Berenang Adalah Olahraga Terbaik Bagi Tubuh

Setiap orang pasti memiliki olahraga favorite masing-masing. Ada orang yg lebih suka melakukan olahraga lari yang terbilang murah dan mudah serta bisa dilakukan di mana pun. Ada juga  yg lebih menyukai olahraga bela diri seperti muaythai. Beberapa lebih suka melakukan yoga dan aerobik, dan terkadang ada juga yg suka olahraga berbahaya yg memicu adrenalin seperti panjat tebing.

Diantara semua jenis olahraga, renang adalah salah satu olahraga yg berada dalam daftar paling atas kegemaran banyak orang. Dan ternyata renang pun terbukti sebagai olahraga terbaik bagi tubuh kita. Beberapa waktu lalu, renang dinobatkan sebagai olahraga terbaik bagi tubuh karena olahraga ini memberikan begitu banyak manfaat positif bagi manusia. Di samping itu, berenang juga termasuk olahraga murah yg bisa Anda lakukan kapan pun.

Berenang Adalah Olahraga Terbaik Bagi Tubuh

Ada beberapa alasan kenapa renang begitu baik bagi tubuh kita. Alasan pertama adalah karena media air bersifat menenangkan. Sejak lama air memang dipercaya sebagai simbol pembaharuan dan pembersihan bagi manusia. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam berbagai macam penelitian.

Selain itu berenang juga adalah olahraga yg minim cedera. Tak seperti olahraga lari dan plyometric yg menggunakan gerakan-gerakan eksplosif untuk mengembangkan kekuatan otot, berenang bisa jadi latihan kardio yg dapat dikombinasikan dengna olahraga lain tanpa memberikan tekanan berlebihan ke tulang sendi dan otot.

Olahraga Renang Cocok Untuk Segala Usia

Bahkan berenang juga tak masalah dilakukan berbagai tingkat usia. Bahkan bayi pun bisa berenang dan banyak orang tua yg mengajarkan anak mereka berenang sejak dini. Bahkan berenang diketahui sangat baik bagi manulia terutama untuk mereka yg menerita arthritis atau peradangan tulang sendi. Bagi orang tua, berenang juga sangat bagus. Soalnya renang bsia membantu mereka menjagamasa otot mereka sehingga bagus untuk menjaga kesehatan dan kelanjutan usia.

Berenang juga adalah salah satu cara terbaik untuk membuat semua bagian tubuh tetap aktif bekerja, sehingga akan sangat baik untuk menjaga bentuk tubuh. Dengan begitu berenang bisa jadi salah satu olahraga pilihan bagi Anda yg tengah berusaha membentuk tubuh.

Olahraga renang juga membawa kita lebih dekat ke alam. Bahkan bila Anda bisa berenang di laut atau alam terbuka, akan makin baik efeknya bagi kesehatan. Sebuah studi membuktikan bahwa menghabiskan waktud i alam terbukan dapat memperbaiki kesehatan mental dan fisik seseorang. Aktivitas di alam terbuka membantu kita mempertahankan berat badan yg sehat, mengurangi stres dan juga memperbaiki mood. Hal ini juga bisa memperbaiki kualitas tidur Anda.

Selain itu berenang juga membantu kita membangun kekuatan dan kemampuan kardio secara bersamaan. Walau berenang adalah latihan fisik berdampak rendah, akan tetapi olahraga ini bisa menghasilkan kekuatan yg besar. Dengan berenang seseorang bisa memperbaiki keseimbangan tubuh dan kesehatan tulang mereka.

Kondisi yg dihasilkannya kurang lebih sama seperti latihan aerobik. Namun berenang sedikit lebih unggul lantaran bisa menciptakan daya tahan yg cukup. Bahkan bila dilakukan dengan rutin maka akan membantun kekuatan tubuh.

Keunggulan utama olahraga renang adalah membantu kita menjaga kesehatan paru-paru. Beberapa studi menunjukkan bahwa seorang perenang memiliki kapastias paru-paru yg lebih besar. Itu berarti seorang perenang memiliki paru-paru lebih baik daripada orang yg tak biasa berenang.

Bila kita memiliki paru-paru yg sehat, tubuh bisa memproses oksigen dengan lebih baik. Lebih dari itu, paru-paru dengan kapasitas lebih besar juga bisa membantu Anda menangkal penyakit, terutama serangan jantung dan stroke.