Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Bila Anda Tak Menyukai Teman Anak

Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Bila Anda Tak Menyukai Teman Anak

Saat anak Anda memiliki teman, maka pasti ada satu dua anak yg jadi favorite Anda, namun di sisi lain juga ada anak yg entah kenapa, Anda tak bisa menyukainya. Namun tak mudah mengakui bahwa Anda tak menyukai anak tersebut, seberapa buruk pun perilaku yg ditunjukkannya. Padahal masalah ini akan terus Anda alami dan akan makin kompleks seiring dengann bertambahnya usia anak.

Memang tidak gampang menghadapi perasaan tersebut, apalagi bila anak Anda ternyata sangat senang bermain dengan anak yg tidak Anda sukai tersebut. Bila hal ini terjadi pada Anda, apa sebaiknya yg Anda lakukan?

Pertama, Tanyalah Diri Anda Sendiri

Yg harus Anda lakukan, caritaulah kenapa Anda tak suka pada anak tersebut. Apa penyebabnya dan kapan hal tersebut mulai terjadi. Dengan mengetahui alasan kenapa Anda tak menyukainya, maka Anda bisa mengatasi perasaan ini. Tanamkan juga di perasaan Anda bahwa orang yg tak Anda sukai itu hanyalah anak- anak.

Pada dasarnya setiap orang memang memiliki perasaan alami mengenai tipe perilaku yg membuatnya tidak merasa nyaman. Akan tetapi anak- anak masih berada dalam masa mempelajari perilaku dan pola pikir yg akan membentuk mereka. Sebaiknya pisahkan antara satu perilakunya dengan individunya lantaran semua orang bahkan anak- anak memiliki sisi positif.

Jadilah Contoh Yang Baik

Sangat penting untuk mengenali keluhan spesifik pada teman anak Anda tersebut. Namun yg paling penting adalah berusaha untuk menjadi contoh yg baik pada anak- anak itu. Sebaiknya orang tua harus tetap konsisten dan jadi panutan yg baik dan jangan biarkan anak kecil itu tau bahwa Anda tak suka padanya.

Saat anak Anda mulai menunjukkan perilaku tak baik lantaran meniru temannya, sebaiknya ajaklah anak Anda bicara empat mata tanpa perlu mengajak temannya. Jelaskan pada anak Anda mengenai perilaku yg Anda harapkan dan jelaskan pada anak agar ia memahami kesalahan yg ia perbuat.

Jangan Menghukum Anak Orang Lain

Memang terkadang sulit mengabaikan perilaku tak pantas anak- anak yg ada di depan kita. Namun mendisiplinkan anak orang lain ada caranya. Anda tak bisa menghukumnya begitu saja karena itu bukan hak Anda. Akan tetapi ada beberapa cara yg bisa Anda lakukan agar anak tersebut menyadari kesalahan yg ia perbuat. Sebaiknya buat pernyataan yg tegas dan fokus pada perilakunya yang tak tepat agar ia menghentikan sikapnya tersebut.

Bicaralah Dengan Orangtuanya

Mngkin terdengar sedikit sulit karena pada dasarnya tak ada orang tua yg ingin mendengar anaknya dikatakan nakal oleh orang lain. Akan tetapi bila perilakunya sudah terlalu sering sebaiknya Anda mendikusikannya dengan orang tuanya.

Bila Anda peduli dengan keselamatan, bullying atau perilaku tak terpuji lainnya seperti mencuri atau berbohong, maka sebaiknya Anda perlu memberitahu orangtuanya. Namun agar diskusi dengan orang tua anak tersebut berjalan dengan lancar, sebaiknya fokuslah pada perilaku si anak dan jangan menyalahkannya.

 

Pada dasarnya dengan siapa anak Anda berteman memang masih jadi tanggung jawab Anda sebagai orang tua. Karena itu bila Anda menganggap perilaku anak berubah negatif, buatlah keputusan agar ia tak lagin bermain dengan teman- temannya.