Beberapa Kesalahan Sedernaha Yang Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Beberapa Kesalahan Sedernaha Yang Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Berdasarkan penelitian yg dilakukan oleh Mayo Clinic, didapatkan fakta bahwa sekitar 15 persen padangan mengalami masalah kesuburan. Itu berarti mereka mengalami kesulitan dalam mendapatkan kehamilan bahkan setelah melakukan hubungan seks tanpa pengaman selama satu atau bahkan lebih.

Pada zaman dahulu bila pasangan kesulitan mendapatkan keturunan maka wanita atau istri akan jadi pihak yg disalahkan. Namun faktanya, masalah kesuburan tak melulu menimpa wanita, namun juga pria.

Pada pria ketidaksuburan disebabkan oleh rendahnya produksi sperma, fungsi sperma yg abnormal, penyumbatan pada saluran sperma, penyakit, cedera dan masalah kesehatan kronis lainnya.  Selainitu ternyata masalah gaya hidup juga memainkan peranan yg sangat besar atas kesuburan seorang pria.

Berdasarkan sebuah studi yg dilakukan oleh Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine, sekitar 23 persen kasus disfungsi ereksi pada pria dapat dihubungkan dengan kebiasaan merokok.

Sementara itu, penelitian yg dilakukan oleh Jurnam Psychiatry India juga menemukan fakta bahwa mengkonsumsim minuman beralkohol secara rutin bisa mengurangi libido seorang pria selain juga meningkatkan resiko disfungsi ereksi dan meningkatkan potensi pria untuk impotensi.

Merokok dan konsumsi minuman beralkohol memang adalah dua penyebab utama terjadinya masalah kesuburan para pria. Akan tetapi masih ada banyak hal sederhana lainnya yg ternyata juga bisa membuat seorang pria mengalami kesulitan dalam mendapatkan keturunan.

Penggunaan Tabir Surya Dengan Kadungan Bahan Kimia Berbahaya

Penggunaan tabir surya berguna untuk melindungi kulit dari efek sinar UV yg berbahaya. Namun sebuah studi yg dilakukan baru-baru ini membuktikan bahwa bahan kimia yg ditemukan di beberapa tabir surya seperti benzofenon bisa mengganggu fungsi sel sperma.

Hal tersebut terjadi lantaran filter di dalam tabir surya bisa menembus kulit, masuk dalam aliran darah dan meniru dampakhormon seks wanita progesteron. Karena itu bila Anda memang harus menggunakan tabir surya, sebaiknya gunakanlah tabir surya dengan UV filter yg dapat memberikan perlinngan tanpa efek samping. Filter UV sejenis seng oksida dan titaniom dioksida adalah beberapa kandungan yg merupakan mineral yg ditemukan secara alami di lingkungan.

Melakukan Olahraga Dengan Berlebihan

Tentu kita semua sepakat bahwa olahraga sangat baik bagi tubuh seseorang. Bahkan olahraga teratur bisa menurunkan berbagai resiko pernyakit berbahaya dan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.  Akan tetapi ternyata latihan berlebihan justru bisa menurunkan jumlah sperma seseorang.

Olahraga hingga kelelahan dapat menciptakan stress oksidatif yg adalah pendorong utama disfungsi sperma, menurunnya testosteron dan meningkatkan hormon stres kortisol.  Karena itu lakukan latian dengan tepat yaitu sekitar 2,5 jam hingga 3 jam per minggu dan lakukan juga pemulihan setelah olahraga dengan benar.

Mengkonsumsi Suplemen Yang Berbahaya Bagi Kesuburan

Kerontokan dan kebotakan dini adalah masalah besar bagi seorang pria. Karena itu tak jarang untuk mengatasinya mereka mengkonsumsi obat-obatan penumbuh rambut dan juga obat kesuburan rambut. Obat-obatan seperti ini memang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah folikel rambut. Akan tetap sayangnya berefek samping mengurangi jumlah sperma.

Sejumlah kandungan dalam splemen atau obat penumbuh rambut dapat memodulasi kadar hormon pria yg mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menghasilkan sperma. Di samping itu juga ada beberapa obat antihipertensi dan antidepresan yg bisa menyebabkan disfungsi ereks. Karena itu sebaiknya sebelum mengkonsumsi obat-obatan sejenis konsulitasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Menggunakan Celana Terlalu Ketat Atau Berbahan Panas

Pakaian ketat atau pun pakaian yg tak mempu menyerap keringat dengan baik bisa menyebabkan testis terlalu panas yg menyebabkan turunnya jumlah sperma dan berpotensi menyebabkan masalah kesuburan.

Karena itu pastikan selalu bahwa celana atau celana dalam anda memberikan sirkulasi udara yg baik, serta pergerakan kaki yg nyaman.

Terlalu Mudah Stress

Pada saat Anda stress air mani juga akan terkena imbasnya. Pria dengan tingkat stress tinggi diketahui memiliki kualitas air mani yg buruk. Sementara itu sebaliknya, pria yg menikmati hidupnya cenderung menghasilkan sperma yg berkualitas.