Jangan Gunakan Pakaian Ketat Saat Cuaca Panas

Jangan Gunakan Pakaian Ketat Saat Cuaca Panas

Beberapa orang memang lebih suka menggunakan baju ketat yg bisa memperlihatkan indahnya lekuk tubuh mereka. Namun taukah Anda, menggunakan pakaian ketat di saat cuaca yg panas dan terik memicu munculnya biang keringat? Jadi, pada saat cuaca hangat sebaiknya hindari dulu mengenakan pakaian ketat.

Penyebab utama munculnya biang keringat adalah iklim yg panas dan lembab. Hal tersebut terjadi lantaran situasi tersebut mengakibatkan aktivitas berlebihan dari kelenjar keringat pada tubuh yg kemudian pecah karena ada salurannya yg tersumbat.

Faktor- faktor penyebab sumbatan adalah perkembangbiakan bakteri, baju tertutup yg ketat dan juga bahan- bahan tebal sintetik yg membuat kita jadi gerah. Karena itu bila cuaca tengah panas dan lembab maka hal yg paling bijaksana yg bisa kita lakukan adalah dengan menghindari pengunaan baju ketat.

Biang keringat atau miliaria memang lebih sering terjadi pada saat cuaca panas berkepanjangan. Pada umumnya biang keringat ini muncul di wajah, leher, punggung atau daerah tubuh lainnya yg tertutup pakaian.

Penyebabnya pun sangat bervariasi, mulai dari pakaian yg tak mampu menyerap keringat hingga kebersihan kulit yg kurang terjaga dengan baik. Namun pencegahan bisa dilakukan dengan cara menggunakan pakaian yg longgar. Saat kita menggunakan pakaian longgar, aliran udara akan lancar dan keringat tak akan terhalang keluar dari pori- pori dan berakhir menyumbatnya.

Sangat Penting Mengganti Langsung Pakaian Yang Sudah Penuh Peluh

Selain itu, banyak orang yg juga malas berganti pakaian saat pakaian sudah mulai berkeringat. Hal ini juga sangat berbahaya bagi tubuh. Saat pakaian penuh dengan peluh maka kelembaban akan meningkat dan bisa membuat kulit jadi stress. Hal ini bahkan juga memicu datangnya jamur.

Biasanya menggunakna baju yg berkeringat terlalu lama akan membuat tubuh stress lebih lama lantaran suhu yg jadi dingin dan lembab. Hal tersebut sama saja dengan saat kita menggunakan baju yg basah dalam jangka waktu lama. Keadaan ini pun akan makin parah bila Anda berada di ruang berendingin atau ber AC.

Karena itu perubahan suhu secara mendadak ini akan membuat daya tahan tubuh jadi menurun hingga menimbulkan beberapa kondisi pada tubuh, mulai dari menggigil hingga mual. Hal ini juga berlaku untuk area selangkangan.  Bila kita malas berganti pakaian dalam saat sedang berkeringat maka resiko yg muncul adalah jamuran dan gatal- gatal. asa gatal ini disebabkan oleh infeksi jamur dan bisa juga berakibat iritasi.

Karena itu, saat cuaca tengah panas dan lembab, hindari pemakaian baju yg ketat. Di samping itu juga selalu usahakan untuk mengganti pakaian tiap berkeringat. Selain itu Anda juga harus rajin mandi dan membersihkan diri agar kulit tetap bersih  dan terhindar dari resiko jamur.

Biasanya kesalahan ini kerap terjadi setelah seseorang telah berolahraga. Seharusnya setelah kita berolahraga dan bermandikan peluh, kita harus segera berganti pakaian dan membersihkan diri. Sayangnya banyak yg lebih suka menunda- nunda hal ini dengan melakukan aktivitas lainnya. Kebiasaan ini membuat seseorang beresiko terkena infeksi jamur.