Lakukan Olahraga Ketahanan Otot Untuk Manfaat Jangka Panjang

Lakukan Olahraga Ketahanan Otot Untuk Manfaat Jangka Panjang

Ada begitu banyak alasan kenapa seseorang berolahraga. Beberapa diantaranya memutuskan untuk berolahraga hanya dengan niat untuk membakar lemak dan membentuk tubuh. Namun tau kah Anda bahwa manfaat olahraga sebenarnya jauh lebih besar dari pada hanya sekedar untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak.

Olahraga terutama latihan ketahanan otot, juga sangat penting untuk mempertahankan kekuatan otot, sehingga massa otot tidak berkurang dengan cepat. Mencegah kehilngan massa otot ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa terhindar dari osteoporosis dan sacropenia, hingga Anda bisa bebas melakukan hal apa pun di usia lanjut.

Tak hanya itu, dengan berolahraga, Anda juga bisa menghindari kehilangan masa otot dan bisa mencegah Anda mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan. Di samping itu ada begitu banyak manfaat lain yg bisa Anda dapatkan dengan melatih ketahanan otot, seperti di bawah ini.

Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang yg ditandai dengan kelemahan pada tulang. Hal tersebut membuat tulang menjadi rentan mengalami patah tulang, terutama pada orang yg sudah berusia lanjut. Akan tetapi bila Anda melakukan latihan ketahanan otot, Anda bisa menghindari terjadinya osteoporosis di usia lanjut. Latiha ketahanan otot diketahui dapat membuat otot dan tulang Anda bisa menjadi lebih kuat. Semakin sering tulang diberi beban saat melakukan latihan ketahanan maka makin kuat pula tulang yg terbentuk.

Mencegah Sarcopenia

Selain osteoporosis, masalah lain yg juga sering dialami oleh orang tua adalah sarcopenia. Sarcopenia sendiri adalah hilangnya masa otot yg bisa mulai terjadi saat Anda sudah menginjak usia 30 tahun. Hal tersbeut bisa smenyebabkan Anda kehilangan kekuatan dan membuat Anda tak bisa bebas bergerak.

Akan tetapi Anda tak perlu merasa khawatir lantaran latihan ketahanan otot bisa smembantu Anda terhindar dari sarcopenia pada usia tua. Soalnya dengan melakukan latihan ketahanan otot, maka Anda bisa meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, sehingga mencegah Anda kehilangan massa otot di masa mendatang.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Latihan ketahanan otot ternyata lebih mampu membantu Anda untuk menurunkan berat badan Anda. Makin sering otot Anda bekerja, maka makin banyak pula massa otot yg Anda miliki. Itu artinya makin banyak kalori yg mampu dibakar oleh tubuh untuk dijadikan energi.

Hal tersebut tentu jadi manfaat yg sangat menguntungkan. Soalnya dengan memiliki massa otot yg besar, tubuh akan membakar kalori lebih banyak dan hal tersebut dapat berlangsung walau Anda tak sedang berolahraga. Tak hanya itu, massa otot yg dipertahankann dengan baik juga dapat membantu mempertahankan tingkat metabolisme tubuh Anda, sehingga mencegah Anda mengalami kenaikan berat badan berlebihan.

Namun berapa seringkah sebaiknya melatih ketahanan otot demi mencapai manfaat di atas? Para pakar menyatakan bahwa setiap tahunnya setelah Anda sudah melewati usia 30 tahun, Anda bisa kehilangan 3 hingga 8 % massa otot. Namun hal tersebut tergantung juga dari tingkat aktivitas dan status gizi seseorang.

Hal tersebut bisa Anda cegah dengan melakukan latihan ketahanan otot. Makin aktif Anda melakukan aktivitas, maka makin  sedikit massa otot yg hilang setiap tahunnya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur, terutama olahraga yg melatih ketahanan otot.

Beberapa olahraga yg bisa melatih ketahanan otot adalah angkat beban, yoga, pilates atau gerakan yg menahan bobot Anda sendiri seperi plank, push up dan juga squat.