Duka Atas Meninggalnya Julia Perez

Duka mendalam atas kepergian Julia Perez, seorang artis dan penyanyi yang memulai karirnya di sinetron tahun 2002. Seperti yang dikanarkan oleh banyak sumber bahwa Julia Perez meninggal dunia di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo pada hari Sabtu, 10 Juni 2017 pada pukul 11.12 pagi. Jenazahnya sudah dimakamkan pada Sabtu sore di daerah Cibubur. Kabar meninggalnya Julia Perez pertama kali disebarkan oleh adiknya bernama Anggi di akun media social instagramnya. Setelah itu, banyak para rekan sesame artis dan keluarga yang mengucapkan belasungkawa serupa.

Julia Perez meninggal akibat penyakit kanker serviks stadium lanjut. Ia pertama kali di deteksi kanker pada tahun 2014. Namun pada saat itu kankernya baru stadium 2A. Tak lama setelah itu, Julia Perez memutuskan untuk berobat ke Singapura dan dinyatakan sembuh. Namun lagi-lagi pada tahun 2016, dirinya drop kembali dan harus menjalani perawatan di rumah sakit hingga berkali-kali dan pada akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu kemarin.             Rekan-rekan seprofesi mengaku sangat shock dan kaget mendengar berita kepergian Julia Perez.

            “Dia orangnya kuat banget. Kalo saya ada masalah dia selalu yang khawatir bukan saya. Saya juga salut sama semangat hidupnya.” kata Indra Bekti rekan sesame artis di pemakaman pada sabtu sore.

Selain Indra Bekti, nampak juga Ruben Onsu yang terlihat sangat terpukul dengan kepergian sahabat yang paling dicintainya. Ruben Onsu sendiri memang dikenal bersahabat karib dengan almarhum. Dibeberapa postingan foto Instagram Ruben maupun Julia Perez nampak sekali menunjukan kasih sayang seorang sahabat.

            “Saya shock. Bener. Nggak bisa ngomong apa-apa. Saya sayang sama dia( almarhum) Tapi sekarang dia sudah nggak sakit lagi. Kita doakan yang baik-baik ya buat dia.” kata Ruben di pemakaman Julia Perez.

Banyak para rekan-rekan artis yang juga mengungkapkan kesedihan mendalam atas kepergian Julia perez seperti Eko Patrio, Luna Maya, Ayu Ting-ting, Jesika Iskandar, dan masih banyak lagi.

Dibalik kesedihan seluruh rekan-rekan seprofesi, ada orang yang paling terpukul atas kepergian almarhum yaitu adiknya, Anggi. Beberapa foto instagramnya menungkapkan isi hatinya terhadap kakaknya. Ia ingin kakanya lekas sembuh seperti sedia kala. Kemarin Anggi dalam akunya @AnggiThePerez mengungkapkan bagaimana kronologi sang kakak menghembuskan nafas terakhirnya.

Sedikit bercerita dipagi ini kronologis sblm almarhumah meninggal: ceritanya bangun pagi Kak Yuli minta dibukakan semua jendela2 kamar, dia nanya ke aku kita dimana skrg, aku jawab kita skrg udh dikamar rawat udh gak di ruang ICU lagi. Aku genggam tangan dia dan blg hey operasinya berjalan lancar dan kamu akan baik2 saja. Terus dia menganggukan kepala dan minta diambilkan air putih, pas aku check hp ruben onsu kirim chat reminder utk dtg ke pesta ultah anaknya, Thalia. Aku pikir saat itu lebih baik aku dtg menghadiri walaupun cuma sbntr saja, krn kmrn aku janji ke ruben mau dtg jenguk wenda yg dirawat sakit pun gak sempat datang krn hari itu pas kk Yuli masuk ruang operasi dan masuk ruang icu , aku sibuk bolak balik ngurusin segala keperluan kak Yuli masuk ICU dan sibuk mondar mandir diskusi dng dokter2 disaat operasi berlangsung. Setelah siap pergi aku sempatin foto ini dulu sblm pergi, krn melihat kak Yuli lagi tidur jd aku gak mau bangunin. Aku sengaja foto biar saat dia bangun nanti aku bisa tunjukin ke dia kalo sblm pergi aku berdoa dulu utk beliau. Ternyata tidak disangka … bahwa difoto ini kemungkinan beliau sudah menghembuskan nafas terakhirnya😭😭😭😭😭😭😭 I LOVE YOU YULI❤️😭

Semoga amal ibadah dan kebaikan almarhum dapat diterima di SisiNYA. Amin.

Samyang Akan Dicabut Izin Edarnya di Indonesia

Samyang adalah mie instan asal Korea Selatan yang cukup terkenal di Indonesia. Mie yang memiliki cita rasa pedas super ini serta porsi dua kali lipat lebih banyak beberapa waktu lalu bahkan sempat membuat masyarakat Indonesia mencoba challenge makan samyang tanpa minum. Video-video tersebut juga diunggah di media sosial seperti Instagram dan juga untuk keperluan v-log di Youtube. Mie samyang ini beberapa di antaranya memang beredar dengan label halal, namum ada juga yang tidak.

Apa itu BPOM?

