Cara Mudah Memulai Olahraga

Cara Mudah Memulai Olahraga

Melakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara rutin sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Akan tetapi sayangnya tak semua orang mau menginvestasikan waktu mereka untuk olahraga secara rutin dan teratur.

Padahal sebenarnya untuk memulai hidup aktif tidak sulit. Mungkin akan terasa berat saat Anda berpikir untuk pergi ke gym, atau memasang sepatu lari. Namun ternyata Anda bisa memulai hidup aktif dengan cara sederhana seperti di bawah ini.

Mulailah Berjalan Lebih Cepat

Berjalan cepat adalah salah satu cara mudah memulai olahraga. Dari pada berjalan pelan dan lambat, sebaiknya biasakan berjalan dengan kecepatan lebih tinggi.  Selain membantu Anda membakar kalori lebih banyak ketimbang berjalan lambat, kebiasaan ini juga akan membuat Anda juga jadi terbiasa beraktivitas fisik. Dengan menerapkan kebiasaan ini, tanpa Anda sadari Anda sudah mulai kegiatan olahraga setiap Anda berjalan kaki.

Bisakan Naik Tangga

Seiring dengan perkembangan zaman, kita memang makin dimudahkan dalam segala sesuatunya. Salah satunya adalah keberadaan eskalator atau lift. Tentu kebanyakan orang lebih memilih menggunakan dua sarana ini ketimbang harus naik tangga yg butuh tenaga. Padahal naik tangga bisa membantu Anda untuk berolahraga. Biasakanlah naik tangga dalam keseharian Anda.

Jalan Kaki Setelah Makan

Kebanyakan orang mengeluhkan bahwa mereka merasa mengantuk dan lemas setelah makan berat. Untuk mengatasi hal tersebut, biasakanlah untuk melakukan olahraga ringan setelah makan. Anda bisa jalan santai selama beberapa menit setelah makan. Pencernaan pun lebih lancar dan rasa kantuk akan menyingkir.

Biasakan Memarkir Kendaraan Agak Jauh

Bila Anda terbiasa membawa kendaraan sendiri, cobalan untuk memarkirkan kendaraan Anda agak jauh dari tempat tujuan. Dengan begitu Anda bisa berjalan ke tempat tujuan Anda dengan jarak sedikit lebih. Kebiasaan kecil ini akan “memaksa” Anda untuk berolahraga secara rutin tanpa Anda sadari.

Manfaatkan Liburan Untuk Olahraga

Ada banyak cara menikmati liburan. Namun bila Anda ingin, Anda bisa mengisi kegiatan liburan Anda dengan olahraga menyenangkan. Contohnya berenang, atau hiking. Dengan cara ini, Anda bisa bersenang- senang sambil melakukan aktivitas fisik yg akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Rajinlah Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah ternyata juga bisa membantu Anda membakar kalori lho! Karena itu sebaiknya mulai sekarang lakukan rutinitas bersih- bersih sendiri ketimbang mengandalkan asisten rumah tangga. Misalnya saja menyapu, mengepel lantai hingga mencuci baju secara manual tanpa mesin cuci.

Andalkan Musik Favorit Anda

Berolahraga sambil mendengarkan musik favorit Anda tentu akan lebih menyenangkan. Sembari mendengarkan musik favorit tentu motivasi dan energi akan meningkat. Dengan begitu olahraga teratur pun akan terasa lebih menyenangkan dan ringan. Bahkan bila Anda mulai membiasakan diri berolahraga dengan musik favorit Anda, setiap Anda mendengarkannya Anda akan dengan segera teringat untuk berolahraga.

Berolahragalah Bersama Pasangan

Berkencan tak selalu harus di kafe atau dibioskop bukan? Ajaklah pasangan Anda untuk melakukan olahraga bersama. Tak hanya makin mempererat hubungan Anda dengan pasangan, Anda juga bisa menjaga tubuh Anda dan pasangan tetap bugar. Selain itu olahraga dengan pasangan tentu akan lebih menyenangkan daripada olahraga sendirian.