kurang lebih sama. Keduanya mengandung antioksidan yg bisa membantu membersihkan racun di dalam tubuh Anda. Sehingga mengkonsumsinya bisa membuat Anda lebih sehat dan tak rentan terhadap penyakit.

Kopi Hitam

Taukah Anda bahwa secangkir kopi di pagi dan sore hari bisa membantu memacu penurunan berat badan. Soalnya kafein akan menekan rasa lapar Anda. Selain itu kopi juga telah terbukti merangsang thermogenesis yg memanaskan tubuh dan meningkatkan metabolisme. Akan tetapi perhatikan juga apa yg Anda masukkan ke dalam gelas kopi Anda. Soalnya gula, krim, dan juga susu memiliki jumlah kalori yang tak sedikit dan justru bisa menggagalkan diet Anda.

Susu Rendah Lemak

Susu adalah sumber protein, vitamin D, dan juga kalsium yg bisa membantu membangun otot Anda dan menjaga tulang Anda tetap kuat. Memilih susu rendah lemak atau skim milk bisa memberikan manfaat bagi tubuh Anda. Namun bila Anda merasa bosan dengan rasa alami susu, maka Anda boleh menambahkan sedikit coklat rendah lemak. Campuran ini tak hanya akan terasa enak di lidah namun juga bermanfaat untuk pemulihan otot pasca latihan.