Hubungan Video Game Dan Seks Menurut Para Ahli

Hubungan Video Game Dan Seks Menurut Para Ahli

Ada cukup banyak penelitian yg membuktikan bahwa bermain video game memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Namun ternyata diantara banyaknya dampak buruk video game, kegiatan ini juga memiliki manfaat.

Beberapa waktu kita sempat membahas mengenai manfaat video game pada waktu istirahat siang untuk mengembalikan fokus dan melepaskan stress di kantor. Penelitian terbaru juga menemukan fakta bahwa ternyata bermain video game bisa bermanfaat baik bagi kesehatan seksual pria.

Penelitian ini membuktikan bahwa bermain video game bisa mencegah ejakulasi dini akan tetapi di sisi lain juga memiliki potensi menurunkan gairah seksual pria. Hasil ini didapatkan dari penelitian yg dilakukan pada 600 orang pria yg berada pada rentang usia 16 hingga 50 tahun.

Dari para peserta ini diketahui bahwa pria yg suka main game setidaknya satu jam dalma sehari ternyata bisa menghindari masalah ejakulasi dini. Akan tetapi sayangnya di sisi lain efek dari bermain video game pada pria juga bisa menjadi tak baik.

Saat seorang pria terlalu suka bermain video game gairah seksual dan libido mereka juga akan terpengaruh dan menjadi lebih rendah. Para peneliti pun berpendapat bahwa video game memang memiliki hubungan dengan performa seksual pria, terutama respon ejakulasi dan gairah yg menurun untuk berhubungan intim.

Lantas kenapa hal ini bisa saling berhubungan? Peneliti yg meneliti hal ini menyimpulkan bahwa dorongan seks bisa menurun pada orang yg suka main game lantaran hormon dopamin yg berlebihan. Hormon dopamin sendiri biasanya akan keluar saat pria bermain video game dan orgasme.

Karena itu peneliti beranggapan bahwa tubuh yg memproduksi dopamin dalam jumlah besar saat bermain video game bisa mengakibatkan seseorang memiliki gairah seksual yg lebih rendah. Soalnya saat mereka bermain game mereka sudah mengeluarkan hormon dopamin dalam jumlah banyak.

Hanya saja penelitian ini masih dianggap belum benar- benar final dan dinilai masih belum mendapatkan fakta yg lebih dalam mengenai hubungan antara seksualitas seorang pria dengan kebiasaan mereka dalam bermain video game.

Video Game Tak Selalu Berdampak Buruk

Seperti yg sudah kita bahas di atas, video game tak selalu berdampak buruk bagi kesehatan. Soalnya ternyata video game terbukti bisa membantu memperbaiki proses kerja otak dan juga fungsi koognitif seseorang, selama tak dilakukan secara berlebihan dan tak tau waktu.

Pada saat Anda bermain video game, Anda dituntut untuk fokus pada target yg bergerak cepat atau pun mengharuskan Anda untuk membuat keputusan dalam waktu singkat. Karena itu pada akhirnya bermain video game justru bisa melatih dan memperkuat fungsi koognitif otak.

Beberapa jenis permainan yg bukan video game memang terbukti bisa membuat pemain tetap fokus dan berpikir tajam. Contohnya sudoko atau teka teki silang. Namun hingga saat ini juga masih belum penelitian ilmiah yg memastikan analisa ini. Akan tetapi para peneliti terus mencari hubungan positif antara permainan dengan kesehatan mental dan otak seseorang.

Walau begitu, para ahli dan pakar kesehatan tetap menyarankan Anda untuk membatasi kebiasaan bermain game apalagi game yg menuntut Anda untuk duduk diam dalam waktu yg lama. Bermain game terlalu lama dan membuat tubuh tak banyak bergerak tentu tak akan baik bagi kesehatan. Karena dengan tubuh yg aktif, Anda