Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Manfaat bersepeda sangat bagus untuk kesehatan tubuh.  Cukup banyak manfaat kesehatan yang kita dapat dari olah raga ini. Yuk, ketahui apa saja manfaat bersepeda bagi kesehatan:

Manfaat Bersepeda

Manfaat Bersepeda Dapat Melangsingkan Tubuh

Ketika bersepeda hampir semua bagian otot tubuh digerakkan sehingga banyak membakar kalori dalam tubuh.  Hal ini menyebabkan pengurangan timbunan lemak dan membuat tubuh lebih langsing apabila dilakukan teratur minimal seminggu dua kali.

Manfaat Bersepeda Dapat Memperkuat Sendi Kaki

Bersepeda menggunakan gerakan kaki yang lebih banyak sehingga sendi-sendi kaki juga ikut terlatih.  Dibandingkan olah raga lari yang membuat semua otot tertumpu pada sendi kaki, bersepeda lebih baik untuk memperkuat sendi.  Semakin sering dan teratur Anda mengayuh sepeda, maka sendi kaki menjadi lebih kuat secara alami sampai usia senja.  Bahkan bersepeda diyakini meredakan nyeri akibat asam urat pada sendi kaki.

Manfaat Bersepeda Dapat Memperkuat Pernapasan

Pada saat pertama kali Anda bersepeda, napas akan terasa tersengal-sengal.  Maka sebelum melakukan kegiatan ini sebaiknya melakukan pemanasan sedikit dan jangan menempuh jarak terlalu jauh jika Anda seorang pemula.  Namun, ternyata napas yang tersengal-sengal ternyata merupakan tanda organ pernapasan anda sedang berlatih.  Semakin sering dilakukan, pernapasan akan semakin kuat dan dapat menyesuaikan.

Manfaat Bersepeda Dapat Mengurangi Sakit Punggung

Anda sering mengalami sakit punggung?  Cobalah bersepeda secara teratur setiap pagi.  Selain memperkuat sendi kaki, bersepeda mengurangi sakit punggung dengan posisi duduk yang menarik tulang punggung sambil digerakkan. Rutin berolahraga akan membantu memperbaiki posisi punggung sehingga tak sakit lagi.

Manfaat Bersepeda Dapat Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Bersepeda dengan teratur termasuk bagian dari olahraga yang menggerakkan seluruh bagian tubuh Anda.  Dengan demikian, tubuh menjadi lebih segar dan tahan terhadap segala jenis penyakit.

Manfaat Bersepeda Dapat Menyehatkan Jantung

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bersepeda dengan teratur minimal tiga kali seminggu dengan waktu masing-masing selama 30 menit, setelah satu tahun mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.  Selain itu bersepeda membuat jantung lebih berirama dan peredaran darah lebih lancar.

Manfaat Bersepeda dapat Mengencangkan Otot

Karena bersepeda membuat semua otot pada tulang ikut bergerak aktif, lambat laun otot akan menjadi lebih kencang.  Otot yang kencang tidak akan mudah keseleo dan bergerak akan terasa lebih nyaman.  Bila otot kencang, Anda pun akan terlihat lebih awet muda.

Manfaat Bersepeda Dapat Memperkuat Kerangka Tubuh

Mungkin Anda mengira bahwa bersepeda membuat kerangka tubuh terutama tulang belakang akan sedikit membungkuk.  Padahal dengan bersepeda setiap hari, kerangka tubuh menjadi lebih kuat dan tegap.

Manfaat Bersepeda Dapat menghilangkan Stress

Stress dapat terjadi karena tekanan atau rutinitas pekerjaan.  Hal ini merupakan faktor utama kekebalan tubuh berkurang dan anda mudah terserang penyakit.  Bersepeda bersama teman-teman atau keluarga dengan teratur sambil melewati dan memandangi pemandangan indah membuat hati anda lebih tenang dan senang, stress pun hilang.

Manfaat Bersepeda Sebagai Diet Yang Sehat

Karena dengan bersepeda membakar banyak kalori tubuh, maka cara ini termasuk diet sehat dan alami.  Anda tidak perlu menggunakan obat-obatan dan diet makanan yang ketat untuk menurunkan berat badan.  Bersepeda juga termasuk diet yang murah dan mudah.

Cukup banyak manfaat bersepeda untuk kesehatan.  Anda dapat melakukan kegiatan ini sebagai rekreasi bersama keluarga yang murah secara rutin tiap pagi atau sore.  Rekreasi didapat, kesehatan juga meningkat. Selamat bersepeda.