Jangan Tinggalkan Kebiasaan Sarapan

Jangan Tinggalkan Kebiasaan Sarapan

Ada banyak orang yg dengan sengaja melewatkan rutinitas sarapan tiap pagi. Alasan mereka pun cenderung beragam. Ada yang mengaku sudah terbiasa tak sarapan, ada pula yg memang dengan sengaja tak makan berat saat pagi supaya tak mengantuk ketika siang menjelang.

Berdasarkan survei, sekitar 28 persen pria yg berusia antara 18 hingga 34 tahun melewatkan rutinitas makan pagi. Salah satu alasan yg paling umum bagi para pria ini adalah lantaran mereka tak merasa lapar di pagi hari. Akan tetapi padahal ada sangat banyak kerugian yg didapatkan pria saat mereka selalu melewatkan jam makan di pagi hari. Salah satunya adalah mudah stress di tempat kerja.

Ternyara sarapan memiliki efek positif terhadap kortisol, yaitu salah satu hormon stress utama yg diproduksi oleh kelenjar adrenal. Kortisol sendiri memiliki banyak fungsi termasuk untuk membantu tubuh mengendalikan gula dan juga lemak untuk energi.

Bila kortisol ini digunakan secara baik oleh tubuh, maka kadar kortisol akan berada pada tingkat yg stabil sehingga Anda tak mudah merasa cemas atau pun gelisah. Selain itu pengambila keputusan penting pun akan jadi jauh lebih baik lantaran Anda bisa berpikir secara jernih.

Biasanya tingkat kortisol tertinggi seseorang adalah pada pukul 7 pagi. Karena itu jam 7 dianggap sebagia waktu yg paling tepat untuk makan sesuatu agar kadar kortisol dalam tubuh menjadi turun. Bila kadar kortisol di tubuh seseorang tetap tinggi, maka ia akan cenderung mudah cemas atau un gelisah. Terlebih bila ada tekanan yg terjadi, seperti rapat penting atau presentasi.

Pemilihan menu sarapan pun tentu menjadi bahasan yg sangat penting di sini. Anda bisa mengkombinasikan protein dan lemak baik, seperti telur dan alpukat. Kedua makanan ini diketahui bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mencegah fluktiasi gula darah.

Sarapa Teratur Bisa Membantu Diet Dan Pembentukan Massa Otot

Para ahli juga menyarkan untuk makan antara 300 hingga 500 kalori untuk sarapan pagi. Idealnya pun satu atau dua jam setelah Anda bangun tidur. Sebaiknya sarapan memang adalah masakan buatan rumah dan hindari asupan kalori yg terlalu tinggi

Bila Anda memasukkan karbohidrat dalam menu sarapan Anda, maka konsumsilah jenis glikemik rendah sepertibuah beri, roti gandum utuh, kentang atau ubi yg dikukus. Sebaiknya hindari pula kalori cair dengan tambahan gula seperti juas buah atau kopi dengan tambahan gula. Selain ternyata melanjutkan kebiasaan sarapan secara teratur juga bisa membuat Anda lebih mudah menemukan berat badan ideal Anda, terutama bila Anda tengah berusaha membentuk massa otot.

Saat Anda menahan lapar terlalu lama, tidak makan dari malam hingga pagi hari, maka tubuh Anda akan masuk ke mode perlindungan dan mulai menyimpan kalori sebanyak mungkin dengan cara memperlambat metabolisme tubuh. Bila metabolisme tubuh melambat maka tubuh menggunakan glukosa yg tersimpan di otot sebagai sumber bahan bakar cadangan yg secara efektif justru dapat membuang otot Anda.