Beberapa Hal Sepele Yang Membuat Seseorang Sulit Tidur

Beberapa Hal Sepele Yang Membuat Seseorang Sulit Tidur

Insomnia menjadi salah satu masalah besar bagi masyarakat zaman sekarang. Tak sedikit orang yg mengeluhkan susahnya untuk tertidur di malam hari walau mereka sudah menjalani hari yg lelah pada pagi dan siang hari. Insomnia sendiri bisa dianggap sebagai salah satu gangguan tidur yg tentu memberikan efek sangat buruk bagi tubuh seseorang.

Tidur adalah hal yg sangat penting bagi tubuh seseorang. Dengan tidur berkualitas, kita bisa bugar dan fit saat bangun di pagi hari. Selain itu, fokus dan konsentrasi pun akan tetap terjaga. Tidur yg cukup juga terbukti memiliki pengaruh yg sangat penting pada daya ingat seseorang. Selain itu, bila kita mendapatkan tidur yg berkualitas, maka hormon stress akan berkurang dan mengurangi resiko depresi secara signifikan.

Lebih dari itu semua, metabolime tersibuk tubuh terjadi pada saat kita tidur. Pada saat kita tidur, tubuh akan membuang racun- racun yg ada di dalam tubuh dalam proses detoks alami. Selain itu pada saat kita tidur, tubuh juga akan memproduksi hormon melatonin yg terbukti bisa mencegah datangnya kanker payudara dan kanker prostat.

Namun apa jadinya bila sangat sulit jatuh tertidur di malam hari? Beberapa orang mengeluhkan mereka tak kunjung tertidur setelah mencoba memejamkan mata selama berjam-jam. Tak sedikit yg akhirnya memutuskan untuk mengkonsumsi obat tidur. Memang, bila masih berada dalam anjuran dokter, obat tidur tidak berbahaya. Namun penggunaan obat tidur dalam jangka panjang memiliki efek samping yg ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama kesehatan otak dan daya ingat.

Sebelum Anda mencari bantuan dokter atau mengkonsumsi obat- obatan, ada baiknya mulai mencari tau apa penyebab insomnia Anda terlebih dulu. Ada beberapa hal sepele yg ternyata bisa membuat seseorang susah tertidur, namun kerap tak disadari.

Jangan Jadikan Kamar Sebagai Ruang Kerja

Banyak orang yg tak menyadari bahwa hal ini membuat tidur jadi tak berkualitas. Kebiasaan membaca email, atau bahkan menyelesaikan tugas kantor di kamar tidur bisa membuat kamar seolah beralih fungsi. Begitu juga bila Anda terbiasa makan dan minum di dalam kamar.

Dengan melakukan aktivitas selain beristirahat di dalam kamar, suasana kamar tak lagi terasa rileks dan santai. karena itu Anda akan kesulitan tertidur di malam hari, karena suasana yg dibutuhkan oleh sebuah kamar sudah menguap lantaran Anda melakukan berbagai aktivitas yg tidak seharusnya di dalam kamar.

Karena itu sebaiknya pastikan kegiatan di dalam kamar hanyalah untuk istirahat dan bermesraan dengan pasangan. Soalnya kegiatan lain yg kita lakukan di dalam kamar bisa memanipulasi otak agar makin sulit untuk berisitirahat.

Jangan pula membiasakan diri sibuk dengan gadget di malam hari. Karena pada saat kita menatap layar gadget, mata akan terpapar sinar blueray dari layarnya. Nah, sinar ini seolah sensor bagi otak bahwa hari masih siang, dan tentu akan sulit tertidur bila otak mengira hari masih siang.

Jangan Minum Kopi Setelah Jam 5 Sore

Tak ada yg salah dengan kopi di pagi atau siang hari. Beberapa orang memang butuh kopi untuk tetap fokus dan menjaga konsentrasi mereka. Namun taukah Anda bahwa ternyata kafein berada dalam sistem tubuh selama 12 jam? Karena itu bila Anda meminum kopi di atas jam 5, Anda akan makin sulit jatuh tertidur.

Waktu Tidur Sebaiknya Teratur

Pola tidur yg tidak teratur dan cenderung sekenanya membuat waktu internal dalam tubuh mengalmai frustasi. Karena itu tubuh pun akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikannya hingga tak bisa istirahat dengan optimal.  Karena itu sebaiknya usahakan untuk selalu berangkat tidur pada jam yg sama, agar tubuh dan otak tidak bingung.