Hindari Sengatan Lebah Dengan Cara Ini

HIndari Sengatan Lebah Dengan Cara Ini

Tentu akan sangat menyenangkan bila kita bisa mengisi akhir pekan dengan piknik di luar ruangan. Selain menyenangkan kegiatan ini juga terbukti sangat menyehatkan. Akan tetapi karena kita tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia, piknik di luar ruangan bisa jadi kegiatan yg cukup beresiko terutama masalah serangga yg berkeliaran, termasuk lebah yg suka menyengat.

Bila Anda melakukan kegiatan di luar ruangan, apalagi di taman dengan banyak bunga, tentu Anda akan bertemu setidaknya satu kali dengan lebah. Hewan penghasil madu ini cukup menakutkan lantaran memiliki bisa yg bisa menimbulkan rasa sakit pada orang yg terkena sengatnya. Karena itu tentu Anda tak ingin lebah tiba- tiba menganggu piknik Anda.

Nah, kami memiliki beberapa tips yg bisa Anda lakukan agar lebah dan teman- temannya tak menganggu piknik Anda.

Jangan Terlalu Wangi

Siapa yg tak suka dengan aroma wangi? Ternyata bukan hanya manusia saja yg suka dengan wewangian. Ternyata lebah juga suka sekali dengan wangi- wangian seperti bunga. Karena itu bila Anda menggunakan krim atau pun wawangian yg beraroma bunga, maka serangga- serangga akan mendekat lantaran mengira ada bunga di sekitar Anda. Sebaiknya bila Anda akan melakukan aktivitas luar ruangan, gunakanlah wewangian beraroma netral.

Bahkan Anda bisa memakan bawang putih yg terbukti membuat nyamuk dan serangga lain menyingkir dari Anda lantaran tubuh mengeluarkan bau tak sedap. Sayangnya cara ini berpotensi membuat teman- teman Anda juga tak ingin berdekatan dengan Anda.

Hindari Pakaian Berwarna Mencolok

Bunga biasanya juga memiliki warna yg cerah dan mencolok di samping wanginya yg harum. Karena itu saat Anda mengenakan pakaian atau aksesoris dengan warna atau corak yg ramai, maka lebah akan mengira Anda sebagai sekumpulan bunga.

Karena itu, bila Anda tak ingin jadi perhatian para serangga sebaiknya gunakalah warna- warna yg lebih redup. Namun jangan gunakan hitam karena biasanya Anda akan jadi sasaran nyamuk.

Perhatikan Makanan Serta Minuman Yang Anda Bawa

Kebanyakan serangga memang menyukai dan tertarik pada makanan serta minuman manis. Lebah juga akan sangat tertarik pada minuman bergula yg Anda bawa. Karena itu simpanlah bekal Anda dalam wadah tertutup sehingga tak menarik perhatian mereka.

Gunakan Selalu Alas Kaki

Ada banyak serangga yang tinggal di permukaan tanah. Bila Anda tanpa sengaja menginjak sarang atau menganggu aktivitas mereka dengan kaki telanjang maka sudah pasti Anda akan mendapatkan hadiah sengatan atau gigitan. Karena itu sebaiknya saat melakukan aktivitas luar ruangan, selalu gunakan sepatu.

Bersikap Tenang

Bila lebah atau jenis serangga lainnya terlihat mendekati Anda, maka cara terbaik yg Anda lakukan adalah tetap bersikap tenang. Gerakan menghalau atau kepanikan berlebihan justru akan membuat hewan ini lebih agresif. Karena itu sebaiknya menyingkirlah dengan tenang.

Gunakan Lotion Anti Serangga

Anda bisa mendapatkan lotion semacam ini dengan mudah d pasaran. Memang biasanya minyak atau lotion seperti ini ditujukan untuk mengusir nyamuk. Akan tetapi ternyata beberapa jenis bisa mengusi serangga lain juga.