Jangan Suka Menunda Pekerjaan!

Jangan Suka Menunda Pekerjaan!

Apakah Anda pernah menyesali sesuatu yg terjadi lantaran Anda terlalu lama menunda- nunda suatu hal. Bisa jadi berhubungan dengan pekerjaan kantor atau mungkin hubungan Anda dengan orang terdekat. Namun biasanya penyesalan ini akan berdampak besar pada diri seseorang.

Praktik menunda- nunda adalah kebiasaan yg buruk. Sama seperti perilaku buruk lainnya, kebiasaan ini sebaiknya segera Anda ubah. Caranya pun tak sulit, selama Anda benar- benar berniat untuk melakukannya.

Lakukanlah Terobosan

Langkah pertama dan besar yg harus Anda laukan adalah menghentikan kebiasaan menunda. Tepat saat ini juga. Buatlah komitmen dengan diri Anda sendiri untuk mulai melakukan hal- hal yg telah dan sedang Anda tunda selama ini.

Anda harus selalu mengingat bahwa menit ini adalah waktu terbaik bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan menunda sesuatu. Hari ini adalah waktu yg tepat untuk melangkah, bekerja dan membuka jalan menyelesaikan segala sesuatu yg tertunda.

Tujuan Harus Realistis

Tak jarang berbagai rencana bagus yg sudah Anda susun gagal begitu saja lantaran apa yg ingin Anda capai terlalu banyak dan tak realistis. Akan sangat sulit menumbuhkan motivasi bila tujuan yg ingin Anda capai terlalu tinggi dan tak masuk akal. Tujuan yg tak masuk akal inilah yg membuat semangan Anda cepat menguap.

Anda bisa menyelesaikan berbagai macam tugas bila Anda memecah tugas tersebut menjadi beberapa pekerjaan kecil yg bisa Anda selesaikan secara bertahap. Percaya atau tidak kesuksesan akan datang pada Anda bila Anda menetapkan tujuan harian yg kecil- kecil untuk mencapai tujuan yg besar berjangka panjang.

Selalu Siap Menghadapi Kesulitan

Tentu mengubah kebiasaan lama akan butuh banyak waktu dan tenaga. Karena itu jangan terlalu berharap banyak pada diri Anda. Sebaiknya Anda justru harus mengantisipasi datangnya masa- masa sulit. Agar Anda tak berkecil hati dan frustasi lantaran hasil usaha Anda tak terlihat, maka sebaiknya Anda harus menerapkan disiplin pada diri sendiri untuk tetap maju.

Anda harus memastikan diri Anda sendiri bertahan dengan komitmen yg telah Anda buat untuk menekuni berbagai macam pekerjaan dan tak lagi menundanya dengan berbagai alasan.

Prioritaskan Tanggun Jawab Dan Sasaran

Bila muncul pertimbangan bersifat negatif dadri dalam diri Anda maka segera bantahlah dan kembali luruskan tujuan yang telah Anda tetapkan di awal. Ada banyak momen di mana keadaan membuat alasan agar Anda bisa melewatkan komitmen yg sudah Anda buat.

Contohnya saja saat Anda sudah berniat untuk melakukan olahraga setiap hari. Namun pekerjaan yg menumpuk, hari yg padat, atau suasana hati yg tak baik, menciptakan segudang alasan untuk Anda agar Anda bisa melewatkan rencana yg sudah Anda tetapkan tersebut.