BPOM atau Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan merupakan sebuah lembaga yang bertugas untuk mengawasi makanan dan obat-obatan yang beredar di Indonesia, termasuk peredaran Samyang ini. Tugas dan fungsinya mirip dengan Food and Drug Administration (FDA) yang ada di Amerika Serikat. Badan POM sendiri beroperasi di bawah koordinasi Menteri Kesehatan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 103 tahun 2001

Fungsi BPOM

Sebagai pengawas, BPOM memiliki sedikitnya 7 fungsi terkait obat-obatan dan makanan yang beredar di Indonesia, di antaranya:

  1. BPOM memiliki fungsi pengaturan, regulasi dan standarisasi terhadap obat-obatan dan makanan di Indonesia
  2. Memberikan lisensi dan sertifikasi di bidang farmasi berdasarkan Cara-cara Produksi yang Baik
  3. Mengevaluasi produk sebelum diberikan izin beredar
  4. Post Marketing Vigilance termasuk sampling dan pengujian laboratorium, pemeriksaan sarana produksi dan distribusi, penyidikan dan penegakan hukum.
  5. Pre audit dan pasca audit iklan dan promosi produk
  6. Melakukan riset terhadap pelaksanaan pengawasan obat dan makanan
  7. Komunikasi, informasi dan edukasi publik termasuk peringatan publik

Pada tanggal 15 Juni 2017, BPOM mengeluarkan Surat Perintah Penarikan Mi Instan Asal Korea untuk varian rasa samyang yang sedang beredar di Indonesia. Mi instan tersebut berdasarkan hasil uji ternyata memiliki fragmen DNA babi namun tidak mencantumkan peringatan pada kemasannya. Mi instan tersebut adalah:

U-Dong

Samyang

Kimchi Ramen

Samyang

Yeul Ramen

Samyang

Shin Ramyun Black

Samyang

Julia Perez Meninggal Dunia

Julia Perez (36) atau yang akrab disapa Jupe adalah salah satu aktris, penyanyi dangdut, model, dan pelawak yang sangat terkenal di Indonesia. Tampil dengan image sexy, wanita kelahiran Jakarta, 5 Juli 1980 dengan nama lengkap Julia Rachmawati ini sudah cukup lama menghibur masyarakat Indonesia dalam dunia entertainment. Julia Perez mengawali karirnya dengan latihan sebagai sekretaris yang kemudian membuatnya mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Belanda. Di sanax ia bertemu dengan Damian Perez atau Yusuf Perez yang juga merupakan seorang model. Perkenalan keduanya tak urung memberikan kesempatan baru bagi Jupe untuk tampil sebagai model dalam majalah Maxim dan FHM milik Perancis. Kesempatan yang membuatnya juga berhasil masuk nominasi 100 perempuan terseksi versi kedua majalah tersebut. Tak hanya itu, Jupe juga tampil dalam beberapa film Indonesia, di antaranya: Cinta Lokasi, Mimpi Manis, Perempuan Teraniaya, dan lain-lain.

Julia Perez kemudian terjun dalam industri musik dangdut pada bulan April 2008 dengan album pertama berjudul Kamasutra dengan “goyang blender” sebagai goyang andalan lagu tersebut. Di tahun 2009, mantan istri pesepakbola Gaston Castani ini pun sudah mulai merambah dunia bisnis di antaranya dalam bisnis batu bara dan juga restoran cepat saji. Namun, baru-baru saja, tepatnya tanggal 10 Juni 2017 atau bertepatan dengan 15 Ramadhan 1438 H, Julia Perez meninggal di RS. Dr. Cipto Mangunkusmo karena kanker mulut rahim stadium 4.

Julia Perez

 

Apa itu Kanker Mulut Rahim?

Kanker mulut rahim atau kanker serviks adalah kanker yang menggerogoti para wanita. Kanker ini adalah kanker yang hidup di leher/mulut rahim wanita yang berfungsi sebagai jalan menuju rahim dari vagina. Kanker serviks dapat menyerang wanita dari berbagai usia tapi pada umumnya pada wanita yang tergolong aktif dalam kegiatan seksual.

Gejala Kanker Serviks

Untuk tahap awal, kanker serviks tidak memiliki gejala.  Gejala umum yang terjadi adalah pendarahan pasca berhubungan seks atau setelah menopause.

Penyebab Utama Kanker Serviks

Penyebab utama kanker serviks hampir semua oleh human papillomaviru (HPV) yang merupakan kumpulan virus yang dapat menyebabkan kutil di tangan, kaki, dan alat kelamin. Sebagian besar virus ini tidak berbahaya namun beberapa virus yang menyerang sel-sel rahim sehingga tidak bisa berfungsi secara normal dapat memicu kanker. Umunya, HPV ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menjadi pemicu munculnya kanker.

Ada dunia jenis HPV yang paling berbahaya yakni HPV 16 dan HPV 18. 70% kedua virus ini adalah penyebab utama seorang wanita menderita kanker serviks. Yang perlu disadari adalah infeksi ini sering terjadi pada wanita walau tidak semua menderits kanker serviks.

Screening sebagai Pencegahan Kanker Serviks

Screening atau papa smear dapat dilakukan untuk mencegah kanker serviks. Screening dapat dilakukan untuk membantu mendeteksi jika ada sel-sel abnormal yang sedang berkembang dalam rahim dan dapat memicu munculnya kanker.

