Makanan Ini Bisa Jadi Booster Asi

Makanan Ini Bisa Jadi Booster Asi

Setiap ibu tentu ingin memberikan yg terbaik bagi buah hatinya. Termasuk keinginan besar untuk memberikan sang buah hati ASI yang mencukupi dan penuh nutrisi. Namun sayangnya tak semua ibu ditakdirkan memiliki ASI melimpah. Faktanya ada beberapa ibu baru yg mengeluhkan ASI mereka terlalu sedikit bahkan tak keluar sama sekali.

Bila hal ini terjadi pada Anda, jangan panik. Panik hanya akan memperburuk keadaan dan membuat ASI akan semakin berkurang. Cari tau penyebab kurangnya ASI dan aturlah asupan makanan Anda agar ASI semakin banyak.

Saat ini sudah cukup banyak suplemen penambah ASI yg dijual bebas di pasaran dan cenderung aman digunakan. Akan tetapi bila Anda tak ingin menggunakan suplemen seperti ini, Anda bisa meningkatkan produksi Anda dengan beberapa bahan makanan di bawah ini.

Daun Bangun-Bangun

Di masyarakat kita, daun katuk adalah jenis tumbuhan yg paling populer sebagia salah satu tanaman penambah ASI. Namun ternyata daun bangun- bangun juga memilki manfaat yg sama. Daun bangun- bangun biasanya dikonsumsi oleh masyarakat yg tinggal di wilayah Sumatera Utara. Tanaman ini bisa membantu Anda melancarkan produksi ASI. Karena itu bila Anda menemukannya segeralah konsumsi. Anda bisa mengolahnya jadi makanan yg enak dengan berbagai macam resep yg bisa Anda temukan dengan mudah.

Pepaya Muda

Buah pepaya memang sangat kaya akan serat dan mengandung vitamin A yg sangat baik untuk tubuh. Biasanya pepaya dikonsumsi bila sudah matang lantaran rasanya yg manis. Akan tetapi ternyata cukup banyak yg menggemari pepaya muda atau yg belum matang.

Beberapa orang bisa menikmati pepaya muda begitu saja. Ada yg dengan sengaja membuatnya menjadi jus. Namun ada juga yg mengolahnya jadi makanan tertentu seperti sup atau makanan lainnya. Buah pepaya muda sendiri dipercaya bisa membantu Anda melancarkan ASI dan membuat produksi ASI jadi kian berlimpah.

Jus Kurma

Buah kurma yg telah matang memiliki kandungan gula hingga mencapai 80 %. Sementara itu sisanya adalah protein, serat dan berbagai macam nutrisi penting lainnya yg potensial dan baik untuk tubuh. Bagi ibu menyusui, mengkonsumsi buah kurma sangat baik untuk masa pemuliha pasca melahirkan dan juga untuk mencegah anemia. Manfaat ekstranya adalah buah kurma bisa membuat ASI menjadi kian deras dan stamina tetap fit.

Anda bisa mengkonsumsi kurma matang langsung. Namun bila terasa membosankan, tak ada salahnya mengolah kurma jadi minuman yg menyegarkan dengan penambahan susu atau berbagai macam bahan bermanfaat lainnya.

Susu Kacang Almond

Kacang almond memiliki bentuk yg lebih besar ketimbang jenis kacang- kacangan lainnya. Kacang ini sendiri diketahui sangat baik bagi kesehatan dan juga sering digunakan untuk kecantikan lantaran berbagai manfaat yg terkandung di dalamnya. Biasanya kacang almond dicampur dalam cokelat atau kue supaya lebih nikmat.

Kancang almond pun ternyata bisa sangat bermanfaat untuk para ibu menyusui. Apalagi susu almond konon sangat baik untuk melancarkan ASI dan memberikan nutrisi pada ASI selain bisa menambah energi para ibu yg baru melahirkan.

Susu Jagung

Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat yg ternyata memiliki khasiat yg sangat baik untuk para ibu menyusui. Soalnya kandungan di dalam jagug bisa menyuplai energi yg cukup. Banyak olahan yg bisa Anda buat dengan menggunakan bahan dasar jagung. Salah satunya adalah dengan membuat susu jagung. Namun  bila Anda tak terlalu menyukainya Anda juga bisa menyantap jagung langsung.