9 Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Habbatussauda atau yang juga dikenal jinten hitam telah umum diketahui memiliki manfaat kesehatan. Lebih dari 150 penelitian telah membuktikan manfaat dari habbatussauda. Pengobatan herbal sering kali menggunakan jinten hitam ini sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Nah, apa saja sih manfaat dari jinten hitam atau habbatussauda? Berikut ini pembahasannya:

Habbatussauda

Habbatussauda Sebagai Anti-Tumor

Habbatussauda memiliki kandungan zat anti-tumor serta anti-kanker. Sebuah studi mengatakan za thymoquinone di dalam habbatussauda mencegah kanker mulut. Habbatussauda juga diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat melawan sel-sel tumor.

Habbatussauda Dapat Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Perlu adanya detoksifikasi tubuh untuk membuang zat racun yang selama ini terperangkap dalam tubuh. Mengkonsumsi habbatussauda yang memiliki zat saponin di dalamnya  akan berguna untuk membersihkan racun di tubuh. Dengan dikeluarkannnya racun dari dalam tubuh, maka organ tubuh pun akan bekerja lebih optimal.

Habbatussauda Bagus Untuk Kehamilan

Bagi ibu hamil, habbatussauda ini bagus unyuk dikonsumsi karena memiliki kandungan omega 3, omega 6, dan omega 9 yang akan dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan. Selain ibu hamil, habbatussauda juga bagus untuk anak-anak yang sedang berada pada masa pertumbuhan. Habbatussauda akan meningkatkan kekebalan tubuh mereka agar tak mudah terserang penyakit.

Habbatussauda Menjaga Sistem Pencernaan

Minyak atsiri dalam habbatussauda berguna unyuk menjaga  kesehatan sistem pencernaan. Pada pengobatan tradiosanal, minyak atsiri telah dipercaya sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit diare. Tak hanya itu, sebuah penelitian telah dilakukan di Pakistan dan hasilnya minyak atsiri memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghancurkan bakteri E Coli berbahaya dibandingkan zat antibiotik.

Habbatussauda Mencegah Alzheimer

Habbatussuda memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit alzhemimer dan juga meringankan gejala penyakit alzheimer. Dalam sebuah penelitian, habbatussauda dikatakan mampu meningkatkan kemampuan dalam berpikir, kefokusan, serta mengembalikan ingatan.

Habbatussauda Dapat Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti insomnia kini sering kali dirasakan oleh orang modern yang memang memiliki banyak sekali urusan-urusan sehinga membuatnya tidak dapat beristirahat dengan tenang. Jika anda juga mengalami ini, mengkonsumsi habbatussauda bisa menjadi salah satu solusinya. Zat yang terkandung dalam habbatussauda mampu merilekskan pikiran dan akan membuat anda tidur nyenyak.

Habbatussauda Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit perlu dirawat agar tetap sehat,  hal itu bisa dilakukan dengan habatussauda yang memiliki fungsi menjaga kesehatan kulit. Jinten hitam atau habbatussauda memiliki kandungan vitamin dan omega yang baik untuk kulit. Selain melembabkan dan menghaluskan kulit, habbatussauda juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Habbatussauda Mengatasi Penyakit Asma

Asma menjadi penyakit yang terkadang kambuh pada sistuasi tertentu. Untuk penderita asma biasanya selalu menyediakan obat yang bisa diminum jika penyakit tersebut kambuh sewaktu-waktu. Namun, jika sedang kehabisan peresedian obat, bisa juga lho menggunakan habbatussauda untuk mengatasi asma. Meski tida seefektif obat asma, tapi habbatussauda mampu meredakan peyakit tersebut.

Habbatussauda Mencegah Diabates

Mengkonsumsi habbatussauda akan bermanfaat untuk mencega penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Untuk penderita diabetes, mengkonsumsi habbatussauda juga bagus karena jinten hitam dapat menjaga kestabilan produksi insulin agar bisa mencukupi  sesuai yang dibutuhkan tubuh sehingga mampu menjaga kadar gula dalam darah yang semula tinggi menjadi beranjak turun ke batas normal.

Demikianlah manfaat habbatussauda untuk kesehatan tubuh. Tapi, jangan lupa untuk patuhi aturan pakai dalam mengkonsumsi jinten hitam karena pengggunaan yang berlebihan pun tidak akan baik. Semoga informasi tadi bermanfaat.