Tes ini dapat dilakukan bukan untuk mendiagnosa apakah seorang wanita menderita kanker atau tidak namun dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan dengan memonitor apakah ada sel abnormal yang sedang tumbuh dan berkembang sehingga kanker serviks dapat dicegah secara maksimal. Tes ini sangat disarankan bagi wanita berusia 25-49 tahun yang sudah aktif secara seksual agar dilakukan setial tiga tahun sekali. Sementara pada wanita rentang usia 50-64 tahun dapat dilakukan lima tahun sekali

Pengobatan Kanker Serviks

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengobatan kanker serviks. Pada tahap awal, operasi dapat dilakukan untuk mengangkat serviks pada rahim. Namun, dalam kondisi yang lebih serius, histerektomi atau pengangkatan rahim harus dilakukan.

Jika sudah memasuki tahap stadium awal maka prosedur radio terapi berdampingan dengan operasi adalah hal yang dapat dilakukan. Namun, jika pada tahap stadium lanjut maka readioterapi akan didampingi oleh kemoterapi. Beberapa penanganan dapat memberikan efek yang berkepanjangan seperti menopause dan kemandulan.

Majelis Ulama Indonesia Keluarkan Fakta tentang Bersosial Media

Majelis Ulama Indonesia atau yang lebih dikenal dengan singkatannya, MUI, adalah suatu lembaga di Indonesia yang mewadahi para ulama, zu’ama, dan cendekiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi kau Muslimin di Indonesia. MUI didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Rajab 1395 Hijriah atau setara dengan tanggal 26 Juli 1975 kalender masehi, dengan tujuan untuk membantu pemerintah dalam melakukan/memutuskan hal-hal berkaitan dengan umat Islam, seperti mengeluarkan fatwa halal/haramnya suatu makanan, penentuan kebenaran suatu aliran agama Islam, dan hal-hal terkait hubungan penganut agama Islam dengan lingkungannya. Kantor pusat MUI terletak di Jl. Proklamasi No. 51, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Majelis Ulama Indonesia

 

Pengertian dan Sejarah MUI

MUI didirikan sebagai hasil pertemuan musyawarah para ulama, zu’ama, cendekiawan Islam yang berasal dari 26 provinsi untuk mewakili tiap provinsi di Indonesia pada masa itu serta 10 orang ulama yang berasal dari ormas-ormas Islam tingkat pusat, yakni: NU (Nahdatul Ulama), Muhammadiyah, Syarikat Islam, Perti, GUPPI, PTDI, DMI, Al Ittihadiyyah, Al Washliyah dan Math’laul Anwar. Selain itu, juga ada 4 ulama dari Dinas Rohani Islam, Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara serta POLRI dan 13 tokoh cendekiawan yang merupakan tokoh perorangan. Hasil dari musyawarah tersebut adalah kesepakatan untuk membentuk wadah atau tempat musyawarah bagi para ulama, zu’ama dan cendekiawan Muslim yang kemudian dituangkan dalam Piagam Berdirinya MUI dan ditandatangani oleh seluruh peserta musyawarah. Musyawarah tersebut sendiri diberi nama Musyawarah Nasional Ulama I.

Peran MUI di Indonesia

Sedikitnya ada 7 peran penting Majelis Ulama Indonesia, yakni:

  1. Sebagai pengawal bagi umat/penganut agama Islam
  2. Sebagai pemberi edukasi dan pembimbing bagi umat/penganut agama Islam
  3. Sebagai penjaring kader-kader (MUI) yang lebih baik
  4. Sebagai pemberi solusi masalah keagamaan di dunia internasional
  5. Sebagai perumus konsep pendidikan Islam
  6. Sebagai pengawal konten dalam media massa
  7. Sebagai organisasi yang menjalankan kerjasama dengan organisasi keagamaan

Fatwa MUI

Kata fatwa masih serumpun dengan kata petuah dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Arab, fatwa berarti istilah mengenai tafsiran atau pendapat suatu masalag yang berkaitan dengan hukum Islam, yang artinya adalah nasihat, jawaban, petuah atau pendapat. Jadi, fatwa MUI adalah keputusan atau nasihat resmi yang diambil oleh sebuah lembaga perorangan yang diakui otoritasnya, disampaikan oleh seorang mufti atau ulama sebagai jawaban atau tanggapan terhadap pernyataan yang diajukan oleh peminta fatwa yang tidak memiliki keterikatan dengan lembaga tersebut.

Fatwa-fatwa MUI tidak hanya dikeluarkan begitu saja, namun didasarkan pada Pedoman Penetapan Fatwa Majelis Ulama Indonesia NO-596/MUI/X/1997 yang dituangkan pada pasal 2 yang berbunyi:

  1. Setiap Keputusan Fatwa harus mempunyai dasar atas Kitabullah dan Sunnah Rasul yang mu’tabarah, serta tidak bertentangan dengan kemaslahatan umat.
  2. Jika tidak terdapat dalam Kitabullah dan Sunnah Rasul sebagaimana ditentukan pada pasal 2 ayat 1, Keputusan Fatwa hendaklah tidak bertentangan dengan ijma’, qiyas yang mu’tabar, dan dalil-dalil hukum yang lain, seperti ihtisan, maslahah mursalah, dan saddu al-dzari’ah.
  3. Sebelum pengambilan Keputusan Fatwa, hendaklah ditinjau pendapat-pendapat para Imam Mahdzab terdahulu, baik yang berhubungan dengan dalil-dalil hukum maupun yang berhubungan dengan dalil-dalil yang dipergunakan oleh pihak yang berbeda pendapat.
  4. Pandangan tenaga ahli dalam bidang masalah yang akan diambil Keputusan Fatwanya, dipertimbangkan.

