Mengatasi Insomnia Dengan Metoda Para Yogi

Mengatasi Insomnia Dengan Metoda Para Yogi

Insomnia sekarang sudah jadi masalah kebanyakan orang. Ada yg mengabaikannya, dan  ada juga yg memutuskan untuk menjalani pengobatan untuk mengatasinya. Namun ada juga yg mencoba mengambil jalan pintas dengan mengkonsumsi obat tidur.

Sebelum Anda memutuskan mencoba hal tersebut, sebaiknya cobalah melakukan cara alami untuk mengundang kantuk. Jangan skeptis dulu, kami tidak akan menyarangkan Anda utnuk menghitung domba atau mencoba memakan makanan tertentu untuk tertidur.

Obat pemicu tidur ini disebut dengan metode 4-7-8.  Metode ini memang terdengar sederhana, namun tak ada salahnya mencoba. Metode 4-7-8 ini sendiri diciptakna oleh para yogi dari India sejak berabad-abad lalu.

Hal pertama yg harus Anda lakukan adalah duduk pada posisi yg nyaman di tempat tidur Anda. Kemudian tarik nafas melalui hidung selama empat detik, tahan napas selama tujuh detik kemudian keluarkan perlahan- lahan lewat mulut selama delapan detik. Hanya itu yg harus Anda lakukan untuk membuat Anda merasa mengantuk.

Wajar bila Anda tak mempercayai metode ini dan menganggapnya sebagia sebuah omong kosong belaka. Namun seorang dokter dari Universitas Harvard yg telah mengadopsi latihan ini mungkin bisa membuat Anda yakin dan percaya akan keefektifan dan keampuhannya. Sang dokter mengatakan bahwa metode 4-7-8 adalah metode terbaik yg pernah ia temukan untuk kembali tertidur bila Anda menginginkannya.

Tetapkan Tujuan Saat Bangun Pagi Agar Tidur Lebih Berkualitas

Para Yogi menggunakan metode ini agar bisa untuk mencapai keadaan relaksasi yg lengkap, menangkal stres dan juga kecemasan. Dengan sengaja memperlambat pernapasan Anda, lalu irama jantung akan melambat, membuat seluruh tubuh menjadi lebih rileks. Simpelnya, cara ini adalah obat penenang alami bagi tubuh dan pikiran.

Teorinya adalah dengan memaksakan ritme tertentu pada nafas dengan gerakan sadar, dan secara bertahap hal ini diinduksi ke dalam sistem sarag yg ada di alam bawah sadar.

Latihan ini akan efektif bila terus dipraktekkan setiap hari. Karena itu keteraturan melakukan ha ini dalam beberapa minggu, bulan atau tahun akan menghasilkan perubahan pada pola tidur yg Anda inginkan.

Bila Anda sudah berhasil tertidur tanpa masalah tentu yg jadi tugas berikutnya adalah memastikan tidur Anda berkualitas, tanpa adanya gangguan. Nah untuk ini Anda sebaiknya menciptakan alasan menyenangkan untuk bangun pagi sehingga Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas.

Para peneliti beberapa waktu lalu sempat meniliti lebih dari 800 orang mengenai motivasi hidup dan kualitas tidur mereka. Para peserta yg memiliki lebih banyak tujuan dalam hidup mereka cenderung tidak memiliki gangguan tidur seperti sleep apnea atau pun insomnia. Selain itu mereka juga cenderung memiliki kualitas tidur yg lebih baik secara keseluruhan.

Dengan menemukan tujuan dalam hidup Anda, maka Anda bisa bebas dari obat-obatan yg bisa membantu memperbaiki kualitas tidur Anda. Hal ini juga berlaku bagi orang- orang yg mengidap insomnia atau sulit tidur.

Ada berbagai macam alasan untuk bangun pagi. Misalnya saja, untuk beribadah, olahraga bersama pasangan, sarapan yg enak atau berbagai macam alasan lainnya yg bisa membuat Anda bersemangat untuk bangun di pagi hari.