Istirahat Siang Penting Untuk Kesehatan Mental

Istirahat Siang Penting Untuk Kesehatan Mental

Banyak orang yg tak menyadari dan mengabaikan pentingnya istirahat siang bagi tubuh. Padahal istirahat siang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mental dan juga fisik seseorang. Apalagi bila Anda adalah seorang pekerja kantoran yg menghabiskan sebagian besar hari Anda di kantor.

Pada umumnya perkantoran di Indonesia memberikan waktu satu hingga dua jam untuk istirahat siang para karyawannya. Waktu ini biasanya dimanfaat para pekerja untuk makan siang atau beribadah Shalat Dzuhur.

Namun ketimbang hanya menggunakan waktu itu hanya untuk sekedar makan dan beribadah, sebaiknya gunakan istirahat siang dengan maksimal. Saat kesehatan mental terjaga maka prestasi kantor pun akan tetap terjaga. Jangan pernah istirahat siang sambil bekerja, karena justru performa Anda bisa terganggu.

Sayangnya banyak orang yg justru menghabiskan waktu istirahat siang mereka dengan tergesa- gesa dan pikiran masih berada pada pekerjaan. Ini adalah cara yg sangat salah dalam memanfaatkan istirahat siang yg singkat namun sangat bermanfaat tersebut.

Beberapa waktu lalu dilakukans sebuah penelitian terkait dengan kebiasaan para pekerja saat mereka menjalani istirahat siang. Para peneliti menemukan fakta bahwa rata- rata para pekerja hanya menikmati sekitar 34 menit dari 1 jam waktu yg diberikan perusahaan untuk istirahat. Kebanyakan dari pekerja ini mengaku mereka hanya menggunkan istirahat siang untuk makan saja. Padahal tindakan ini sangat merugikan bagi mereka.

Dengan hanya menikmati waktu istirahat selama 34 menit itu artinya mereka menyia-nyiakan 26 menit lainnya. Sisa waktu 26 menit tersebut ternyata mereka gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dan bukannya menikmati waktu istirahat yg diberikan. Padahal ini adalah suatu kerugian besar bagi para pekerja lantaran mereka menambah jam kerja mereka secara suka rela dan tanpa di bayar. Dengan tambahan waktu bekerja 26 menit, artinya mereka bekerja ekstra sebanyak 6.032 menit atau kurang lebih 12 hari. Padahal bila dikonversikan sebagai cuti, maka ada banyak hal yg bisa Anda lakukan.

Dengan Istirahat Yang Berkualitas, Produktivitas Akan Terjaga

Namun para pekerja sebenarnya tak bisa terlalu disalahkan dengan tidak efektifnya waktu istirahat ini. Kadang para pekerja merasa tertekan untuk mengurangi waktu istirahat lantaran tuntutan pekerjaan. Beberapa pekerja juga mengaku tak memiliki ruang untuk bersantai dan memanfaatkan waktu istirahat mereka.

Berdasarkan survei yg dilakukan pada 2,000 orang pekerja, di dapatkan hasil bahwa 12 persen diantaranya merasa harus istirahat sambil bekerja. Sementara 32 persen lainnya mengaku keberadaan area tenang akan membantu mereka untuk melarikan diri sejenak dari pekerjaan dan beristirahat.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan betapa pentingnya memanfaatkan istirahat siang dengan maksimal. Walau terdengar sepele, istirahat yg terbilang singkat ini bisa membahayakan kesehatan mental lantaran membuat para pekerja makin stress dengan pekerjaan mereka. Hal ini tentu tak baik pula untuk performa karir lantaran bisa mencegah Anda untuk berkonsentrasi hingga produktivitas pun jadi menurun.

Sebaiknya perusahaan pun memberikan dukungan untuk budaya istirahat siang ini. Dengan begitu mereka bisa meningkatkan kesejahteraan para pekerja. Efeknya pun tentu akan sangat baik bagi perusahaan. Dengan lingkungan kerja yg senang, bahagia dan sehat tentu produktivitas para pekerja juga akan meningkat.

Karena itu mulai sekarang nikmatilah istirahat siang Anda dengan maksimal. Bila butuh waktu sekitar 40 menit untuk makan dan beribadah, gunakan 20 menit sisanya untuk membuat pikiran dan tubuh jadi rlleks. Hal ini bisa dilakukan dengan mendengarkan musik menonton film atau drama kesukaan, membaca buku, melakukan olahraga ringan hingga berbincang santai dengan teman.