Selama tahun 2017, sudah cukup banyak fatwa yang dikeluarkan MUI, beberapa di antaranya adalah tentang Perkawinan Campuran, Beristri Lebih dari Empat, Standar Kehalalan Kosmetika, Penggunaan Shellac sebagai Bahan Kosmetika, Seputar Masalah Donor Asi, Rekayasa Genetika dan Produknya dan yang paling terbaru adalah yang diluncurkan pada 5 Juni 2017 kemarin yakni tentang Fatwa Muamalah di Media Sosial atau Fatwa Bersosial Media.

Bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), MUI menggelar diskusi publik dan konferensi pers fatwa MUI dengan tema “Hukum dan Pedoman Bermualah di Media Sosial.” Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa bermuamalah di media sosial hadir oleh sebab keprihatinan MUI terhadap penggunaan media sosial saat ini yang tidak hanya mengandung unsur positif tapi juga negatif. Dan, konten negatif justru lebih sering muncul belakangan ini.

“Kebencian dan permusuhan justru marak melalui medsos itu. Kita tidak mungkin menghindari medsos, tapi bagaimana mencegah dan menghindari kerusakan “

Majelis Ulama Indonesia

Dalam fatwa ini, MUI mengeluarkan 5 hal yang haram dilakukan di sosial media, di antaranya:

  1. Setiap Muslim yang bermuamalah melalui media sosial diharamkan melakukan ghibah (membicarakan keburukan atau aib orang lain), fitnah, naminah (adu domba), dan penyebaran permusuhan.
  2. Mengharamkan aksi bullying, ujaran kebencian serta permusuhan atas dasar suku, agama, ras, atau antargolongan.
  3. Haram bagi umat Muslim menyebarkan hoaks serta informasi bohong meskipun dengan tujuan baik, seperti informasi tentang kematian orang yang masih hidup.
  4. Umat Muslim diharamkan menyebarkan materi pornografi, kemaksiatan, dan segala hal yang terlarang secara syar’i, serta menyebarkan konten yang benar tapi tidak sesuai tempat dan/atau waktunya.
  5. MUI melarang kegiatan memproduksi, menyebarkan, dan atau membuat dapat diaksesnya konten maupun informasi yang tidak benar kepada masyarakat. Juga, aktivitas buzzer di media sosial yang menyediakan informasi berisi hoaks, ghibah, fitnah, namimah, bullying, aib, gosip dan lain-lain sejenis sebagai profesi untuk memperoleh keuntungan, baik ekonomi maupun non-ekonomi, hukumnya haram.

Saya Indonesia Saya Pancasila

Saya Indonesia Saya Pancasila merupakan slogan yang menjadi hits saat menjelang peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Mei 2017. Berbagai acara dibuat dari apel bersama hingga festival maupun memposting foto dengan tema “Saya Indonesia Saya Pancasila” di berbagai sosial media.

Dengan berkembangnya isi SARA akhir-akhir ini membuat para netizen dan masyarakat melakukan postingan foto serupa. Mulai dari Presiden, Gubernur dan bahkan kalangan artis maupun rakyat biasa secara spontan melakukannya demi mendapatkan Indonesia yang damai dan tentram.

Saya Indonesia Saya Pancasila

Apa itu Pancasila ?

Pancasila merupakan dua kata yang terlihat sederhana namun selalu dijadikan mata pelajaran utama di setiap sekolah. Saat ini belum tentu setiap masyarakat yang ditanyakan apa isi dari Pancasila yang merupakan lima sila sebagai pedoman ideologi bangsa Indonesia. Rumusan dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara untuk seluruh rakyat Indonesia.

Bagi anda yang belum tau dan mengerti apa itu Pancasila ada baiknya anda melihat butir-butir Pancasila berikut.

Pancasila :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaran / perwakilan

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pancasila oleh mantan presiden RI pertama Soekarno dalam pidatonya sendiri mengemukakan dasar berbangsa dan berperi-kemanusiaan, mufakat serta demokrasi, ketuhanan dan kesejahteraan sosial.

Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa – namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

Partisipasi Artis Saya Indonesia Saya Pancasila

Beberapa artis Indonesia ikut serta dalam merayakan hari kelahiran Pancasila dan ikut memposting seruan senada Saya Indonesia Saya Pancasila pada sosial media pribadi mereka.

Sophia Latjuba

Sophia Latjuba - Saya Indonesia Saya Pancasila

Artis yang merupakan blasteran memilih melakukan postingan dengan pakaian tradisional berhiaskan wayang kulit di depannya mempost gambar tersebut di account twitter yang dimilikinya.

Saya kelahiran dari ayah berdarah  Bugis-Banyuwangi-Arab dan ibu kelahiran Jerman Austria Hongaria Yugoslavia dan Hongaria dan belahan dunia lainnya yang tidak saya ketahui tetapi saya bangga menyebut diri saya orang Indonesia. Indonesia memiliki ideologi Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dona Agnesia

Donna Agnesia - Saya Indonesia Saya Pancasila

Donna Agnesia presenter acara bola memilih menggunakan pakaian merah putih menunjukkan semangat cinta tanah air dengan memberikan hastag #sayaindonesia #sayapancasila

Tata Janeeta

Tata Janeeta Saya Indonesia Saya Pancasila

Tata Janeeta menggunakan baju hitam dengan style harajuku juga mempost hal serupa dengan hastag #sayaindonesia #sayapancasila.

