Makanan Sehat Yang Ternyata Tak Sehat

Makanan Sehat Yang Ternyata Tak Sehat

Kemungkinan besar tentu Anda sudah tau beberapa jenis makanan yg tak sehat yg tak direkomendasikan oleh para ahli gizi. Sebut saja, soda, keripik kentang, permen, dan bahkan pizza. Jenis- jenis makanan yg disebutkan sebelumnya memang adalah makanan yg diketahui mengandung terlalu banyak lemak, gula atau kandungan tak sehat lainnya. Namun bagaimana ternyata makanan yg selama ini Anda duga sebagai makanan sehat dan bernutrisi ternyata termasuk dalam jenis makanan yg tak direkomendasikan tersebut?

Faktanya memang ada cukup banyak makanan yg selama ini dianggap sehat, namun ternyata justru ternyata tidak. Beberapa diantaranya hanya kehilangan manfaat baiknya, sedangkan beberapa jenis makanan lainnya justru menjadi makanan tak sehat setelah melalui proses tertentu.

Yogurt Dengan Perasa Tambahan

Semua orang tentu sepakat bila yoghurt disebut sebagai salah satu minuman kesehatan yg mengandung sangat banyak manfaat baik bagi tubuh. Akan tetapi hal tersebut hanya berlaku bila Anda mengkonsumsi yogurt polos. Artinya yogurt tanpa penambahan perasa. Bila memang perlu, sebaknya gunakanlah buah segar atau madu.

Faktanya beberapa jenis yogurt dengan perasa tambahan mengandung gula yg sama besarnya dengan permen. Karena itu bila Anda memang ingin mengkonsumsi minuman ini  sebaiknya konsumsilah yogurt polos. Bila Anda ingin menambah rasa, Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara dan bahan yg lebih baik.

Keripik Sayuran

Iming- iming sayuran di label makanan ini tentu bisa menggoda orang yg ingin menjalani pola hidup sehat. Akan tetapi bila Anda memeriksa lebih seksama bahan yg tercantum di kemasan, maka Anda akan menemukan beberapa jenis tepung seperti tepung kentang, tepung jagung dan berbagai macam jenis tepung lainnya. Itu berarti, satu porsi keripik sayuran mengandung kalori yg hampir sama banyak dengan keripik kentang.

Bila Anda ingin mengkonsumsi sayuran, maka sebaiknya konsumsilah dengan cara yg benar. Variasikan menu sayuran Anda sehingga tak membosankan.

Salad Dressing

Salah dressing sendiri adalah minyak yg diproses, ditambah dengan gula dan pewarna buatan. Mendengar proses pembuatan dan bahannya saja kita sudah tau bahwa salad dressing ini tidak sehat. Karena itu sebaiknya buatlah sendiri salad dressing Anda di rumah dengan menggunakan minyak zaitun, cuka dan rempah- rempah.

Tak hanya lebih sehat, salad dressing buatan sendiri juga akan lebih hemat ketimbang bila Anda membeli salad dressing yg dijual di toko.

Jus

Pada dasarnya jus tidak menawarkan gizi sebanyak buah dan sayuran utuh, apalagi jus dalam kemasan. Kebanyakan jus dalam kemasan memberikan terlalu banyak tambahan gula ke dalam minuman buatan mereka. Itu berarti kalori ekstra, dan tentu tak akan bagus bagi seseorang yg tengah menjalani diet rendah gula, atau tengah berusaha menurunkan berat badan. Membuat jus pun tak sulit, karena itu daripada membeli jus kemasan, sebaiknya buat sendiri jus Anda. Bahkan kalau bisa, konsumsilah buah dan sayur dalam bentuk utuh untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Makanan Kemasan Bebas Gluten

Sebenarnya tak ada alasan untuk membeli makanan bebas gluten kecuali bila Anda telah didiagnosis dengan penyakit celiac atau intoleransi gluten. Namun makanan bebas gluten belakangan seolah menjadi tren sehingga semua orang ingin mengkonsumsi makanan bebas gluten.

Makanan kemasan bebas gluten sendiri juga tak benar- benar dibutuhkan untuk pola makan sehat. Bahkan sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan dalam kemasan. Sebaiknya buat sendiri makanan Anda sehingga Anda tau pasti nutrisinya dan juga akan bebas dari tambahan bahan berbahaya.