Mengatasi Plak Gigi Tanpa Harus Ke Dokter

Mengatasi Plak Gigi Tanpa Harus Ke Dokter

Bila Anda tak menggosok giig dengan tepat maka plak gigi akan muncul dan saat plak ini menumpuk dan mengeras, akan timbul karang gigi. Sayangnya banyak orang yg mengabaikan keberadaan karang gigi ini. Padahal karang gigi bisa jadi tempat berkembang biaknya bakteri di dalam mulut dan dalam jangka panjang bisa membuat gigi Anda berlubang.

Anda bisa membersihkan karang gigi di dokter gigi. Prosesnya tidak terlalu lama, tak menyakitkan dan relatif mudah, serta tak memakan terlalu banyak biaya. Akan tetapi bila Anda termasuk orang yg cukup malas dan tak sempat mengunjungi dokter gigi, maka Anda bisa menggunakan cara di bawah ini untuk mengurangi plak gigi.

Cara ini pun relatif aman lantaran menggunakan bahan- bahan makanan dan juga murah lantaran semuanya biasanya sudah tersedi di rumah sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang ekstra. Beberapa bahan lainnya pun bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotik atau toko obat.

Membersihkan Karang Gigi Dengan Alami

Bahan-bahan yang dibutuhkan;

1 sendok makan baking soda
1/2 cangkir air mineral
1/2 sendok teh air asin
1/2 gelas hidrogen peroksida
1/2 cangkir air hangat
1/2 cangkir air dingin
Obat kumur antiseptik
Sikat gigi
Benang gigi

Cara Menggunakan

Campurkan baking soda dengan garam, lalu basahi sikat gigi dengan air hangat kemudian celupkan ke dalam campuran tersebut. Setelah itu gosoklah gigi Anda dengan lembut. Langkah beriktunya adalah dengan menggabungkan hidrogen peroksida dengan air hangat dan berkumur- kumur dengan campuran tersebut selama kurang lebih satu menit. Setelah itu, bilaslah atau berkumur – kumur dengan setengan cangkir air dingin.

Setelah melewati tahap tersebut, angka noda kuning yg menempel pada gigi Anda dengan menggunakna benang gigi. Namun Anda peru berhati- hati saat menggunakannya lantaran benang gigi bisa menggores gusi dan membuatnya iritasi. Terakhir bilaslah mulut Anda dengan obat kumur antiseptik. Anda bisa mengulangi proses ini setiap dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yg optimal.

Membersihkan Gigi Dengan Buah-Buahan

Selain menggunakan bahan- baha di atas, ternyata Anda juga bisa menggunakan buah- buahan tertentu untuk mengurangi bahkan menyingkirkan plak gigi. Diantaranya adalah stroberi dan tomat. Dua buah ini diketahui kaya akan kandungan vitamin C.

Cara memanfaatkan buah- buahan ini pun terbilang mudah. Cukup potong buah- buahan ini menjadi dua bagian dan gosok ke gigi Anda. Biarkan selama lima menit hingga buah bekerja secara maksimal. Selain stroberi dan tomat, Anda juga bisa memanfaatkan lemon, jeruk nipis dan buah- buahan yg tinggi kandungan vitamin C lainnya. Ini akan melunakkan plak dan memudahkan pengangkatan. Selanjutnya, bilas mulut Anda dengan campuran baking soda dan air hangat.

Beberapa Tips Menghindari Plak Gigi

Mengkonsumsi makanan pedas bisa mencegah akumulias plak pada gigi Anda. Faktanya makanan pedas merangsang produksi air liur yg bisa membersihkan mulut Anda secara alami. Karena itu bisa disimpulkan bahwa makanan pedas adalah salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya plak gigi.

Selain itu jangan pernah melupakan rutinitas gosok gigi. Pastikan Anda menggosok gigi dengan cara yg benar sehingga bisa mendapatkan hasil yg optimal. Selain itu gunakan juga obat kumur untuk mendapatkan hasil yg lebih baik. Dengan begitu Anda akan mendapatkan gigi yg sehat, enak dipandang dan tentu juga menjaga bau mulut tetap segar.