Luna Maya

Luna Maya Saya Indonesia Saya Pancasila

Luna Maya tampak anggun menggunakan kebaya hijau dengan sanggul. Ungkapan yang diucapkan juga cukup frontal.

Udah ga jama lagi ngomongin SARA karena #sayaindonesia #sayapancasila #pekanpancasila.

Rossa

Rossa - Saya Indonesia Saya Pancasila

Rossa menggunakan blouse batik sederhana menampilkan kecantikan alaminya menyebutkan dirinya bangga lahir di Indonesia.

Bersyukur dilahirkan di negara tercinta ini. Negeri kaya akan cinta dan budaya. Mari kita jaga selalu negeri kita dari perpecahan teman-teman. Indahnya perdamaian… Love you all… #spreadlove #pesonaindonesia #sayaindonesia #sayapancasila #pekanpancasila.

Sandra Dewi

Sandra Dewi - Saya Indonesia Saya Pancasila

Sandra Dewi artis berusia 33 tahun juga ikut meramaikan event hari kelahiran Pancasila. Pesan singkat dan padat sesuai dengan hastag yang mereka lakukan.

Saya Sandra Dewi, Saya Indonesia.. Saya Pancasila. #pancasila #indonesia #sayapancasila #sayaindonesiasayapancasila #pekanpancasila #indonesiasatu #kamiindonesia#kamipancasila

Andienaisyah

Andienaisyah - Saya Indonesia Saya Pancasila

Andienaisyah menjadi pilihan terbaik redaksi Indrawan.net dimana terlihat Andien berfoto dengan penduduk setempat. Berbagai jenis dan kalangan yang berbeda status ekonomi terlihat di gambar tersebut menunjukkan betapa hebatnya Indonesia dan memperlihatkan kita apa arti sebenarnya dari kesatuan dan sikap toleransi yang baik.

Salah satu yang membuat saya senang sekali pergi berkeliling Indonesia adalah karena pertemuan saya dengan saudara-saudara setanah air. Kami bisa berbagi cerita, berbagi bahagia dan berbagi pengalaman.

Ahmad Dhani Sindir Netizen Soal Saya Indonesia Saya Pancasila

Seperti biasa, artis satu ini selalu melakukan hal kontroversial dibanding yang lainnya.Dia memiliki pendapat sendiri mengenai hari pancasila.

Mereka yang memposing foto Saya Indonesia Saya Pancasila adalah orang-orang baru yang mendalami Pancasila. Saya bahkan sudah ngetweet kalo jiwa Pancasilamu kurang mendalam. Maka dari itu bikinlah profil picture-nya, saya Pancasila.

Orang yang berjiwa Pancasila tidak perlu menunjukkan foto tersebut. Baginya, seorang yang memiliki jiwa Pancasila cukup menunjukkan dari sikap dan perbuatannya. Dhani mengakui sudah sejak lama menganggap Pancasila sebagai pedoman hidupnya.

Tapi saya bukan mualaf soal Pancasila, saya sudah dari dahulu Pancasila, dan Indonesia tidak pernah ada masalah dengan Pancasila.

Djarot Pekikan “Saya Indonesia, Saya Pancasila”

Djarot Saiful Hidayat menjadi Inspektur Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila di lapangan silang Monas Selatan. Djarot yang ditugaskan membacakan pidato Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa takdir dan kodrat bangsa Indonesia merupakan keberagaman. Berbagai etnis, adat istiadat, agama dan kepercayaan serta golongan.

Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan benegara.

Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

Jokowi menghimbau seluruh tokoh masyarakat untuk menjaga Pancasila dan mengharapkan pemahaman dan mengamalkan Pancasila dalam hidup harus lebih ditingkatkan.

Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata internasional

Joko Widodo pun menutup pidato dengan menyerukan kalimat penyemangat dalam pengamalan Pancasila.

Video FPI Memukuli Anak Kecil

FPI (Front Pembela Islam) kembali menuai kecaman setelah video seorang anak kecil terlihat dikerubungi massa. Dalam video terlihat bahwa anak tersebut diancam dan diintimidasi oleh beberapa orang yang mengaku anggota FPI.

Sebelumnya juga perlakuan mereka atas pengusiran seorang dokter wanita warga Solok telah membuat suasana tidak baik dan menjadi sorotan media.

Anak kecil yang dari video terlihat berasal dari etnis Tionghoa dan berlokasi di Cipinang, Jakarta Timur. Diduga anak tersebut melakukan postingan di sosial media yang menghina Habib Riziek.

FPI Intimidasi Anak Kecil

Transkrip Percakapan FPI Menindas Anak Kecil

FPI yang terlihat dalam video melakukan perbincangan dan memberikan peringatan kepada anak kecil. Dalam transkrip yang mungkin tidak sama seluruhnya dapat kita nilai apakah tindakannya melanggar hukum atau tidak.

Cium tangan ustadz itu!!

Besok, elo, temen-temen elo yang sama etnis kaya elo juga, elo bilangin, elo inbox, kalau bisa jangan deh bro, ini udah kejadian di gw!

