Ernesto Valverde Pelatih Baru Barcelona

Ernesto Valverde mantan pelatih Athletic Bilbao ditunjuk oleh raksasa Spanyol Barcelona untuk melatih tim Blaugrana yang akan menggantikan Luis Enrique rencana pergi di akhir musim ini.

Sebelumnya Valverde bergabung dengan Barcelona, pria kelahiran Spanyol ini melatih klub La Liga yaitu Athletic Bilbao selama empat tahun dan dia kini diberikan kontrak selama dua tahun. Rencana Valverde akan diumumkan dan diperkenalkan kepada semua pendukung Barca dan media televisi pada hari kamis ini.

Presiden Barcelona yaitu Josep Maria Bartomeu menyebutkan pria berumur 53 tahun ini memiliki pengalaman tinggi, kemampuan dan penilaian. Sepanjang dia melatih selalu mengangkat pemain muda untuk tampil dan bisa disebut dia mengikuti gaya permainan Blaugrana.

Jika kita lihat dari sejarah Valverde pernah membela Barcelona pada era tahun 1988-1990 yang saat itu dipimpin oleh Johan Cruyff jadi tidak asing lagi sosok Valverde datang ke stadion Nou Champ. Valverde memulai sebagai pelatih pada tahun 2002 melatih Bilbao kemudian pindah ke klub Espanyol dimana sempat dibawa menjadi finalis Liga Europa walau lima tahun dan Villarreal serta Valencia. Dia pun pernah menjelajahi Liga Yunani melatih Olympiakos dan membawa trofi sebanyak lima kali.

Ernesto Valverde Pelatih Baru Barcelona

Ernesto Valverde Dan Pemain Muda Barcelona

Ernesto Valverde kini sudah dinobatkan sebagai pelatih Barcelona, misinya di Blaugrana sangat erat bersamaan kebijaksaan pemain muda yang berlatih di klub tersebut.

Pelatih kelahiran Spanyol ini sebelum datang ke Stadion Nou Camp, dia melatih tim Athletic Bilbao selama empat musim lalu dia mengumumkan kepindahannya pada pekan lalu kepada semua penggemar dan pemain Bilbao.

Urusan mempromosikan para pemain muda yang memiliki talenta besar itu merupakan tanggung jawab Valverde tetapi sebelum bicara terlalu jauh mendingan kita melihat awal mula karier dia berkembang.

Perjalanan Ernesto Valverde

Setelah mencari sejarah Valverde situs indrawan.net menceritakan bahwa dulu dia adalah seorang ujung tombak alias penyerang bermain di Alaves & Sestao yang sebelumnnya berseragam Espanyol selama dua musim. Pada usia 24 tahun lalu ia bergabung bersama Barcelona tahun 1988 dalam penampilan sebanyak 22 laga mencetak delapan gol tidak berapa mengalami cedera sehingga membuat dia harus pindah ke Athletic Bilbao. Dalam enam musim bermain di klub Bilbao tertulis dari 170 laga mampu mencetak 44 gol dan akhirnya di tahun 1997 dia mengambil keputusan untuk pensiun.

Lalu Valverde balik ke Bilbao untuk melatih tim junior, dari situ mulai membuka jalan sampai dipercayakan melatih tim utama musim 2003-2004 selama dua musim hanya mampu mengantar posisi kesembilan klasemen dia pun akhir mengundurkan diri. Setahun kemudian dia menjadi manajer Espanyol sehingga mencuri perhatian dikarenakan membawa tim tersebut hingga final Piala Europa.

Selanjutnya dia berpindah lagi dari negara menuju Liga Yunani untuk menangani Olympiakos dan langsung mempersembahkan beberapa gelar juara dalam dua periode (2008-2009 dan 2010-2012). Tak lama kemudian ia balik lagi ke negeri matador melatih Valencia di bulan Desember dan yang akhir menangani Athletic Bilbao tahun 2013 Juni.