Atasi Ketulangan Dengan Cara Di Bawah Ini!

Atasi Ketulangan Dengan Cara Di Bawah Ini!

Tentu akan sangat menyebalkan dan mengganggu bila saat tengah menikmati ikan, tiba- tiba duri atau tulang ikan tersangkut di tenggorokan Anda.  Menelan tulang ikan atau yg kerap disebut dengan istilah ketulangan ini akan membuat tenggorakan Anda terasa sakit saat menelan makanan. Bahkan bila Anda tak segera mengeluarkannya maka bisa beresiko iritasi serta pembengkakan di wilayah tenggorokan.

Lantas apa yg seharusnya Anda lakukan saat Anda tak sengaja menelan tulang ikan? Berikut adalah beberapa cara yg bisa Anda lakukan bila tiba- tiba Anda mengalami ketulangan yg sangat menjengkelkan tersebut. Begitu juga dengan hal yg sebaiknya tidak Anda lakukan lantarna bisa memeprburuk keadaan.

Jangan Gunakan Tangan

Ada cukup banyak orang yg berusaha untuk mengeluarkan duri ikan yg tersangkut tersebut dengan cara memasukkannya ke dalam tenggorokan. Masalahnya hal tersebut bisa menyebabkan infeksi dan juga cedera pada kerongkonan Anda. Apalagi bila Anda tak bisa menjamin kebersihan tangan Anda.

Batuk

Anda bisa mengusahakan untuk batuk. Dalam beberapa kasus, batuk yg kencang memang bisa membantu Anda mengeluarkan duri ikan yg terjebak di dalam tenggorokan. Karena itu lakukanlah aktivitas seperti batuk untuk membuat duri yg tersangkut di tenggorokan Anda keluar.

Minumlah Air Garam

Bila dengan batuk duri yg tersangkut masih belum hilang, maka sebaiknya Anda mengambil segelas air hangat yg ditambahkan dengan sejumput garam. Lalu minumlah air campuran garam tersebut. Bila duri ikan yg tertelan cukup kecil, maka biasanya duri akan luruh terbawa air garam dan masuk dalam saluran pencernaan.

Telanlah Sekepal Nasi

Cara ini cukup lazim dilakukan saat seseorang mengalami ketulangan. Telanlah nasi hangat tanpa dikunyah terlebih dahulu. Caranya ambl nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola kecil. Jangan terlalu besar karena justri bisa beresiko tersedak. Siapkan juga segelas air agar bisa membantu nasi mendorong duri terlepas dari tenggorokan.

Telanlah Marshmallow

Selain nasi, Anda juga bisa menelan marshallow sebagai bantuan, isi mulut Anda dnegan beberapa marshmallow, lalu kunyahlah namun jangan sampai halus. Biarkan sedikit kasar, dan telan. Marshmallow diketahui memiliki tekstur yg tebal dan kenyal, dan saat terkena air liur berubah menjadi lengket. Hal tersebut memungkinkan duri menempel pada marshmallow dan terbawa ke pencernaan.

Minum Minyak Zaitun

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mencoba menghilangkan duri ikan yg tersangkut di tenggorokan dengan bantuan minyak zaitun. Campurkan air hangat dengan minyak zaitun lalu minumlah. Minyak zaitun diketahui memungkinkan memberikan pelumasan dalam kerongkongan sehingga membuat duri melunak dan terlepas dengan sendirinya.

Makan Pisang

Tak jauh berbeda dengan makan nasi, Anda bisa menggunakan pisang dengan cara yg kurang lebih sama. Potonglah pisang dalam ukuran sedang dan taruh di dalam mulut. Pastikan Anda tak mengunyahnya melainkan langsung menelannya secara perlahan saat pisang sudah cukup lembab. Agar menghidari tersedak, gunakan bantuan air.

Minta Bantuan Dokter

Bila semua cara di atas tak bekerja, dan duri ikan sudah terasa sangat mengganggu dan bisa membahayakan kesehatan Anda, sebaiknya temui dokter. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan X ray dan memerintahkan Anda menelan cairan berbasis barium. Metode lain yg bisa Anda lakukan adalah melakukan laringoskopi untuk melihat di bagian belakang tenggorokan Anda.