Interval Training Membantu Anda Menurunkan Berat Badan Dan Lebih Sehat

Interval Training Membantu Anda Menurunkan Berat Badan Dan Lebih Sehat

Tentu sangat menyebalkan saat Anda sudah menjalani diet ketat, namun berat badan tak kunjung turun. Mengatur pola makan memang adalah bagian terpenting dari proses menurunkan berat badan. Akan tetapi membatasi porsi makan saja tak akan cukup. Anda juga harus melakukan olahraga bila ingin mendapatkan hasil yg maksimal.

Pernahkan Anda mendengarkan interval training. Olahraga yg satu ini bisa membuat Anda awet muda, dan juga baik untuk menguatkan otot tanpa perlu menghabiskan waktu selama berjam- jam. Walau dilakukan dalam waktu singkat, akan tetapi hasilnya akan setara dengan latihan olahraga pada umumnya.

Interval training adalah olahraga dengan intensitas yg tinggi dalam waktu pendek dan diulang- ulang. Sebagai contoh, lari secepat mungkin dalam waktu satu menit dan berjalan selama dua menit. Ulangilah hal ini selama lima kali berturut- turut hingga total Anda lari dalah sebanyak lima belas menit. Anda juga bisa melakukan interval training dengan metode latihan yg lain termasuk  berlari, berenang, bersepeda dan juga aerobik.

Menurut penelitian interval training memiliki dampak yg besar ke tubuh, khususnya persendian hingga fungsi organ- organ lainnya seperti jantung. Latihan ini pun aman dlakukan bagi orang yg berpengalaman seperti atlet atau pun pemula. Keduanya juga sama- sama mendapatkan manfaat dari melakukan interval training.

Lantas Apa Manfaat Inteval Training?

Membakar Kalori Dan Lemak

Latihan ini bisa membantu Anda membakar kalori dan lemak. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa interval training selama 15 menit lebih membakar banyak kalori dadripada melakukan treadmill selama satu jam.

Bila Anda ruti dan konsisten dalam melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, maka Akan meningkatkan kapasitas tubuh untuk berlatih lebih keras, sehingga akan makin banyak pula kalori yg Akan terbakar.

Meningkatkan Kapasitas Aerobik Dan Daya Tahan Tubuh

Seiring dengan peningkatan kebugaran tubuh Anda, Anda akan bisa berolahraga lebih lama tau dengan intensitas yg lebih tinggi.

Meningkatkan Metabolisme

Interval training membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak oksoken. Kelebihan jumlah oksigen yg didapatkan membantuAnda meningkatkan laju metabolisme dari sekotar 90 menit hingga 144 menti setelah sesi interval training.

Dengan begitu peningkatan metabolisme membantu membakar lebih banyak kalori pada tingkat yg lebih cepat.

Tak Membutuhkan Peralatan Khusus

Lebih Efisien Dari Segi Tempat Dan Waktu

Membuat Jantung Lebih Sehat

 

Tips Melakukan Interval Training

Pilihlah Tipe Latihan Yang Anda Sukai

Bila Anda tak suka berlari, maka tak usah memasukkan lari dalam rutinitas interval training Anda. Memaksakan berolahraga dengan rutinitas yg Anda tak sukai hanya akan membuat Anda cepat menyerah dan tak menikmati prosesnya.

Berilah Tubuh Anda Nutrisi Yang Cukup

Memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yg cukup sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Memulai interval training dengan perut kosong adalah pilihan yg salah. Olahraga ini sendiri membutuhkan energi yg cukup dan performa yg optimal. Oleh karena itu sebelum Anda memulai interval training sebaiknya makan terlebih dahulu.

Sesuaikan Dengan Kemampuan Anda

Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan interval training bila tubuh Anda merasa kelelahan. Lebih baik lakukan latiah yg stabil dan memiliki intensitas rendah atau istirahat saja dulu.