Elo jelasin, elo terangin ama temen-temen elo, supaya nasibnya gak sama kaya elo. Elo mending gak diapa-apain. Di Jakarta Barat udah kagak berbentuk lagi mukanya, Jakarta Selatan. Karena apa!? karena FPI kaya gini, kita pakai prosedural, cuma kadang-kadang masyarakat yang gak bisa nahan. Karena apa, Habib Rizieq itu bukan cuma punya FPI. Punya umat Islam, FPI cuma wadah doang, organisasi. Cuma yang cinta beliau ini jutaan orang di Indonesia!”

*Ada sahutan*
“Gak ngerti ini kayanya!!!”

***bullying, dan terlihat lemparan kertas di wajah si anak.

“Coba ulangi!! ”

* Si anak tersebut berusaha mengulangi percakapan tersebut ditengah tekanan.. Terlihat toyoran dan tamparan di wajah anak tersebut dari beberapa orang yang mengelilinginya !!

*Ada orang yang tiba-tiba menonjok dari belakang.
*Interogasi dilanjutkan

“Bisa gak elo nasihatin temen-temen elo, kalau elo sayang ama temen-temen elo, yang pada ngehina ulama-ulama kita, elo nasihatin! “Kalau bisa jangan bro!” FB elo jangan diblokir, elo posting terus permohonan maaf supaya elo tidak dicari di luar. ”

Pernyataan elo di atas materai buat nyelamatin elo dari amuk masyarakat! Kekesalan masyarakat Islam ini bisa diredam dengan ini, bahwasanya elo sudah diproses oleh masyarakat Cipinang Muara, oleh umat Islam Cipinang Muara.

Ngerti gak loe, paham gak loe?

*Kembali ada gamparan ke wajah anak tersebut! *

Selanjutnya si anak tersebut memposting surat pernyataan yang di tanda tangan di atas materai ke akun Facebook miliknya.

Video Anak Kecil Dipukuli FPI Pembela Habib Rizieq

Apakah tindakan yang dilakukan pihak FPI ini diperbolehkan? Bagaimana tindakan pemerintah akan kejadian yang tidak menyenangkan ini ? Apa komentar anda mengenai kejadian tersebut ?

Puasa Ramadhan 2017 Muhammadiyah

Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya. Biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan selama satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan. Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya. Hal ini sering ditemukan dalam diri seorang pertapa. Inti dari tujuan puasa adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan.

Dalam hadits juga dijelaskan bahwa Islam dibina dalam lima, pondasi antara lain :

  1. Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad SAW adalah utusan Allah
  2. Mengerjakan Shalat
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Melaksanakan haji
  5. Berpuasa pada bulan Ramadhan

Jadwal Puasa 2017

Sejarah Puasa

Puasa berasal dari bahasa Arab yaitu Shaum (dalam bahasa jamak Shiyam) yang berarti Al-Amsak (menahan), yang berarti menahan makan dan minum. Adapun menurut Ulama Syekh Wahbah az-Zuhaili mendefinisikan puasa sebagai menahan diri dari keinginan untuk makan dan minum dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Puasa dalam Islam

Dalam Islam, puasa wajib dijalankan pada saat bulan Ramadhan selama sebulan penuh dan setelah selesai puasa ditutup dengan perayaan Hari Raya Lebaran. Kita harus dapat menahan godaan duniawi, menahan lapar untuk tidak makan minum dan berbagai perbuatan perbuatan yang dilarang dimana berakibat membatalkan puasa yang kita jalankan mulai dari saat matahari terbit sampai matahari terbenam dengan niat penuh sesuai ajaran dalam kitab suci Al Quran. Puasa juga dapat melatih kesabaran, mengajarkan sikap yang baik dan itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan setelahnya dan bukan hanya hanya dijalankan saat bulan puasa.

Puasa untuk Kesehatan

Puasa menurut penelitian sangat menyehatkan tubuh. Makanan yang kita makan berkaitan dengan proses pencernaan maupun metabolisme. Karenanya, dalam pemeriksaan ilmu medis yang berkaitan dengan tahap metabolisme, seperti pemeriksaan kadar glukosa darah tubuh, pasien rumah sakit seringkali diharuskan untuk berpuasa lebih dahulu. Dengan berpuasa kita tidak bisa mencari dan menikmati beberapa tempat hangout yang baru.

Puasa dapat menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan menggantinya kerusakan tersebut dengan sel-sel yang baru. Puasa juga mampu meningkatkan kembali hormon pertumbuhan kita hingga mencapai 2000% pada pria dan 1300% pada wanita. Hormon pertumbuhan ini yang akan membantu membakar cadangan lemak tubuh selama kita menjalankan puasa dan juga diketahui bermanfaat melawan penuaan dini.

Pada saat kita mulai melakukan puasa, tubuh mulai mengalami perubahan. Oleh karena itu, jika kita tidak tahan dan hendak mengakhiri puasa yang kita lakukan, maka kita harus melakukannya secara perlahan. Misalnya, pada menit pertama biasanya kita hanya memakan sebutir kurma saja.

