Bahaya Minum Kopi Pagi Hari Saat Perut Kosong

Bahaya Minum Kopi Pagi Hari Saat Perut Kosong

Ada cukup banyak orang yg terbiasa minum kopi di pagi hari dengan tujuan untuk meningkatkan semangat sekaligus untuk mengusir rasa kantuk. Bahkan tak sedikit pula yg melewatkan sarapan dan hanya mengkonsumsi secangkir kopi sebelum mereka menjalani aktifitas keseharian.

Namun ternyata penelitian menyebutkan bahwa ternyata minum kopi saat perut kosong di pagi hari adalah suatu ide yg buruk bagi tubuh. Lantas apa yg sebenarnya terjadi bila Anda minum kopi pada pagi hari saat perut masih kosong?

Naiknya Asam Lambung

Asam lambung memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran pencernaan makanan, dan asam lambung ini diproduksi saat Anda makan, mencium aroma makanan dan bahkan saat sedang memikirkan makanan. Namun di sisi lain, asam lambung adalah cairan yg bersifat korosif kuat yg bila dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa ada makanan apa pun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

Semua jenis kopi bahkan dekafein sekalipun telah terbukti merangsang produksi asam. Oleh karena itu meminum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan keasaman perut yg kemudian akan menyebabkan rasa mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Membuat Anda Mudah Stress Dan Cemas

Pada umumnya dengan meminum kopi akan ada rasa gelisah, stress dan juga munculnya perubahan suasana hati. Selain itu tingkat serotonin atau pemicu rasa tenang dan bahagia yg diproduksi oleh otak pada dasarnya rendah sepanjang hari.

Saat Anda minum kopi di saat perut masih kosong, maka efek negatif ini bisa makin buruk. Kafein sendiri diketahui merangsang sistem saraf Anda, yg berarti terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Dengan begitu Anda akan lebih mudah merasa cemas dan stress.

Selain itu kafein juga dapat membuat Anda bolak balik harus buang air sehingga memiliki potensi untuk memicu gejala dehidrasi yg bisa menguras energi dan menyebabkan sakit kepala. Sebaliknya makanan diketahui memiliki efek menenangkan pada pencernaan dan sistem saraf. Oleh karena itu makan sambil minum kopi bisa membantu menurunkan efek pemicu stress yg dibawa oleh kopi.

Menekan Produksi Hormon Kortisol

Pada saat Anda minum kopi saat perut kosong, produksi hormon kortisol pun menjadi terganggu. Selain itu jam sirkadian atau alarm alami tubuh yg membantu Anda bangun di pagi hari dan juga membuat Anda mengantuk di malam hari.

Pada pagi hari otak melepaskan sangat banyak produksi kortisol untuk membantu Anda terjaga. Saat Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, hal ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein agar tetap terjaga. Lambat laun ketergantungan tubuh akan kafein justru akan membuat tubuh menjadi kebal terhadap efek kopi.

 

Karena itu minum kopi saat perut kosong di pagi hari bukanlah hal yg baik. Akan tetapi bila Anda sudah terlalu terbiasa maka akan sulit untuk menyingkirkannya. Bagi banyak orang kopi adalah bagian vital dari ritual harian dan hal pertama yg mereka inginkan saat bangun tidur di pagi hari.

Bila Anda benar- benar tak bisa menyikirkan kafein dari rutinitas pagi Anda, maka sebaiknya minumlah kopii setelah makan makanan padat. Dengan meminum secangkir air hangat begitu bangun tidur, dan kemudian menyantap sarapan maka Anda bisa meminum kopi dengan aman tanpa resiko perut mulas.