Aturan Ketat Cara Berbusana Bangsawan Inggris

Aturan Ketat Cara Berbusana Bangsawan Inggris

Apakah Anda pernah memperhatikn bagaimana para bangsawan kerajaan Inggris berpakaian? Atau jangan-jangan Anda memang selalu mengamatinya dari waktu ke waktu. Tak bisa dipungkiri, pakaian yg dikenakan oleh para bangsawan Kerajaan Inggris ini memang sangat menarik  untuk dibicarakan.

Namun taukah Anda, dengan menjadi bangsawan kerajaan Inggris berarti harus patuh pada berbagai macam aturan yg sudah ditetapkan secara turun temurun. Bahkan cara berpakaian mereka tak bisa diubah sekenanya, dan harus selalu mengikuti aturan. Aturan ini pun berlaku untuk Sang Ratu.

Ada sangat banyak aturan mengenai apa yg harus dikenakan dan tak boleh dipakai oleh bangsawan saat mereka melakukan tugas politik. Selain harus tampil rapi dan sopan, mereka juga harus selalu terlihat elegan. Berikut adalah beberapa fakta-fakta tentang busana para Bangsawan Kerajaan Inggris, mulai dari Pangerang George hingga Sang Ratu.

Pangerang George Selalu Mengenakan Celana Pendek

Sang pangerang kecil memang selalu tampak stylish dalam setiap busana yg ia kenakan. Namun apakah Anda menyadari bahwa Sang Pangeran yg lucu ini selalu mengenakan celana pendek?  Putra sulung dari Pangeran William dan Kate Middleton ini memang jarang terlihat mengenakan celana panjang.

Ternyata alasannya sangat sombong. Di Inggris celana pendek pada anak laki-laki adalah penanda kelas atas. Sementara itu celana panjang dianggap sebagai busana masyarakat pinggiran kota. Duchess of Cambridge – kate Middleton memang tak hanya memperhatikan gaya busananya. Namun juga kedua anaknya, Pangeran George dan Putri Charlotte.

Kate harus menemukan keseimbangan antara tradisi kerajaan, warisan dan juga kebiasaan proletariat lainnya. Selain itu kebiasaan Pangeran George mengenakan celana pendek juga berhubungan dengan sejarah, di mana celana pendek dulu hanya untuk anak laki-laki dan celana panjang untuk pria dewasa. Karena itu, tampaknya George baru akan mengenakan celana panjang saat ia berusia delapan tahun.

Ratu Selalu Memakai Sarung Tangan

Ratu Elizabeth II memang sangat jarang terlihat tanpa sarung tangannya. Ia bisa menggunakan sarung tangan putih atau bewarna senada dengan tas tangan yg dipakainya. Alasannya sebenarnya sederhana. Sang Ratu harus mengenakan serung tangan lantaran ia harus bersalaman dengan ratusan orang tiap hari. Karena itu sarung tangah dianggap sebagai salah satu cara paling dasar sebagai pencegahan penyebaran kuman saat bersalaman dengan banyak orang.

Alasan Kate Middleton Mengenakan Perhiasan Kerajaan

Sebelum menikah, Duchess of Cambrige tak pernah terlihat di depan umum dengan mahkota atau tiara. Soalnya hiasan kepala yg cukup glamour ini memang diperuntukkan bagi wanita yg sudah menikah saja.

Mahkota secara tradisional dipakai pada saat acara formal dan digunakan sebagai penanda status seorang wanita. Dalam peraturan lama ditetapkan bahwa topi tidak pernah dipakai di dalam rumah setelah jam 6 sore. Karena itulah para wanita menngganti gaun dan mengenakan mahkota atau perhiasaan keluarga saat mereka keluar.

Bagi wanita yg sudah menikah, mahkota atau tiara adalah tanda status dan menunjukkan bahwa ia sudah memiliki suami dan tidak sedang mencari suami. Para pria pun dengan sendirinya tak akan mendekati wanita dengan tiara.

Ratu Inggris Selalu Mengenakan Pakaian Cerah

Sang Ratu memang sangat jarang mengenakan busana berwarna gelap. Ia selalu terlihat dengan padanan busana berwarna cerah dan topi berwarna senada, juga perhiasaannya. Sang Ratu biasanya memakai satu warna cerah, mulai dari pink, kuning hingga biru, dari kepala hingga kakinya. Hal tersebut memang jadi daya tarik sendiri dan membuat Sang Ratu dapat dengan mudah dikenali oleh orang lain.