Hukum Puasa Ramadhan

Dalam melakukan puasa, kita wajib tahu hukum puasa ramadhan sehingga mengerti apakah puasa tersebut diwajibkan atau tidak. Sama dengan pengertian puasa ramadhan yang memiliki hukum wajib. Jika kita berhalangan untuk berpuasa, maka kita harus membayarnya setelah halangan tersebut selesai. Definisi hukum puasa ramadhan ini wajib dan harus dilaksanakan umat islam.

Kelebihan berpuasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa di Bulan Ramadhan memberikan manfaat yang sangat banyak sekali kepada kita, antara lain mendapat balasan dari Allah SWT yang antara lain adalah permohonan kita akan dikabulkan dan kita juga bukan hanya akan dipelihara oleh Allah SWT, tapi juga kita akan mendapat surga dari Allah SWT.

Justru karena itulah kita wajib menjalani puasa, karena kita akan mendapat syafaat-Nya.

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Syarat wajib dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan adalah :

  1. Beragama Islam
  2. Baligh dan berakal
  3. Tidak Haid dan Nifas
  4. Mampu ( ada kekuatan )

Syarat dalam berpuasa sendiri harus mengikuti ketentuan yang telah dibuat agar dalam pelaksanaannya dianggap sah dimana ketentuan tersebut adalah :

  • Beragama Islam
  • Dapat membedakan mana yang baik dan buruk
  • Tidak haid dan nifas
  • Tidak dilaksanakan pada hari-hari yang dilarang, yaitu diluar bulan ramadhan.

Tips Sehat Berpuasa

  1. Konsumsi makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayur. Diharuskan juga minum 2 liter air (8 gelas air) saat sahur dan berbuka puasa
  2. Kurangi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, dikarenakan garam merupakan zat yang menarik cairan dalam jumlah yang besar.
  3. Hindari olahraga yang berat seperti angkat beban, karena akan menggerus otot sehingga cadangan makanan akan habis. Waktu terbaik untuk olahraga adalah sebelum sahur.
  4. Hindari tidur setelah sahur, karena akan membuat proses pencernaan makanan habis. Butuh waktu 2-3 jam untuk mengoptimalkan peredaran nutrisi ke seluruh tubuh.

Manfaat Puasa pada Organ tubuh

  1. Otak akan meningkatkan autofagi saraf, mengurangi resiko stroke, depresi, dan Alzheimer.
  2. Lambung, puasa menjadi waktu istirahat yang paling baik untu pencernaan terutama lambung, sehingga racun yang berada dalam tubuh akan terdektosinasi optimal.
  3.  Jantung, dengan kondisi darah normal jantung lebih optimal menyuplai darah ke seluruh tubuh.
  4. Ginjal, satu-satunya cara memaksimalkan fungsi ginjal adalah dengan meningkatkan osmosis urine.
  5. Paru-paru, puasa menjadi metode umum mengeluarkan racun pada paru-paru yang rusak akibat rokok.
  6. Sel Darah, aktivitas puasa membuat sel darah putih meningkat begitu cepat.

Budaya Ramadhan pada Beberapa Negara

  • Festival lentera merupakan ikon khas pada saat dimulainya Puasa pada bulan Ramadhan di Mesir. Bentuk penghormatan masyarakat pada seorang khalifahnyang bernama Al-Hakim Bi-Amr Allah.
  • Organisasi Dewan Muslim di Jerman memberi izin pada pesepakbola profesional Jerman agar tidak mewajibkan pemainnya untuk puasa pada saat musim pertandingan, tapi menggantinya di kemudian hari.
  • Masyarakat Turki memiliki tradisi berbuka puasa dengan 3 tahap yaitu; berbuka puasa dengan makanan yang berat seperti; roti, nasi, kebab dan lain sebagainya. Tahap kedua setelah tarawih menikmati teh bersama dan tahap ketiga memakan aneka buah.
  • Setiap anak-anak di Qatar saat Puasa memakai pakaian kuno sambil menyanyikan lagu Garanggaou gargaa’ou. Setelah selesai bernyanyi anak-anak akan mengetuk pintu rumah satu-satu sambil meminta permen.

Geng Motor Jagakarsa Dibekuk Polres Jaktim

Geng Motor Jagakarsa akhir-akhir ini semakin banyak di kawasan Jakarta Timur. Mereka biasanya berjalan bergerombolan dengan membawa senjata tajam yang beraneka ragam dan menyeretnya di aspal sambil berjalan. Bukan hanya itu, mereka akan menyerang pengendara sepeda motor lainnya yang dianggap pas sebagai korban mereka.

Polres Jakarta Selatan akhirnya menangkap seorang pengendara geng motor di kawasan Jagakarsa. Pria dengan nama PH tersebut tertangkap tangan membawa senjata tajam. Mereka melintar bersama 10 motor dan berboncengan melewati Jagakarsa menuju Kelapa Hijau. Golok dan samurai terselip di bagian punggung dan beberapa membawa bambu.

Petugas yang melihat langsung membuntuti pelaku dan mencegat geng motor tersebut. Pelaku dengan senjata samurai langsung diamankan petugas lebih dahulu.

Kasat Reskrim AKBP Budi Hermanto mengaku geram dengan geng motor jagakarsa yang akhir-akhir ini membuat khawatir masyarakat. Beberapa masyarakat telah memasukkan laporannya untuk menindak pelaku onar perusak ketenangan masyarakat setempat.

