Bahaya Mencampur Alkohol dan Kafein

Bahaya Mencampur Alkohol dan Kafein

Kafein dan alkohol adalah dua jenis zat stimulan ata obat yg paling sering dikonsumsi secara bebas oleh masyarakat. Biasanya alkohol bisa ditemukan dalam bir, wiski, vodka dan beberapa jenis minuman keras lainnya. Sementara itu kafein bisa Anda dapatkan pada minuman seperti kopi atau minuman energi yg beredar bebas di pasaran.

Biasanya minuman berenergi memang dikonsumsi tanpa campuran apa pun, dan memang harusnya begitulah cara mengkonsumsinya. Akan tetapi terkadang ada yg suka mencampurkannya dengan minuman beralkohol. Salah satu yang populer adalah Jagerbomb, yaitu campuran atas minuman keras merek Jagermeister dan salah satu merek minuman berenergi yg terkenal yaitu Redbull.

Padahal pencampuran dua jenis minuman ini bisa memberikan dampak yg sangat buruk bagi kesehatan. Sudah ada banyak laporan mengenai kasus keracunan alkohol yg terjadi setelah seseorang mengkonsumsi alkohol dan kafein dalam waktu bersamaan. Karena itu, mencampurkan dua jenis minuman ini atau meminumnya dalam waktu berdekatan sangat tidak dianjurkan bahwa bisa disebut berbahaya.

Bagaimana Kafein Mempengaruhi Tubuh

Ada berbagai jenis minuman berenergi yg memiliki komposisi yg berbeda- beda. Akan tetapi juga banyak diantaranya yg mengandung kafein dalam kadar sangat tinggi dan bahkan mungkin sudah ditambahkan dengan zat seperti taurin, ginseng dan juga vitamin B untuk menambah efek stimulan atau energi bagi orang yg mengkonsumsinya. Walau begitu, kebanyakan energi yg dihasilkan dari kafein yg terkandung di dalamnya.

Bila Anda mengkonsumsi kafein  tanpa campuran alkohol, maka zat ini bisa dikategorikan sebagai zat yg relatif aman. Mengkonsumsi kafein sering dikaitkan dengan peningkatan daya ingat dan juga aktivitas tubuh manusia, serta peningkatan memori.

Namun begitu mengkonsumsi kafein dalma jumlah berlebihan bisa memiliki efek negatif terhadap tubuh seperti rasa cemas, serangan panik, peningkatan tekanan darah, naiknya asam lambung dan juga insomnia. Apalagi bila orang yg mengkonsumsi kafein memiliki masalah kesehatan seperti maaf atau hipertensi.

Bagaimana Minuman Beralkohol Mempengaruhi Tubuh

Tentu Anda juga sudah tau bahwa minuman beralkohol memiliki banyak efek negatif bagi tubuh. Salah satu efek jangka pendek seperti gangguan kesadaran dan keracunan alkohol. Keracunan alkohol berbahaya bisa berbahaya lantaran bisa menunjukkan gejala seperti penurunan kesadaran, mual, muntah dan juga gangguan pernapasan. Sementara itu efek jangka panjang dari minuman beralkohol adalah kecanduan, kanker hingga penyakit hati.

Bagaimana Bila Alkohol dan Kafein Dicampur

Salah satu hal berbahaya dari efek mencampur alkohol dan kafein adalah penggunanya akan mengabaikan efek keracunan alkohol. Kafein sendiri adalah zat yg dapat merangsang berbagai reaksi tubuh, sehingga orang yg mengkonsumsinya tidak terlalu merasakan efek dari alkohol seperti mabuk, merasa pusing, muntah, merasa lemas dan juga sesak napas.

Kafein sendiri sebenarnaya tak dapat mengatasi atau mengobati efek negatif dari alkohol. Akant etapi orang yg mengkonsumsi dua jenis zat ini bersamaan akan cenderung minum lebih banyak alkohol tanpa menyadari bahwa efeknya sudah bertambah parah bagi tubuh. Karena itu bisa berakhir dengan keracunan. Hal ini pun bisa lebih parah bila jumlah alkohol yg masuk dalam tubuh lebih banyak.