Apa itu Seo Friendly?

SEO Friendly atau artikel seo memang sudah umum diketahui oleh orang-orang yang mendalami internet marketing. Namun, jika ditanyakan pada orang awam tentu akan kebingungan untuk menjawab pertanyaan seperti apa tulisan yang seo friendly. SEO (search engine optimization) adalah teknik menulis agar situs web dapat terlihat di halaman pertama oleh mesin pencari google.

Sebelum menilai apakah tulisan yang kamu buat sudah seo friendly atau belum, sebaiknya tulis saja terlebih dulu apa yang ingin kamu utarakan. Setelah itu kamu bisa melihat bagaimana respon pembaca, seperti apa tulisan yang banyak dibaca dan selalu menarik minat orang untuk datang ke blog kamu. Ada pendapat yang beredar bahwa selama ini google juga menilai blog dari pembacanya, dimulai berapa lama pembaca betah memgunjungi suatu blog, seberapa lama artikel akan dibaca, dan hal yang lebih detail lainnya.

Selain dari menyuguhkan konten yang berkualitas, ada hal lain juga yang membuat pembaca betah berlama-lama pada suatu blog, yakni yang berhubungan dengan tampilan, seperti: desain suatu blog, penggunaan jenis huruf yang mudah dibaca, minim typo atau kesalahaan ejaan, kecepatan membuka konten blog, dan lain-lain.

artikel seo

Pengertian SEO Friendly

Menulis artikel seo friendly merujuk pada tulisan yang tidak hanya bagus menurut anggapan algoritma google, tapi juga disenangi pembaca (human). Untuk itu, yuk langsung saja kita bahas bagaimana menulis artikel yang seo friendly. Ingatlah untuk menulis artikel bukan hanya semata-mata agar sesuai dengan kaidah penulisan seo friendly, tetapi hadirkan tulisan yang benar-benar dibutuhkan oleh pembaca. Ada yang berpendapat bahwa semakin panjang tulisan akan semakin baik di mata google. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Artikel panjang yang hanya mengulang-ngulang kalimat tentu tidak disukai oleh pembaca. Jika pembaca tidak suka, google pun tidak akan suka. Tulisan yang membahas sesuatu secara mendalam akan lebih seo dibandingkan tulisan yang hanya mengandalkan banyaknya jumlah kata.

Strategi SEO Keyword di Judul Artikel

Strategi SEO memanfaatkan keword ataupun optimasi kata kunci yang biasa diketikkan orang untuk mencari informasi di google. Untuk membuat artikel seo, tempatkan keyword pada judul artikel. Nah, agar tulisan friendly jangan lupa menambahkan kata yang menarik. Tulislah judul yang memicu rasa penasaran orang dan memutuskan untuk membacanya. Namun, perlu diingat bahwa kesesuaian antara judul dan isi tulisan perlu diperhatikan. Jangan sampai orang lain mersa dibohongi karena pemakaian judul yang tidak sesuai dengan isi.

Cara Kerja SEO Menggunakan Internal Linking

Untuk mempermudah pembaca mengetahui artikel yang masih terkait, gunakanlah internal linking. Disamping memudahkan pembaca, internal linking juga berguna untuk memperbesar kemungkinan semakin banyak tulisan yang dikunjungi orang. Mereka dapat mengunjungi topik yang kita buat yang terkait dengan pembahasan sejenis.

Untuk membuat tampilan tulisan menjadi lebih menarik, gunakan elemen heading yang berfungsi lebih menonjolkan bagian penting dalam tulisan. Heading1 digunakan untuk judul postingan, pastikan hanya ada satu saja h1 dalam tulisan kamu ya. H2 bisa dipakai untuk sub judul, dan h3 untuk anakannya.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu seo friendly yang sering menjadi pertanyaan serta bagaimana cara untuk membuat artikel yang seo friendly. Untuk menulis artikel agar bisa berada di peringkat pertama google dan mendapatkan manfaat SEO tentu harus melewati proses menulis yang memerlukan ketekunan. So, selamat mencoba ya.