Bahan Alami Pengganti Garam Pada Masakan

Bahan Alami Pengganti Garam Pada Masakan

Tiba- tiba harga garam melonjak naik. Harga bumbu dapur yg sangat wajib dalam makanan ini melambung hingga dua kali lipat. Bahkan belakangan garam disebutkan sudah mulai langka dan susah didapatkan.

Banyak rumah tangga yg merasa risau karenanya. Bagaimana tidak? Garam adalah bumbu yg sangat wajib dalam setiap masakan. Mulai dari memasak sayur, gulai, bahkan hanya telur ceplok saja, butuh garam. Akan tetapi ada atau tidak garam, tentu kegiatan masak memasak di dapur harus terus berlanjut.

Tak hanya membuat rasa masakan jadi enak, garam juga dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu manusia butuh garam untuk menjaga keseimbangan tubuh. Namun taukah Anda bahwa terlalu banyak garam juga berbahaya bagi tubuh?

Makanan tanpa garam tentu tak akan sama rasanya. Akan tetapi saat garam benar- benar jadi langka, atau saat Anda memang dituntut harus mengurangi garam, maka ada beberapa bumbu alternatif yg bisa membuat masakan terasa tetap enak.

Beberapa bumbu dan bahan ini bisa memberikan cita rasa asin dan gurih pada makanan, tanpa kehadiran garam. Karena itu Anda bisa mengurangi penggunaan garam dan membuatnya lebih bertahan lama di dapur.

Rempah- Rempah

Dengan menggunakan rempah- rempah maka cita rasa suatu masakan akan cukup lezat bahkan tanpa tambahan banyak garam. Dengan menambahkan jumlah rempah dalam suatu resep maka penggunaan garam sebenarnya bisa dikurangi bahkan dihilangkan sama sekali.

Dengan pertolongan dari berbagai macam rempah, pemakaian garam bisa dikurangi cukup signigikan, namun rasanya tetap bisa lezat. Contoh rempah yg membuat masakan makin enak adalah bawang merah, sereh, perasan jeruk lemon, bumbu kari, hingga merica, ketumbar, jintan dan lainnya.

Beberapa masakan dengan rempah yg kuat terkadang memang tak membutuhkan terlalu banyak garam. Selain itu beberapa rempah juga diketahui memiliki rasa asin alami sehingga penggunaan garam bisa digantikan.

Bubuk Bawang Putih

Bubuk bawang putih bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Belakangan sudah ada sangat banyak jenis dan merek bubuk bawang putih yg bisa kita temukan di supermarket atau pun di pasar tradisional.

Bawang putih memang memiliki aroma dan rasa yg khas dan sangat lezat untuk menambahkan rasa gurih pada makanan. Apalagi di dalam bubuk bawang putih yg beredar di pasaran, produsen biasanya sudah menambahkan garam di dalamnya. Karena itu dengan menggunakan bubuk bawang putih dalam masakan, Anda tak perlu lagi menambahkan garam.

Kecap Asin dan Kecap Manis

Kecap asin atau pun kecap manis adalah bumbu masakan yg sudah memiliki rasa yg sangat kuat. Karena itu saat Anda menggunakannya maka tak perlu lagi menambahkan perasa lainnya seperti garam. Tak hanya bisa memberikan rasa gurih sebagai pengganti garam, kecap juga dapat membantu menambah kelezatan makanan.

Minyak Zaitun

Biasanya pada masakan western lebih cenderung menggunkan minyak zaitun ketimbang minyak jenis lain. Minyak zaitun sendiri diketahui bisa digunakan sebagai penambah cita rasa masakan. Di samping itu minyak zaitun juga bisa menggantikan penggunaan garam yg biasanya dipakai di Indonesia.

Bahkan minyak zaitun diketahui kaya akan antioksidan yg tentu akan lebih baikdigunakan bagi tubuh. Selain itu minyak zaitun juga memiliki aroma yg khas dan wangi sehingga membuat makanan lebih menggugah selera.

Kaldu Bubuk

Kaldu bubuk sangat mudah didapatkan di pasaran. Menggunakan kaldu bubuk sebagai pengganti garam juga sudah tak jarang dilakukan di Indonesia. Kaldu bubuk tak hanya memberikan cita rasa khas namun juga membuat garam tak lagi diperlukan.