Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Bawang merah hampir tak bisa dipisahkan dari menu sehari- hari masyarakat Indonesia. Hampir semua makanan bahkan walau hanya sekedar tumisan sayur biasanya menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbu penyedapnya.

Jenis bumbu dapur yg satu ini memang sangat penting dalam menambah cita rasa masakan dan akan membuatnya terasa lezat. Namun tau kah Anda bahwa ternyata bawang merah tak hanya bisa membuat masakan menjadi enak, melainkan juga memiliki begitu banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Bawang merah memiliki manfaat gizi lantaran bumbu dapur ini mengandung berbagai macam senyawa antioksidan. Memang, rata- rata semua masakan mengandung bawang merah, akan tetapi ternyata mengkonsumsi bawang merah secara mentah bisa membuat seseorang mendapatkan manfaat terbaik dari bawang merah.

Tak hanya bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan, bawang merah juga diketahui bermanfaat bagi orang-orang dengan beberapa masalah kesehatan tertentu, seperti penjelasan di bawah ini.

Bawang Merah Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Di dalam bawang merah ditemukan dua sejenis senyawa fitokimia yaitu allium dan ally disulfide. Dua senyawa ini membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi seorang penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula dalam darah mereka. Karena itu bila Anda menderita diabetes, mulailah biasakan untuk mengkonsumsi bawang merah secara mentah. Setidaknya cara sederhana ini bisa membuat Anda mengendalikan gula darah.

Mencegah Penyakit Kronis

Bawang merah juga diketahui memilki flavonol dan polifenol. Jumlah yg terkandung di bawang merah, bahkan lebih banyak ketimbang yg ada di bawang putih dan sayuran jenis lainnya. Flavonol sendiri adalah senyawa bioaktif yg bisa membantu mengurangi resiko penyakit kronis. Karena itu sebaiknya perbanyaklah konsumsi bawang merah agar bisa terhindar dar penyakit kronis.

Menjaga Kadar Kolesterol Agar Tetap Terkendali

Saat seseorang mengkonsumsi bawang merah maka kandungan didalamnya akan membantu menghambat oksidasi low density lipoprofein, kolesterol jahat yg bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Tak jauh berbeda dengan bawang putih, saat bawang merah diiris, mereka juga akan bisa membentuk senyawa yg disebut alicin. Senyawa ini membantu menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam darah.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mengkonsumsi bawang merah juga membantu kesehatan sistem peredarah darah seseorang. Saat Anda mengkonsumsi bawang merah, maka sirkulasi darah akan terperbaiki dan melebarkan pembuluh darah yg membuatnya menjadi obat alami yg bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang merah juga diketahui memiliki kandungan besi dan tembaga yg lebih tinggi, di mana pada akhirnya akan bisa meningkatkan sirkulasi di tubuh dengan merangsang produksi sel darah merah.

Manfaat Lain Bawang Merah

Selain beberapa manfaat di atas, bawang merah juga diketahui mengandung Quoercetin dan Kaempfenol, senyawa dengan sifat antioksidan. Setelah itu bawang merah juga diketahui mengadung serta makanan, vitamin C, potasium, folat, vitamin A, vitamin B6 dan mangan.

Karena itu tak ada salahnya memperbanyak konsumsi bawang merah. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan sejumlah manfaat baiknya bagi tubuh. Beberapa orang mungkin merasa anjuran ini tak menyenangkan lantaran bawang merah bisa membuat napas jadi bau. Akan tetapi Anda selalu bisa mengatasi bau mulut setelah memakan bawang merah bukan?