Bermain Game Bisa Mengatasi Rasa Stress Saat Bekerja

Bermain Game Bisa Mengatasi Rasa Stress Saat Bekerja

Banyak orang yg menilai bahwa bermain game adalah perbuatan sia- sia dan hanya membuang- buang waktu saja. Bahkan orang yg gemar bermain game dianggap aneh dan dicap sebagai nerd. Namun taukah Anda bahwa ternyata bermain video game bisa membantu mengatasi rasa cemas dan frutasi yg dialami seseorang di kantor?

Sebuah penelitian yg dilakukan baru- baru ini menunjukkan fakta bahwa orang yg bermain video game kasual menunjukkan pemulihan yg lebih efekti dan besar ketimbang saat mereka menjalani relaksasi normal.

Pada penelitian ini, para peneliti menggunakan tugas berbasis komputer untuk mendorong kelelahan kognitif pada 66 orang peserta. Kemudian, mereka diberi waktu istirahat selama 5 menit. Selama jeda istirahat tersebut, peserta memainkan video game kasual bernama Sushi Cat. Mereka ikut dalam aktivitas relaksasi terpandu, atau duduk diam di ruang pengujian tanpa menggunakan telepon dan komputer.

Pada berbagai waktu, peneliti mengukur pengaruhnya pada peserta. Misalnya saja dari tingkat stress, mood, dan kinerja kognitif. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yg bermain video game menunjukkan dapat mengembalikan kemampuan efektif individu, menjan\dikannya aktivitas yg sesuai untuk memulihkan mood sebagai respon terhadap stress.

Namun di sisi lain, seseorang yg beristirahat hanya diam saja melaporkan bahwa mereka kurang terlibat dalam pekerjaan dan mengalami kekhawatiran sebagai akibatnya. Sementara mereka yg ikut berpartisipasi dalam aktivitas relaksasi terpandu melihat pengurangan dampak negatif dan kesusahan.

Para peneliti menjelaskan bahwa mereka sering mencoba memberi kuasa sepanjang hari untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan yg mungkin tak seefektif saat mereka meluangkan waktu untuk dilepas selama beberapa menit. Orang- orang harus merencakan istirahat sejenak untuk menyediakan waktu bagi aktivitas  yg menarik dan menyenangkan, seperti bermain video game. Hal ini terbukti bisa merecharge energi mereka.

Sementara itu beberapa penelitian lainnya menyebutkan bahwa beberapa stress bisa bermanfaat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC mencatat bahwa keadaan yg menekan ini dapat membantu seseorang untuk mengembangkan keterampilan yg dibutuhkannya dalam mengelola situasi mengancam.

Stress, Bila Tak Diatasi Segera Bisa Membahayakan Kesehatan

Akan tetapi stress memang memberikan dampak dan konsekuensi yg serius bagi kesehatan, terutama bila suda lama atau cukup parah. Seseorang bisa merasa sangat terbebani dan tidak terkendali. Masalah pun akhirnya menjadi lebih parah dan bisa berdampak lebih besar.

Sebuah studi yg diterbitkan pada awal tahun ini menemukan fakta bahwa lebih banyak orang Amerika yg sebelumnya menderita stress, depresi dan kecemasan. Setidaknya sekitar 8,3 juta orang menderita beberapa bentuk tekanan, dan masalah psikologi serius, yg didefenisikan sebagai kesehatan mental yg cukup serius dan memerlukan perawatan medis. Namun di antara mereka semua yg paling terkena dampaknya adalah mereka yg tak mampu melakukan perawatan medis secara umum.

Karena itu, percaya atau tidak, bermain video game bisa mengatasi hal ini. Dengan bermain game saat waktu istirahat Anda bisa sedikit lebih rileks dan bisa menekan rasa stres yg terjadi akibat beban pekerjaan.