Manfaat Menangis Bagi Tubuh Dan Jiwa

Manfaat Menangis Bagi Tubuh Dan Jiwa

Beberapa orang terbiasa mencurahkan rasa kesal, sedih dan frustasi mereka dengan menangis. Namun ada juga orang yg merasa menangis bisa melukai harga diri mereka. Karena itu mereka lebih suka memendam perasaan mereka dan membiarkan rasa frustasi mereka tetap terpendam.

Bila Anda adalah salah satu orang yg merasa bahwa menangis membuat Anda terlihat lemah sebaiknya Anda membuang jauh- jauh pikiran tersebut. Soalnya menangis tak salah dan memalukan sama sekali. Menangis justru adalah cara yg benar untuk melampiaskan perasaan Anda. Tak hanya itu menangis bahkan memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

Faktanya, menangis tak hanya menyiksa tubuh Anda dengan mengeluarkan air mata dan juga membuat rumit pikiran dengan menyesali apa yg sudah terjadi. Padahal dengan menangis, Anda telah berbuat baik pada tubuh Anda sendiri. Karena ternyata menangis adalah bentuk emosi yg menguntungkan.

Detoksifikasi

Menangis adalah salah satu bentuk detoksifikasi bagi tubuh. Taukah Anda, pada saat Anda menangis, tanpa Anda sadari Anda berusaha untuk mengeluarkan kotoran yg ada di mata, baik itu debu, kotoran hingga benda asing lainnya yg berada di dalam mata.

Selain itu air mata juga diketahui mengandung hormon stres. Karena itu saat mengeluarkan air mata dan makin larutnya Anda dalam tangisan, sebenarnya Anda telah membuang sebagian stress di dalam tubuh. Karena itu biasanya setelah menangis, perasaan Anda sedikit jadih lega. Tak hanya mendetoks fisik, tangisan juga bisa membersihkan perasaan kita.

Menenangkan Diri

Biasanya setelah menangis, Anda akan sesegukan dan kelelahan, tak jauh berbeda seperti setelah lari berkilometer jauhnya. Akan tetapi ternyata menangis adalah mekanisme terbaik untuk menenangkan diri, para ahli menemukan fakta bahwa tangisan bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

Jenis saraf ini diketahi bisa membuat tubuh beristirahat lebih baik. Karena itu biasanya setelah menangis, Anda akan jatuh tertidur dan biasanya tidur Anda akan lebih nyenyak.

Membantu Meredakan Rasa Sakit

Menangis dalam jangka waktu yg lama dipercaya bisa melepaskan oksitoksin dan opiod endogen, atau yg biasa kita kenal dengan endorfin. Endorfin ini diketahui dapat membantu mengurangi rasa sakit, baik fisik atau pun emosional seseorang. Soalnya saat endorfin dilepaskan tubuh akan mengalami tahap yg tidak seimbang. Akan tetapi karena endorfin keluar berbarengan dengan oksitoksin, hal tersebut bisa membuat Anda merasa jauh lebih tenang dan juga sehat.

Meningkatkan Mood

Tak hanya membantu meringankan rasa sakit, menangis juga diketahui bisa meningkatkan semangat tubuh seseorang. Saat Anda terisak- isak, maka tubuh akan menghirup udara dingin dengan cepat. Pernapasan di udara dingin diketahui bisa membantu Anda mengatur sekaligus menurunkan suhu otak. Otak yg dingin pada dasarnya lebih disukai oleh tubuh dan pikiran. Dengan begitu akhirnya mood Anda bisa membaik seiring dengan isakan tangis Anda.

Mengembalikan Keseimbangan Emosional

Menangis  tak hanya terjadi lantaran seseorang bisa mendapatkan rangsangan kesedihan.karena itu Anda pasti sepaka bila menangis juga bisa terjadi lantaran hal yg terlalu meembahagiakan, rasa takut bahkan rasa stress. Karena itu menangis dianggap bisa mengembalikan keseimbangan emosional seseorang.

 

Mulai saat ini, jangan pernah ragu untuk menangis, saat Anda merasa membutuhkannya. Alih- alih menahan emosi Anda sebaiknya Anda melepaskan rasa kesal atau frustasi Anda dengan menangis sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya dan keseimbangan emosional Anda bisa kembali menjadi baik.