Ciuman Tak Hanya Menyenangkan, Tapi Juga Bermanfaat

Ciuman Tak Hanya Menyenangkan, Tapi Juga Bermanfaat

Berciuman dengan pasangan tentu membuat kita merasa senang dan bahagia. Berciuman juga menunjukkan rasa cinta dan keintiman hubungan dengan pasangan. Namun ternyata berciuman juga memiliki banyak manfaat bagus lainnya bagi kesehatan di samping perasaan senang dan bahagia.

Memperbaiki Suasana Hati

Saat suasana hati yang buruk, berciumanlah dengan pasangan Anda. Maka seketika suasana hati Anda akan jauh lebih baik dan mood pun membaik. Berciuman diketahui bisa meningkatkan kadar oksitoksin, sebuah zat kimia di otak yg berhubungan dengan rasa percaya dan juga ikatan.

Sebuah eksperimen yg dilakukan pada pasangan yg berciumana selama 15 menit menunjukkan adanya penambahan besar dari zat kimia tersebut. Sementara itu dalam tes lain penelitit juga menguji sekelompok orang yg berpegangan tangan. Pada pasangan ini juga tampak adanya perubahan kadar oksitoksin namun jumlahnya jauh lebih sedikit.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mungkin terdengar agak ironis. Namun ternyata penelitian membuktikan bahwa dengan bersatunya air liur Anda dengan pasangan bisa mencegah Anda terserang berbagai macam penyakit. Pada sebuah studi ditemukan bahwa pasangan yg sering bercumum sebenarnya saling berbagi mikrobiota saliva yg memaksa tubuh untuk membuat antibodi untuk melawan bakteri asing.

Namun Anda perlu mengingat bahwa walau berciuaman bisa jadi suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh, bukan berarti ciuman bisa mencegah penyakit. Sebagai informasi, pada saat Anda berciumana selama 10 detik, sekitar 80 juta bakteri ditransfer ke mulut Anda.

Mengenali Pasangan Idaman

Sebuah ciuman bisa memberitahukan Anda lebih jauh mengenai tipe pasangan yg jadi indaman Anda. Dengan ciuman Anda bisa mendapatkan pelajaran besar mengenai siapa yg akan menjadi pasangan Anda. Lewat ciumana pertama Anda bisa melihat, mencium, mengecap, mendengar dan merasakan pasangan Anda dengan lebih baik.

Setelah itu pesan yg muncul dari perassan Anda akan sampai ke otak. Pesan itu memberikan informasi mengenai kesehatan pasangan Anda. Mulai dari apa yg mereka makan, mereka minum dan kebiasaan merokok serta keadaan pikirannya. Bahkan hingga rasa takut hingga ketenangannya.

Membakar Kalori

Seperti yg sudah kita sama-sama ketahui, seks bisa membakar kalori cukup banyak. Ternyata ciuman juga memiliki efek yg sama. Kecupan kecil menggerakan beberapa otot, maka pelukan penuh gairah dapat menggunakan hingga 34 otot wajah dan bisa membakar 26 kalori per menitnya.

Sarana Melepas Stres

Saat pekerjaan membebani pikiran Anda dan berbagai masalah lain membuat keadaan makin berat, tenut tingkat stress juga akan naik secara drastis. Pada saat seperti ini Anda membutuhkan ciuman romantis.

Berciuman diketahui bisa mengurangi hormon stres, atau kortisol. Sementara itu di sisi lain, stres mungkin mendorong kita untuk berciumana lebih sering demi menguatkan hubungan dengan asangan.

Menurunkan Demam

Saat Anda menderita demam tinggi, ciuman bisa jadi salah satu pilihan untuk menurunkan suhu tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa saat pasien yg menderita dermatitis atopik atau rhinitis alergi melakukan sesi 30 menit ciuman, gejala penyakit mereka termasuk gatal- gatal dan kadar neurotropi plasma jadi mereda.