Beragam Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat jahe bagi kesehatan sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Rempah ini biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Namun juga bisa dinikmati sebagai minuman yg sangat berkhasiat. Pemanfaatannya pun sangat beragam. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Literatur kuno dari Timur Tengah, Asia dan Eropa juga menyebutkan bahwa manfaat jahe sangat luar biasa. Bersama dengann kunyit, kapulaga dan kencur, jahe dimanfaatkan sebagia bahan holistik. Sementara itu di Indonesia, jahe adalah salah satu bumbu masakan wajib.

Kebanyakan masakan asli Indonesia menggunakan jahe sebagai salah satu bumbu dasarnya. Selain itu tradisi turun temurun juga menyebutkan bahwa jahe bisa mengobati penyakit- penyakit ringan seperti masuk angin dan pilek lantaran sifat jahe yg hangat. Namun di samping manfaat tersebut, ternyata jahe memiliki khasiat yg jauh lebih besar bagi tubuh.

Jahe Bisa Melancarkan Aliran Darah

Jahe mengandung kromium, magnesium dan juga seng. Mineral- mineral ini diketahui sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga aliran darah tetap normal dan sehat.

Jahe Bisa Mengatasi Morning Sickness

Taukah Anda bahwa American Pregnancy Association merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi jahedalam bentuk- bentuk yg berbeda seperti selai atau teh. Penggunaan jahe ini sendiri bertujuan untuk mengatasi rasa mual di pagi hari yg kerap dialami oleh para wanita hamil di trimester pertama kehamilan mereka.

Namun sebuah studi yg dilakukan setelahnya menemukan fakta bahwa manfaat jahe dalam mengatasi rasa mual terbilang tidak konsisten. Karena itu sebelum memanfaatkannya demi mengatasi morning sickness Anda sebaiknya berkonsultasilah terhadap dokter terlebih dahulu.

Meningkatkan Laju Metabolisme

Jahe memang bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga akan membantu mempercepat pembakaran kalori saat Anda berolahraga. Jahe juga memberikan efek hangat pada makanan sehingga akan lebih mudah membuat tubuh merasa kenyang.

Dalam sebuah studi yg dilakukan pada tahun 2012, jahe menimbulkan rasa hangat pada tubuh sehingga dengan mengkonsumsinya bisa mengurangi rasa lapar. Karena itu jahe bisa membantu program diet.

Mengurangi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Jahe juga diketahui sebagai agen anti inflamasi yang kuat, karena itu jahe bisa membantu mengurangi nyeri otot. Sebuah riset dalam Journal of Pain menemukan fakta bahwa jahe bisa menghalamig pembentukan senyawa yg menyebabkan inflamasi, prostaglandin dan juga leukotrin yg menyebabkan terjadinya nyeri otot. Peneliti juga menemukan bahwa ternyata jahe memiliki efek antioksidan sehingga dapat mengurangi peradangan.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Usus Besar

Sebuah studi yg dilakukan oleh University of Mennesota’s Hormel Institue menemukan bahwa senyawa- senyawa dalam jahe bersifat anti kanker. Karena itu bila Anda mengkonsumsi jahe, Anda bisa membantu melawan pertumbuhan sel kanker usus besar.

Mengobati Asma

Penelitian yang dilakukan oleh Columbia University menemukan bahwa ternyata jahe yg dipasangkan dengan pengobatan bronkodilatasi dapat membantu meredakan rasa rileks pada otot halus di sekitar saluran napas. Itu artinya jahe membuat pengobatan asma makin efektif dan efisien.