Bahan Herbal Yg Bisa Meredakan Batuk

Bahan Herbal Yg Bisa Meredakan Batuk

Saat  batuk menyerang, tentu terasa akan sangat mengganggu. Tak hanya bagi orang yg menderita batuk, namun juga bagi mereka yg berada di sekitarnya. Karena itu, tentu Anda ingin segera menyingkirkan batuk yg menyakitkan dan berisik tersebut.

Selain degan mengkonsumsi obat- obatan yg direkomendasikan oleh dokter, ada beberapa pantangan dan anjuran agar batuk cepat reda dan tak makin parah. Biasanya orang yg menderita batuk dianjurkan untuk mengindari minuman dingin lantaran hanya akan memperburuk keadaan batunya. Namun air hangat sangat dianjurkan untuk membantu meredakan batuk dan bahkan dipercaya bisa menyembuhkannya lebih cepat.

Namun minum air panas pun ternyata ada anjuran tepatnya. Saat Anda mengkonsumsi air hangat, pastikan suhunya tidka terlalu panas. Yg paling tepat adalah meminum air yg berada dalam suhu ruangan atau ruam kuku sehingga tak akan ada rasa menyengat di tenggorokan saat tengah meminumnya. Batuk sendiri adlaah gejala yg menunjukkan bahwa ada iritasi di jalur pernapasan. Bila iritasi tersebut mendapatkan tekanan maka keadaannya pun akan makin lebih parah.

Tak hanya air hangat, ada beberapa cara lain yg juga bisa dilakukan untuk meredakan batuk. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ramuan herbal. Memang sudah sejak lama bahan herbal digunakan untuk meredakan batuk.

Saat ini, sudah ada begitu banyak produk herbal yg beredar di pasaran dan tentu hal ini memudahkan Anda untuk mengkonsumsinya demi meredakan serta menyembuhkan gejala batuk. Namun tak semua obat- obatan herbal ini terbukti bisa menyembuhkan batuk, akan tetapi bisa meredakan gejalanya.

Tak bisa dipungkiri bahwa obat herbal lebih aman dikonsumsi ketimbang antibiotik. Bahkan beberapa bahan herbal ini bisa dikonsumsi  setiap hari dan tak akan memberikan efek buruk pada tubuh dalam penggunaan jangka panjang.

Memang belakangan obat herbal sudah dengan sangat mudah bisa kita dapatkan di pasaran. Namun Anda juga bisa membuat sendiri berbagai macam obat herbal ini sendiri dengan bahan- bahan yg ada di rumah atau dapur Anda.

Jahe

Bila Anda meminum rebusan air jahe saat sedang batuk, maka tubuh pun akan jadi hangat. Waktu terbaik untuk meminum air jahe adalah pada malam hari. Alasannya adalah karena batuk menjadi lebih parah di malam hari. Beberapa orang memang diketahui memiliki alergi pada dingin, sehingga saat malam tiba, batuk mereka pun akan semakin menjadi-jadi. Dengan fungsi jahe yg menghangatkan tubuh maka resiko ini bisa dikurangi.

Kunyit

Tak jauh berbeda dari jahe, kunyit juga berguna untuk menghangatkan tubuh. Dengan mengkonsumsi bahan herbal yg menghangatkan seperti dua minuman ini maka batuk bisa mereda. Tak hanya itu, kunyit juga diketahui bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga gejala batuk pun bisa ditekan.

Kencur

Taukah Anda, bahwa bahan herbal yg satu ini kerap dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil. Hal tersebut terjadi lantaran kencur membantu menjaga kondisi pita suara yg ada di tengkorak seseorang. Selain itu kencur juga diketahui bisa membantu melegakan tenggorokan seseorang.

Akar Kayu Legi

Ada dua jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Akar kayu legi sendiri  dipercaya bisa mengobati batuk berdahak lantaran bahan herbal yg satu ini memang sangat berguna untuk menghilangkan lendir. Karena itu saat Anda menderita batuk berdahak, tak ada salahnya mencoba mengkonsumsi bahan herbal yg satu ini.

Madu

Batuk terjadi lantaran adanya bakteri atau virus yg mengiritasi jalan napas. Virus dan bakter tersebut tak langsung mengiritasi namun biasanya menunggu saat daya tahan tubuh orang yg terjangkit tengah melemah. Saat Anda rajin mengkonsumsi madu, maka Anda bisa mempertahankan stamina dan menjaga daya tahan tubuh sehingga batuk pun akan jauh lebih cepat reda.

Timi

Sama seperti akar kayu legi, bahan herbal ini memang sering dikonsumsi lantaran bisa mengurangi dan menghilangkan lendir yg menghalangi jalannya napas.