Modusnya sama, mereka ngumpul beramai-ramai lalu membawa sajam diseret di aspal. Kalo ada pengendara lain langsung dibabat. Aksi ini membuat ketakutan di masyarakat. Kita tindak biar tidak ada pelaku lainnya yang berani berbuat hal yang sama.

Tersangka bisa kita kenakan Pasal 2 Ayat 1 UU Darurat No. 12 Tahun 1951 dengan ancaman pidana hukuman penjara hingga 10 tahun.

Anggota Geng Motor Jagakarsa Ditangkap

Polres Jaktim Tangkap 6 Geng Motor Minggu Ini

Geng motor jagakarsa bukan merupakan satu-satunya kelompok yang meresahkan Jakarta saat ini. Di wilayah Jakarta Timur sendiri dalam sepekan telah menangkap 6 kelompok anggota geng motor. Ada yang ditangkap di Cakung, Jatinegara dan wilayah Duren Sawit.

Kapolres Jakarta Timur Andry Wibowo sendiri mengatakan geng motor memiliki nama yang berbeda-beda, ada yang bernama Jepang (Jembatan Mampang), Kampung Baru All Stars, AFZ, Anak Merdeka Kalisari (Amerika) dan Jati Waringin All Stars. Usianya juga masih tergolong muda, masih belasan tahun.

Korban Geng Motor

Geng motor Jakarta Timur kebanyakan beraksi pada malam hari dan menjelang subuh. Penggunaan senjata tajam dan air keras yang disiramkan ke korbannya bisa membuat kondisi korban kritis dan bahkan meninggal dunia.

Geng motor juga sering sekali melakukan tindakan kriminal pembegalan, perampokan dan pencurian dengan kekerasan. Mereka tidak segan-segan melukai sang korban dan bahkan merekam kejadian tersebut untuk dipamerkan di sosial media.

Ahok Cabut Banding, Veronika Tan Baca Isi Surat Ahok

Ahok yang terkena hukuman dua tahun penjara, sebelumnya mengajukan banding ke pengadilan tinggi namun tiba-tiba pihak Indrawan.net mendengar bahwa keluarga telah berunding dengan kuasa hukum mereka dan mengajukan pembatalan pengajuan banding atas kasus dugaan penistaan agama tersebut.

Ahok telah menyatakan akan mencabut bandingnya. Dengan melakukan pencabutan berarti Ahok menerima putusan majelis hakim PN Jakut dan sudah inkrah dan sah istilahnya dari sisi mereka. Berkas yang masuk di Pengadilan Tinggi masih bisa dicabut selama berkasnya belum disidangkan dan baru dikirimkan. Kita sendiri akan mengkaji hubungan dan tingkat urgensi dari permintaan ini.

Veronika Tan yang kami temui dalam acara jumpa pers menegaskan keputusan tersebut dengan raut muka sedih.

Biarin lah bapak akan jalani saja keputusan tersebut. Ini demi kepentingan semua, kepentingan bangsa Indonesia. Kita tidak perlu memperpanjang urusan ini lagi, kita jalani saja apa yang diputuskan dan kita akan support penuh bapak Ahok dalam menjalankannya.

Isi Surat Ahok di Rumah Tahanan Mako Brimob

Veronica Tan menangis membacakan isi surat Ahok

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menulis surat yang ditujukan bagi pendukungnya. Dalam surat itu, Ahok menuliskan isi hati dan ucapan terima kasih untuk orang yang telah mendukungnya selama ini. Sambil menangis istri Ahok Veronika Tan membacakan surat tersebut di depan publik pada Selasa 23 Mei 2017.

Isi surat Ahok di Rutan Mako Brimob :

Rumah Tahanan Depok, Minggu 21 mei 2017

Kepada para relawan dan pendukung Ahok yang saya cintai, semua mereka yang telah menjalankan proses demokrasi di manapun berada.

Saya telah banyak berpikir tentang kejadian yang saya alami. Saya mau berterima kasih kepada saudara-saudara yang terus mendukung saya dalam doa. Kiriman bunga, makanan, kartu ucapan, surat, buku-buku bahkan berkumpul dengan menyalakan lilin.

Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan seperti ini. Apalagi saya. Tetapi saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini. Jika untuk kebaikan kita dalam berbangsa dan bernegara.

Alangkah ruginya warga DKI dari sisi kemacetan dan kerugian ekonomi. Akibat adanya unjuk rasa yang mengganggu lalu lintas, tidaklah tepat saling unjuk rasa dan demo dalam proses yang saya alami saat ini. Saya khawatir banyak pihak akan menunggangi jika para relawan unjuk rasa, apalagi benturan dengan pihak lawan yang tidak suka dengan perjuangan kita.

Terima kasih telah melakukan unjuk rasa yang taat aturan dan menyalakan lilin perjuangan konstitusi ditegakkan di NKRI dengan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Mari kita tunjukkan bahwa kita percaya, Tuhan tetap berdaulat dan memegang kendali sejarah setiap bangsa. Kita tunjukkan bahwa kita adalah orang yang beriman kepada Tuhan YME, pasti mengasihi sesama manusia, pasti menegakkan kebenaran dan keadilan bagi sesama manusia.

Gusti Ora Sare..

Put your hope in the Lord now and always. Mazmur 131 ayat 3.

Kalau dalam iman saya, saya katakan: The Lord will work out his plans for my life, Mazmur 138 ayat 8a

Ahok BTP